Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Tata Krama Bagi Generasi Z di Sekolah dan di Masyarakat

Pentingnya tata krama di kehidupan bermasyarakat sudah melekat dan menjadi jati diri bangsa Indonesia. Maka, tidak heran jika orang asing kerap memberikan penilaian kepada masyarakat atas kesopanan dan sikap ramahnya orang Indonesia. Hal ini patut kita banggakan bahwa sejak dulu masyarakat Indonesia sudah dikenal dunia atas penerapan tata krama yang baik.

pentingnya tata krama

Tata krama bermasyarakat harus dapat diterapkan sejak masih kecil, orang yang lebih dewasa memegang peranan penting untuk mengajarkan budi pekerti dan mencontohkan yang baik. Baik itu orang tua, guru dan lingkungan tempat tinggalnya harus mampu memberikan edukasi sejak dini. Karena hal tersebut amatlah penting bagi keberlangsungan generasi bangsa.

Maka, artikel domain.com berikut akan memberikan penjelasan mengenai pentingnya tata krama serta bagaimana penerapannya ketika bermasyarakat khususnya generasi Z yang masih labil dan mudah terpengaruh dengan hal-hal disekitarnya.

Pentingnya tata krama di sekolah

Tata krama atau yang dikenal dengan sopan santun merupakan bentuk aturan atas tingkah laku manusia yang baik serta diwariskan dan berkembang di masyarakat kemudian digunakan untuk saling berinteraksi dan menciptakan hubungan yang baik.

Perkembangan zaman disamping memiliki dampak positif seperti adanya teknologi yang canggih juga berdampak negatif yaitu tata krama di masyarakat kita lambat laun memudar. Hal ini tidak boleh dibiarkan terus-menerus, karena dapat merusak generasi penerus bangsa.

Maka, guru disini memainkan peran penting sebagai sarana untuk mencetak generasi unggul. Karena negara yang maju juga ditandai dengan kualitas sumber daya Manusianya, yang cerdas dan berbudi pekerti luhur.

Saat ini, banyak bermunculan kasus yang menyimpang di dunia pendidikan. Padahal pendidikan seharusnya adalah sarana atau wadah untuk mencerdaskan bangsa. Contohnya, kita temui kasus murid yang tidak menghormati guru dan tidak sedikit yang melaporkan ke polisi atas tuduhan tertentu. Dan sebaliknya, murid harusnya belajar dengan tenang mendapatkan perlakuan buruk dari guru.

Guru harusnya mencontohkan yang baik dan menjadi orang tua ketika di sekolah. Adapun bentuk pentingnya tata krama yang bisa diterapkan di sekolah untuk generasi Z adalah menghormati guru, tidak menentang dan bersikap kasar, berbicaralah dengan bahasa yang lembut dan baik, saling toleransi dan membantu kepada sesama teman dan tidak saling mencaci maki.

Pentingnya tata krama di masyarakat

Selain memberikan penerapan di sekolah, tata krama di masyarakat juga sangat penting. Peran orang tua disini yang terpenting karena merupakan pendidikan pertama bagi anaknya. Berikan bekal budi pekerti agar anak-anak kita terbiasa dan tercipta karakter baik dalam kesehariannya. Adapun contohnya tata krama yang bisa diajarkan kepada generasi Z dalam bermasyarakat adalah sebagai berikut:
  1. Ucapkan salam dan berpamitan setiap kali akan masuk dan keluar rumah, baik itu rumah sendiri maupun rumah orang lain yang sedang kita kunjungi.
  2. Berikanlah senyuman dan sapa kepada orang yang kita temui. Apalagi generasi Z yang kecanduan dengan gadget, mereka kerap kali tidak memperdulikan orang disekitarnya dan fokus pada gadgetnya. Nah, permasalahan inilah yang harus diperhatikan orang tua. Mereka harus memberikan parenting yang benar, kapan waktu yang tepat untuk menggunakan gadget.
  3. Tanamkan sikap sopan, santun, ramah, saling menghormati dan tolong menolong dengan lingkungan sekitar.
  4. Berbicara dengan sopan kepada orang yang lebih tua dan tidak terlalu menggurui kepada orang yang lebih muda.

Demikian, pembahasan dengan topik pentingnya tata krama yang sangat bermanfaat jika mampu diterapkan dan menjadi kebiasaan dalam bermasyarakat. Pentingnya tata krama di sekolah dan di masyarakat pada akhirnya akan menciptakan kehidupan yang damai dan tentram.

Post a Comment for "Pentingnya Tata Krama Bagi Generasi Z di Sekolah dan di Masyarakat"