Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 9 Halaman 38, 39, 40, 44, 45, 46

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 38, 39, 40, 44, 45, 46 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 temanya adalah tentang Kekayaan Sumber Energi di Indonesia dalam pembelajaran 6 Materi dan Alternatif Jawaban Tematik mengenai kewajiban manusia terhadap hutan, pohon, sungai dan hewan yang terancam punah.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 38, 39, 40, 44, 45, 46

Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 6 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar  untuk adik-adik semua. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban tematik Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 38-46

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 38-46


Pernahkah kamu mendengarkan atau menyanyikan lagu “Manuk Dadali” Lagu tersebut merupakan gambaran burung garuda yang menjadi lambang negara kita. Kamu telah mengetahui Garuda Pancasila merupakan lambang negara Indonesia. Banyak orang mengatakan gambar burung garuda terinspirasi dari burung elang.

Perhatikan gambar burung elang berikut.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 6

Ayo Membaca
Konservasi Elang di Halimun Salak

Burung elang jawa (Nisoetus bortefsi) merupakan acuan lukisan Burung Garuda. Namun, kini jenis burung itu nyaris punah. Penyebab utama berkurangnya populasi burung elang jawa tersebut antara lain karena kerusakan habitat tempat hidupnya, baik karena bencana alam maupun alih fungsi hutan menjadi ladang atau perkebunan. Ada pula perilaku lain manusia yang menyebabkan populasi burung ini makin menyusut tajam, yaitu perburuan. Burung elang hasil perburuan diperjualbelikan dan dijadikan koleksi pribadi.

Oleh karena itu Indonesia berupaya melakukan usaha pelestarian. Salah satunya di Taman Nasional Gunung Salak. Namun, usaha itu juga tidak mudah dilakukan. Penyebabnya yaitu minimnya perhatian dan dukungan pembiayaan. Untuk penandaan burung, misalnya, Indonesia masih memakai metode lama, yaitu dengan memasang semacam bend era kuning di sayap. Sebagai bandingan, di Thailand, pemantauan burung sudah berbasis satelit. Sebaliknya, dalam hal pengamatan burung Indonesia masih mengandalkan pengamatan mota.

Sumber: http://green.kompasiana.com/penghijauan/2012/10/31/konservasi-elang-di-halimun-salak-504938.html

Kamu telah membaca bacaan Konservasi Elang di Halimun Salak. Addakah kata-kata sukar yang belum kamu ketahui artinya? Jika ada, tuliskan dalam tabel berikut. Kemudian, carilah arti kata-kata tersebut. Carilah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau bertanyalah kepada orang-orang yang kamu anggap mengetahui.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 38

kunci jawaban tematik tema 9 kelas 4 halaman 38

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 39

Dari bacaan Konservasi Elang di Halimun Salak, Kamu mengetahui beberapa dampak kegiatan manusia terhadap populasi burung elang jawa. Apa sajakah itu?  Lengkapilah peta pikiran seperti contoh berikut.

Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 4 K13


Ayo Berdiskusi
Apa yang dapat kamu lakukan untuk ikut melestarikan burung elang jawa? Diskusikan bersama teman-temanmu (4-5 orang tiap kelompok). Tuliskan hasilnya dalam tabel seperti contoh berikut.

Aktivitas Manusia yang Mengganggu Kelestarian Elang Jawa

Aktivitas manusia yang dapat mengganggu kelestarian Elang Jawa antara lain sebagai berikut.
  1. Penggunaan lahan hutan untuk perumahan membuat makin sedikitnya area hutan yang merupakan habitat hewan.
  2. Perburuan dan penangkapan hewan liar berlebihan
  3. Perdagangan Satwa Liar juga menyebabkan berkurangnya populasi hewan langka.
  4. Pembukaan Hutan untuk lahan perkebunan tanpa izin.

Usahaku untuk Ikut Melestarikan Elang Jawa

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 39

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 40

Ayo Berlatih
Salah satu kewajiban manusia adalah menjaga lingkungan alam. Salah satunya melalui konservasi lingkungan alam. Amatilah bentuk-bentuk konservasi yang ada di daerah tempat tinggalmu!

Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, apak/ bu guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.

Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 40
Jawaban relatif sesuai hasil jawaban dari narasumber

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 44


Konservasi terhadap flora dan fauna merupakan salah satu contoh perwujudan pelaksanaan hak dan kewajiban manusia terhadap lingkungan alam. Bersama kelompokmu, diskusikan bentuk-bentuk pelaksanaan hak dan kewajiban sebagai warga negara terhadap lingkungan alam. 

5 Kewajiban manusia terhadap hutan

Kewajiban manusia terhadap hutan
  1. Reboisasi atau menanam pohon di hutan atau tanah yang gersangatau gundul.
  2. Wajib tidak menebang pohon di hutan sembarangan
  3. Wajib untuk tidak berburu binatang liar di hutan (apalagi yang terancam punah dan di lindungi)
  4. Wajib untuk tidak membuang sampah di hutan
  5. Wajib untuk tidak membakar hutan demi tujuan apapun termasuk alih fungsi lahan

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 45

5 Kewajiban manusia terhadap hewan yang terancam punah

Kewajiban manusia terhadap sungai

  1. Tidak membuang sampah ke sungai.
  2. Melakukan penghijauan disekitar sungai.
  3. Menjaga atau melestariakan sungai.
  4. Membersihkan sungai dari sampah-sampah.
  5. Mengikuti sosialisasi / penyulusan tentang kebersihan sungai.


Kewajiban manusia terhadap hewan yang terancam punah
  1. Tidak melakukan perburuan.
  2. Menjaga dan melindungi hewan yang terancam punah tersebut.
  3. Membangun habitat untuk hewan yang terancam punah tersebut.
  4. Tidak merusak habitat asli dari hewan yang terancam punah tersebut.
  5. Mengikuti sosialisasi mengenai hewan yang terancam punah.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 46

Kewajiban manusia terhadap pohon halaman 46

Kewajiban manusia terhadap pohon

  1. Menanam pohon di sekitar pekarangan.
  2. Menjaga dan melestarikan pohon dari kerusakan.
  3. Menyirami pohon agar dapat tumbuh besar.
  4. Melakukan reboisasi atau penanaman pohon.
  5. Memberikan pupuk agar dapat tumbuh baik.


Ayo Renungkan
1 Apa yang kamu pelajari hari ini?

Belajar mengenai kewajiban manusia terhadap hutan, pohon, sungai, hewan yang terancam punah serta belajar bertanya kepada narasumber dengan baik

2 Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?

Melatih keterampilan komunikasi saat bertanya kepada narasumber, serta menambah pengetahuan lebih banyak mengenai kewajiban manusia di bumi ini

3 Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?

Bisa berkomunikasi lebih baik saat bertanya kepada narasumber,  serta menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan

4 Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Menjadi pribadi yang peduli lingkungan, serta menyampaikan kepada teman dan saudara mengenai pentingnya menjaga lingkungan.

Kerja Sama dengan Orang TuaAjaklah orang tuamu untuk menanam pohon di pekarangan rumahmu. Namun, jika tidak memungkinkan, kamu dapat menanam tanaman di dalam pot. Rawatlah tanaman tersebut dengan baik. Berilah pupuk dan siramilah dengan rutin.

Demikianlah postingan materi tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 9 Halaman 38, 39, 40, 44, 45, 46 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Pembelajaran 6 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 9 Halaman 38, 39, 40, 44, 45, 46"