Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perubahan Sosial, Proses, Bentuk, Faktor Lengkap Beserta Contohnya

Dalam kehidupan ada yang namanya perubahan sosial: proses, bentuk, faktor dan contohnya secara luas. Perubahan terjadi karena adanya proses dalam merubah kehidupan menjadi lebih dinamis dari sebelumnya.

Dalam proses perubahan sosial terdapat banyak hal yang harus dilalui karena tidak serta merta berubah. Berikut pengertian dari perubahan sosial secara umum, lengkap dengan proses, bentuk, faktor dan contoh.

Perubahan Sosial Proses Bentuk Faktor

Pengertian Perubahan Sosial

Adapun perubahan sosial bisa diartikan sebagai bentuk peralihan atau perubahan dalam tata kehidupan bersosial dan bermasyarakat. Semuanya bisa berubah dengan prosesnya masing-masing untuk lebih dinamis.

Perubahan ini bisa berubah terus menerus karena sudah menjadi hakikatnya manusia tidak akan bisa sama terus. Adanya perbaikan, perubahan kecil, perubahan besar bisa saja terjadi manusia memiliki rasa tidak pernah puas.

Bahkan dalam kehidupan sehari-hari akan terus berkemabang guna memperoleh kehidupan lebih layak. Adapun yang sudah layak mencari ketenangan dan mencari pengalaman baru untuk berbagai hal. Proses ini akan selalu berubah dan dinamis serta terus menerus.

Proses Perubahan Sosial

Perubahan sosial: proses, bentuk, faktor dan contohnya memiliki beberapa tahapan tertentu. Semuanya membutuhkan waktu lama atau cepat tergantung situasi dan kondisi yang ada.

Proses yang terjadi bisa berupa:
  • Difusi yaitu penyebaran dalam bentuk kebudayaan ide, keyakinan dan hal lain.
  • Akulturasi yaitu perubahan yang terjadi karena budaya asing yang masuk ke negeri sendiri.
  • Asimilasi terjadi jika 2 kelompok atau individu berinteraksi dalam waktu lama, biasanya dipicu oleh kepentingan bersama.
  • Akomodasi berhubungan erat dengan nilai dan norma dalam bermasyarakat.

Bentuk Perubahan Sosial

Setelah melalui proses dalam kurun waktu tertentu, akan terjadi bentuk dari perubahan sosial. Bentuk tersebut adalah:
  • Evolusi (perubahan dalam jangka waktu lama) dan revolusi ( perubahan dalam waktu singkat).
  • Adanya perubahan yang direncanakan memang sesuai rencana yang ada. Selain itu ada yang tidak direncanakan artinya tanpa ada rencana sama sekali.
  • Perubahan kecil misalnya saja adanya gaya fashion yang berubah setiap waktu atau perubahan besar yang dapat terjadi karena konflik.
  • Setiap perubahan yang muncul tidak mudah untuk dihindari. Pada dasarnya perubahan menjadi sesuatu yang wajar karena manusia hidupnya dinamis.

Faktor Perubahan Sosial

Terdapat banyak sekali faktor yang mendorong terjadinya perubahan sosial, antara lain:
  • Jumlah penduduk yang terus meningkat.
  • Terdapat penemuan baru yang mampu menggantikan kebudayaan sebelumnya.
  • Terjadi revolusi misalnya saja karena terjadi perang.
  • Munculnya konflik pada kelompok tertentu.
  • Masyarakat semakin terbuka terutama dalam bidang teknologi yang perkembangannya super cepat.
  • Pendidikan dengan metode semakin maju.
  • Adanya keinginan untuk lebih maju dan lebih produktif dari sebelumnya.

Perubahan sosial akan terus terjadi seiring banyak hal baru yang muncul karena kecanggihan teknologi atau hal lain yang sangat krusial.

Contoh Perubahan Sosial

Contoh perubahan sosial sangat komplek. Hal sederhana adalah adanya gaya berpakaian yang berubah dengan cepat. Sistem agribisnis lebih komplit dengan teknologi kekinian hingga desain bangunan yang sekarang makin berkembang unik dan menarik.

Semua proses perubahan akan menjadi bagus dan dinamis jika memang memiliki nilai positif dalam jangka panjang bagi kehidupan manusia.

Penutup, Memaknai perubahan sosial: proses, bentuk, faktor dan contohnya memang tidak mudah. Intinya manusia sangat dinamis dan bisa menerima perubahan karena memiliki sifat kurang puas. Perubahan akan positif jika memang sesuai dengan nilai budaya kehidupan masyarakat.

Post a Comment for "Perubahan Sosial, Proses, Bentuk, Faktor Lengkap Beserta Contohnya"