Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Pengertian Moral dan Etika Beserta Perbedaannya

Dalam memahami pengertian moral dan etika beserta perbedaannya memang tidak mudah. Orang kadang rancu dan menganggapnya sama padahal tidak. Ada perbedaan mendasar yang membuat keduanya memiliki pengertian yang berbeda.

Memahami Pengertian Moral dan Etika

Pengertian Moral

Secara garis besar perbedaan moral norma dan etika terletak pada pedoman dan kebiasaan. Moral merupakan hasil dari ciptaan seseorang atau manusia dalam kaitannya adat istiadat, agama dan kebudayaan.

Untuk diketahui pada agama tertentu memiliki aturan dengan dasar yang berbeda satu sama lainnya. Inilah yang menjadi dasar moral masing-masing orang untuk melakukan aktivitas, berinteraksi dan bersosialisasi dengan individu lain.

Memiliki moral yang baik, artinya mampu membawa diri dalam melakukan pergaulan baik dalam masyarakat atau kelompok tertentu. Alhasil terjalin rasa memiliki, sikap saling menghormati dan tidak sewenang-wenang terhadap orang lain.

Contoh mudahnya seperti bersikap berani, menghormati hak milik orang lain dan adil terhadap sesama.

Pengertian Etika

Sebelum memahami pengertian moral dan etika beserta perbedaannya, ada baiknya tahu pengertian etika lebih dahulu. Kata dasar etika berasal dari bahasa Yunani, ethos. Ethos adalah hasil, dampak atau dari suatu kebiasaan seseorang.

Hasilnya adalah suatu perbuatan, tingkah laku, sikap dan tindakan manusia dalam kehidupannya sehari-hari. Secara sederhana, jika seseorang memiliki kesusilaan individu yang bagus, maka memiliki sikap yang baik dalam bergaul.

Ada pula yang menyebutkan bahwa etika merupakan tata cara, kaidah, norma dan aturan sebagai pedoman setiap individu. Pedoman ini digunakan sebagai tindak lanjut berbuat, melakukan banyak hal dalam kehidupan dalam keseharian.

Contoh paling mudah untuk memahami etika ketika akan berkunjung ke rumah tetangga, ada etika dan adab berkunjung. Ketika berumah tangga terdapat etika dalam rumah tangga dan lain sebagainya.

Perbedaan Moral dan Etika

Apabila norma berkaitan erat dengan sifat individu baik atau buruk. Sedangkan etika dalam hubungannya dengan akhlak, kewajiban sosial, tanggung jawab dalam bermasyarakat.

Supaya tidak bingung, beriku perbedaan moral dan etika:
  1. Pengajaran Benar atau Salah, Apabila moral mengajarkan seperti apa yang benar, etika adalah melakukan hal benar.
  2. Hidup dan Bertindak, Moral memberi ajaran tentang bagaimana cara hidup yang seharusnya dijalani. Sedangkan etika melakukan tindakan sesuai ajaran dalam kependidikan moral.
  3. Sebagai Rambu Kehidupan, Apabila moral berfungsi sebagai rambu-rambu kehidupan, berbeda lagi dengan etika. Etika harus mentaati aturan dan rambu-rambu yang sudah ada agar tidak terjadi perpecahan.
  4. Peta Kehidupan, Moral bisa diibaratkan sebagai peta kehidupan dan etika adalah mengikuti alur peta kehidupan tersebut.
  5. Aturan, Selama ini moral seperti aturan dalam kehidupan dan ada kewajiban untuk mentaatinya. Jika tidak maka ada sanksi sosial yang bisa terjadi. Namun, dalam etika, aturan yang ada dapat dimanipulasi sesuai kondisi yang terjadi.
  6. Tingkah Laku, Apabila moral menjadi salah satu tingkah laku dalam kehidupan khusus atau hanya lokal saja, berbeda dengan etika. Etika memandang tingkah laku pada umumnya sehingga dapat lebih fleksibel dalam banyak kondisi.
  7. Beda Dasar, Norma berdasarkan adat istiadat dan kebiasaan sedangkan etika berdasarkan akal sehat.

Perbedaan yang ada memberikan wawasan berbeda dalam pemahaman moral dan etika yang sebenarnya.

Untuk memahami pengertian moral dan etika beserta perbedaannya memang harus mengetahui pengertiannya dahulu. Pada dasarnya perbedaan yang utama adalah jika moral sumbernya adat istiadat dan etika bersumber dari akal sehat manusia.

Post a Comment for "Memahami Pengertian Moral dan Etika Beserta Perbedaannya"