Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 1 Halaman 67, 68, 69, 70, 71, 72, 73, 74

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 4 SD Halaman 67, 68, 69, 70, 71, 72, 73, 74 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 temanya adalah tentang Keberagaman Budaya Bangsaku dalam pembelajaran 6 Materi dan Alternatif Jawaban Tematik mengenai Perbedaan Budaya, Sosial, dan Agama.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 67, 68, 69, 70, 71, 72, 73, 74

Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 1 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar  untuk adik-adik semua. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban tematik Tema 1 Kelas 4 SD Halaman 67-74

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 67-74

Ayo Membaca
Setiap suku memiliki ciri khas masing-masing. Apakah kamu masih ingat tentang ciri khas Suku Minang? Apa saja yang kamu ingat tentang suku tersebut?

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6

Baca kembali teks tentang Suku Minang, kemudian temukan dan tuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk paragraf berikut.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 67

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 67

Alternati Jawaban Paragraf 1 Sampai 5 :

kunci jawaban buku tema 1 kelas 4 halaman 67-74

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 68

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 68

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 69

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 69

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 70

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 70

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 71

Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 4 Halaman 71

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 72


Tulis kesimpulanmu tentang perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung.
Gagasan Utama / Ide pokok/ pokok pikiran adalah inti pembahasan dalam sebuah pernyataan kalimat. Kalimat-kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas yang bersifat menerangkan maksud dari gagasan utama yang berada di dalam kalimat utama.

Ceritakan kembali kepada temanmu tentang Suku Minang.
Suku minang terdapat di Sumatera Barat. Suku minang disebut juga orang Padang atau Urang Awak. Bahasa daerah mereka adalah bahasa Minang. Rumah adat suku Minang adalah rumah Gadang yang memiliki  atap melengkung seperti perahu yang disebut bagonjong.

Alat musil suku Minang adalah tampong dan saluang. Beberapa jenis tarian daerah merekan antara lain tari Piring dan tari Pasambahan. Suku Minang juga terkanal dengan makanannya misalnya rendang dan sate padang.

Indonesia terdiri atas keragaman suku, budaya, agama, dan sosial. Keragaman tersebut merupakan identitas bangsa Indonesia. Sebagai warga negara yang baik kita harus menjaga persatuan dan kesatuan dalam perbedaan dan keberagaman tersebut.

Buatlah rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolahmu. 
  1. Contoh Perilaku yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan
  2. Membersihkan lingkungan sekolah bersama-sama
  3. Saling menghormati orang yang berbeda agama, tidak membeda- bedakan suku.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 73

Ayo Mencoba
Permainan tradisional merupakan salah satu bentuk keragaman budaya yang ada di Indonesia, seperti permainan Benteng-bentengan dan Gobak Sodor. 

Apakah kamu masih ingat cara memainkan permainan tersebut? Keterampilan apa saja yang kamu perlukan agar dapat bermain dengan baik? Bagaimana strategi memenangkan permainan tersebut? 

Diskusikan secara berkelompok dan tuliskan hasilnya pada kolom berikut!

Untuk bermain Benteng-bentengan dan Gobak Sodor dengan baik diperlukan beberapa keterampilan, di antaranya jalan, lari, dan lompat.
Jalan adalah suatu gerakan melangkah ke segala arah yang dilakukan oleh siapa saja. Ada juga kita kenal dengan istilah jalan cepat yang erat kaitannya dengan suatu perlombaan. Disamping kita kenal jalan cepat ada juga kita mengenal jalan santai, jalan keluarga, gerak jalan beregu.

Dikejar termasuk kegiatan lari yang dibutuhkan untuk meningkatkan kelincahan dan keberanian mengambil resiko. Lari yang dimaksud bukan karena lari ketakutan tetapi bagaimana ia lari untuk memperdayaka temannya agar ia tidak tertangkap oleh kejaran temannya. Ketika ia berusaha memperdayakan temannya, maka ia akan berusaha menguasai keseimbangan tubuhnya untuk dapat melaksanakan gerak tipu sehingga sulit ditebak oleh temannya. latihan mengejar ini merupakan bentuk latihan berbagai kemampuan dalam bergerak, termasuk unsur kelincahan, keseimbangan, daya tahan tubuh, sosial emosional.

Lompat adalah suatu gerakan mengangkat tubuh dari suatu titik ke titik lain yang lebih jauh atau tinggi dengan ancang-ancang lari cepat atau lambat dengan menumpu satu kaki dan mendarat dengan kaki/anggota tubuh lainnya dengan keseimbangn yang bak.

Sekarang saatnya kamu mencoba kembali permainan Benteng-bentengan dan Gobak Sodor. 

Perhatikan langkah-langkah berikut. 
  1. Lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum bermain. Ikuti arahan guru! 
  2. Perhatikan guru mempraktikkan keterampilan jalan, lari, dan lompat dengan benar untuk permainan tersebut! 
  3. Bermainlah dengan sportif dan terapkan keterampilan jalan, lari, dan lompat secara benar!

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 74

Ayo Renungkan
Setelah belajar hari ini, renungkanlah! 

Apa yang kamu pelajari dalam hal menyikapi keberagaman dan perbedaan yang ada di sekitarmu? 
  • Menghargai keberagaman
  • Menciptakan suasana tentram dan damai antar keberagaman
  • Menghormati keberagaman lain
  • Tidak menghina keberagaman lain

Bagaimana caranya agar kamu dapat hidup berdampingan dengan teman-teman yang mempunyai latar belakang budaya, sosial, dan agama yang berbeda denganmu?
Dengan cara menghormatinya, mau membantu tanpa memandang perbedaan, mau saling menghargai pendapat yang berbeda, tidak menggagu yg lain ketika sedang beribadah/melakukan tugasnya

Kerjasama dengan Orang Tua
Sampaikan hasil refleksimu selama belajar satu minggu ini kepada orang tuamu di rumah. Sampaikan bagaimana perasaanmu saat belajar, apa yang sudah kamu pelajari, dan kegiatan apa saja yang sangat bermanfaat serta sangat menarik bagimu. Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

Demikianlah postingan materi tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 1 Halaman 67, 68, 69, 70, 71, 72, 73, 74 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pembelajaran 6 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

1 comment for "Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 1 Halaman 67, 68, 69, 70, 71, 72, 73, 74"