Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 9 Halaman 17, 18, 19, 20
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 17, 18, 19, 20 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 temanya adalah tentang Kekayaan Sumber Energi di Indonesia dalam pembelajaran 3 Materi dan Alternatif Jawaban Tematik tentang Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak sumber Energi.
Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 9 Subtema 1 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar untuk adik-adik semua. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban tematik Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 17-20
tumbuhan dan makhluk hidup yang terpendam selama jutaan tahun. Minyak bumi dan batu bara akan habis jika digunakan secara terus menerus. Dibutuhkan waktu berjuta-juta tahun agar minyak bumi dan gas agar tersedia lagi.
Matahari merupakan sumber energi yang terbesar bagi bumi. Energi matahari tidak akan pernah habis digunakan. Energi matahari bermanfaat bagi seluruh alam terutama makhluk hidup.
Kegiatan ini akan memudahkanmu memahami manfaat energi matahari bagi kehidupan manusia.
Buatlah peta konsepnya dengan mengisi kolom kolom berikut.
Demikianlah postingan materi tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 9 Halaman 17, 18, 19, 20 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Pembelajaran 3 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 9 Subtema 1 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar untuk adik-adik semua. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban tematik Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 17-20
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 17-20
Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak sumber energi. Sumber energi mulai dari minyak dan gas bumi (migas) sampai yang bukan minyak dan gas bumi (nonmigas). Sumber-sumber energi tersebut tersebar di seluruh pulau-pulau yang ada di Indonesia. Kesemuanya harus dimanfaatkan secara bijak demi kesejahteraan penduduknya.
Baca Juga :
- Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 9 Kelas 4 Halaman 22, 23, 25, 26, 27
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 9 Halaman 34, 35
- Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 9 Halaman 38, 39, 40, 44, 45, 46
A. Sumber Energi yang Tidak Dapat Diperbarui
Sumber energi yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber-sumber energi yang akan habis. Sumber energi tersebut juga tidak dapat diperbarui lagi. Pada umumnya, minyak dan gas merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Contoh lain adalah batu bara, gas alam, dan hasil tambang lainnya. Minyak bumi dan batu bara merupakan sumber energi yang berasal daritumbuhan dan makhluk hidup yang terpendam selama jutaan tahun. Minyak bumi dan batu bara akan habis jika digunakan secara terus menerus. Dibutuhkan waktu berjuta-juta tahun agar minyak bumi dan gas agar tersedia lagi.
B. Sumber Energi yang Dapat Diperbarui
Sumber energi yang dapat diperbarui merupakan sumber energi yang tidak akan habis meskipun digunakan secara terus-menerus. Sumber energi ini dapat memperbarui diri.Ada pula sumber energi yang bisa diusahakan atau dibuat oleh manusia.Meskipun demikian, kita tetap harus bijak dan hemat dalam menggunakannya.Contoh sumber energi ini adalah air, matahari, hewan dan tumbuhan.Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 17
Ayo BerlatihMatahari merupakan sumber energi yang terbesar bagi bumi. Energi matahari tidak akan pernah habis digunakan. Energi matahari bermanfaat bagi seluruh alam terutama makhluk hidup.
Kegiatan ini akan memudahkanmu memahami manfaat energi matahari bagi kehidupan manusia.
Buatlah peta konsepnya dengan mengisi kolom kolom berikut.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 18
Ayo Berlatih
Berdasarkan bacaan di depan, coba identifikasilah sumber-sumber energi yang ada di daerah tempat tinggalmu. Untuk mendapatkan jawabannya, kamu bisa melakukan wawancara dengan orang-orang di sekitar tempat tinggalmu. Kamu akan melakukan wawancara. Wawancara itu untuk memperoleh data mengenai sumber-sumber energi yang ada di daerah tempat tinggalmu.Coba, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
Kamu telah membuat daftar narasumber dan daftar pertanyaan. Berdasarkan daftar tersebut, lakukanlah wawancara. Kamu dapat melakukan sendiri atau berkelompok dengan 3-4 temanmu.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 19
Tuliskan hasil wawancaramu dalam bentuk berikut.
Laporan Hasil Wawancara
Tanggal Wawancara : 20 April 2020
Data Hasil Wawancara
1. Orang Tua
2. Saudara
3. Teman
4. Tetangga
5. Bakso Keliling
Siapa Nama Bapak/Ibu
Jawaban : Dulmajid
Hewan apa saja yang masih dapat dijumpai di lingkungan sekitar
Bapak/ bu?
Jawaban : Ayam, Kambing, Sapi, Monyet, Rusa, Burung, Musang, Biayawak, Tupai
Apakah ada jadwal kerja bakti membersihkan lingkungan?
Jawaban : Ya, ada Pak RT menjadwalkan kerja bakti setiap hari minggu.
Tumbuhan apa saja yang di jumpai di sekitar Bapak/Ibu?
Jawaban : Kelapa, Pohon Sengon, Pohon Jambu, Pohon Kedondong, Pohon Rambutan
Tumbuhan atau kotoran hewan apa saja yang bisa menjadi sumber energi?
Jawaban : Pohon dan Buah Kedondong dan Kotoran Sapi
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 20
Ayo Renungkan
1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
Manfaat Energi matahari untuk Lingkungan, Manusia, Tumbuhan dan Hewan
Mencari informasi langsung dari Narasumber
2. Manfaat apa yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?
Mengetahui Manfaat Energi Matahari, Mengetahui alternatif sumber energi selain Matahari, bisa berkomunikasi langsung dengan Narasumber
3. Keterampilan apa saja dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?
Komunikasi langsung dengan Narasumber dan mencatat hasilnya menjadi data untuk diambil kesimpulan
4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?
Menjaga kebersihan lingkungan, terus belajar untuk banyak pengetahuan baru yang bermanfaat.
Kerja Sama dengan Orang TuaBersama orang tua atau anggota keluargamu yang lain, amatilah aktivitas keluargamu. Identifikasi dan sebutkan aktivitas anggota keluargamu yang menggunakan sumber energi yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui.
Tuliskan hasilnya pada kolom berikut dan mintalah tanda tangan orang tua
atau anggota keluargamu yang lain!
Hasil pekerjaan :
Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 9 Halaman 17, 18, 19, 20"