Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 1 Halaman 59, 60, 63, 64

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 4 SD Halaman 59, 60, 63, 64 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 temanya adalah tentang Keberagaman Budaya Bangsaku dalam pembelajaran 5 Materi dan Alternatif Jawaban Tematik mengenai Menghargai Keragaman dan Perbedaan yang Ada di Sekitar.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 59, 60, 63, 64

Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 1 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar  untuk adik-adik semua. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban tematik Tema 1 Kelas 4 SD Halaman 59-64

Baca Juga :

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 59-64

Warga yang baik adalah warga yang mampu memahami dan menghargai keragaman serta perbedaan yang ada di sekitar mereka, baik keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, maupun agama. Bacalah teks berikut dalam hati!

Suku Minang
Suku Minang adalah kelompok etnis yang terdapat di Provinsi Sumatra Barat. Suku Minang sering disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak. Bahasa daerah suku Minang adalah bahasa Minang. Orang Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain. Legenda Suku Minang yang sangat terkenal adalah “Malin Kundang”. 

Suku Minang mempunyai rumah adat yang sangat khas yang disebut Rumah Gadang. Rumah Gadang ini terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk dasar seperti balok. Lengkung atap rumahnya sangat tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah landai seperti badan kapal. Atap rumah terbuat dari ijuk. Bentuk atap rumah yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong. Karena atapnya berbentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong. 

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5

Suku Minang mempunyai alat musik tradisional Minang yang disebut talempong. Talempong dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik khas Minang lainnya adalah saluang. Saluang ini dimainkan dengan cara ditiup.

Suku Minang juga memiliki banyak jenis tarian, di antaranya tari Pasambahan dan tari Piring. Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat.
Suku Minang sangat terkenal dengan berbagai makanan khasnya. Rendang merupakan salah satu makanan tradisional suku Minang yang sangat terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. Makanan khas suku Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng balado.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 59

Apa yang ingin kamu ketahui lagi tentang Suku Minang? Tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang suku tersebut dan diskusikan jawabannya dengan teman satu kelompokmu!

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 59

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 60

Cari informasi lebih lanjut tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsimu. Tuliskan hasil temuanmu pada kolom berikut.
  1. Provinsi Jawa Tengah beribukota di Semarang.
  2. Rumah adat Jawa Tengah adalah Rumah Joglo.
  3. Alat musik tradisional Jawa tengah adalah Gamelan.
  4. Tarian dari Jawa Tengah adalah Tari Bambangan Cakil.
  5. Makanan khas Jawa Tengah antara lain Lumpia, Gethuk Goreng, dan Mendoan

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 63

Ayo Berdiskusi

Amati kembali tangram yang telah kamu buat. Diskusikan secara berpasangan bangun yang digunakan untuk membentuk tangram tersebut. 

Apakah dalam tangram tersebut terdapat segi banyak tidak beraturan? Jelaskan.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 63

Apakah dalam tangram tersebut terdapat segi banyak beraturan?

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 59-64

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 64

Bagaimana caramu membedakan antara segi banyak beraturan dengan segi banyak tidak beraturan? Tuliskan pada diagram frayer berikut

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 1 Halaman 64

Setelah belajar hari ini, renungkanlah! 
Seberapa sering kamu bekerja sama dengan orang yang berbeda? Jelaskan! 
Saya sangat sering bekerja dalam hal apapun dengan orang yg berbeda karena dengan kita bekerja dengan orang yg berbeda setiap melakukan kerjaan kita jadi bisa bertukar ilmu dan saling mengenal karakter dari orang2 yg kita tidak tahu. Juga bisa menambah pengalaman

Apa yang akan kamu lakukan setelah mengetahui bahwa terdapat keberagaman di sekitarmu?
Yang saya lakukan dalam menghargai keberagaman kebudayaan Indonesia adalah tidak melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan kesenjangan keberagaman itu sehingga menimbullkan jarak dan perbedaan ini semakin jauh. seperti tidak mau menghargai seni budaya dari suku lain yang ada di lingkungan saya dan malah menghina kebudayaan tersebut.

Kerjasama dengan Orang Tua
Sampaikanlah kepada orang tua mengenai pentingnya memahami dan menghargai keragaman dan perbedaan yang ada di sekitarmu, baik keragaman sosial, budaya, maupun agama. Minta orang tuamu menulis kesimpulan diskusi pada kolom berikut.

Pentingnya memahami dan menghargai keragaman dan perbedaan yang ada di sekitar kita guna menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam hal wawasan Nusantara dalam satu atap NKRI

Keberagaman di Indonesia tak lepas dari kata Agama, kebudayaan, suku dan adat istiadat. dalam konteks agama, suatu perbedaan pendapat dapat terjadi dalam konteks agama. seperti suatu agama, dalam masyarakatnya mempunyai keyakinan tata cara yang berbeda walaupun masih dalam satu Agama. hal tersebut bisa saja adanya latar belakang kebudayaan yang berakulturasi

Sebab itu, masyarakat tersebut harus menghargai umat beragama lainnya dalam satu atap NKRI, dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila

oleh karena itu Keberagaman harus kita jaga dan selalu memegang teguh nilai-nilai Pancasila dan integrasi Nasional.

Contohnya
Keberagaman disekolah bermanfaat untuk menghargai budaya, menjaga kebersamaan,dan menjunjung tinggi harkat martabat nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan. dikarenakan Pancasila adalah kaidah dasar filsafat serta pandangan hidup secara keseluruhan konstitusional

Demikianlah postingan materi tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 1 Halaman 59, 60, 63, 64 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pembelajaran 5 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

1 comment for "Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 1 Halaman 59, 60, 63, 64"