Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis Paragraf Dan Pengertiannya Secara Lengkap yang Wajib Diketahui Pelajar

Ketik membaca berbagai macam bacaan maupun buku, semuanya menggunakan paragraf. Sehingga alangkah baiknya bagi kita untuk mengetahui jenis-jenis paragraf dan pengertiannya dengan baik. Sehingga dapat menulis dengan sesuai dengan kaidah yang ada.

Jenis Paragraf Dan Pengertiannya

Pada teknik menulis paragraf merupakan bentuk struktur kalimat yang mempunyai atau gagasan pokok maupun gagasan pendukung. Oleh karena itu sangat penting bagi seorang penulis maupun pelajar memahami jenis-jenis paragraf beserta ciri-ciri dan contohnya.

Kalau Anda penasaran mengenai informasi ini, mari simak ulasan domain.com yang akan mengulasnya di bawah ini.

Jenis-Jenis Paragraf Dan Pengertiannya

Setiap kalimat dalam paragraf harus mempunyai gagasan pokok yang saling mendukung antara yang satu dengan lainnya. Hal ini agar maksud dari paragraf tersebut dapat tersampaikan seutuhnya.

Sehingga terdapat berbagai macam jenis paragraf yang diterapkan dalam kepenulisan. Jenis-jenis paragraf dan pengertiannya tersebut adalah sebagai berikut:

Paragraf Berdasarkan Letak Gagasan Utama

Ada 4 Jenis paragraf yang dibedakan berdasarkan letak gagasan utamanya, yaitu paragraf induktif deduktif, campuran, dan menyebar. Pengertian dari berbagai jenis paragraf tersebut adalah sebagai berikut”

Paragraf Deduktif

Jenis paragraf yang pertama adalah paragraf deduktif yang mempunyai kalimat utama pada awal paragraf. Dengan kata lain, paragraf ini dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat topik, baru diiringi dengan kalimat penjelas.

Paragraf Induktif

Kemudian jenis paragraf yang kedua adalah paragraf induktif, dimana jenis paragraf ini mempunyai kalimat utama pada akhir paragraf. Biasanya paragraf ini akan dimulai dengan mengemukakan penjelasan-penjelasan lalu diakhiri dengan kalimat topik.

Pada prakteknya, jenis paragraf induktif dibagi menjadi tiga, yakni generalisasi, analogi, dan kausalitas. Sehingga saat memilih menulis dengan jenis paragraf ini maka harus jelas hendak menggunakan yang mana.

Paragraf Campuran

Paragraf campuran sendiri sesuai dengan namanya adalah jenis paragraf yang memiliki kalimat utama di awal dan di akhir paragraf. Biasanya saat menulis paragraf ini diawali dengan kalimat penjelas sebagai pengantar kemudian gagasan utama. Kemudian ditambah penjelas untuk penguatan atau mempertegas informasi.

Paragraf Menyebar

Jenis paragraf ini sendiri tidak mempunyai kalimat utama, seperti jenis paragraf yang lainnya. bisa dikatakan bahwa pikiran utamanya menyebar pada seluruh bagian yang ada pada tiap kalimat yang dituliskan.

Jenis Paragraf Yang Dibedakan Berdasarkan Tujuan

Kemudian ada lagi jenis paragraf berdasarkan tujuan, paragraf ini kemudian dibedakan menjadi lima. Di mana masing-masing jenis mempunyai ciri dan karakter yang tidak sama.

Jenis-jenis paragraf dan pengertiannya berdasarkan tujuan yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut:

Paragraf Narasi

Paragraf ini menyajikan peristiwa secara kronologis, pada umumnya jenis paragraf ini digunakan untuk menuliskan penggambaran alur cerita. Sementara itu mengenai struktur jenis paragraf narasi biasanya dipakai dalam teks fiksi dalam topik utamanya.

Paragraf Deskripsi

Jenis paragraf yang dibuat berdasarkan tujuan selanjutnya adalah paragraf deskripsi. Digunakan untuk menggambarkan objek dalam teks secara lengkap dan jelas. Menulis dengan teknik ini mengandalkan indra, sehingga pembaca seolah-olah bisa benar-benar melihat, merasakan, dan meraba yang dituliskan dalam paragraf.

Paragraf Eksposisi

paragraf eksposisi adalah paragraf yang menuliskan kembali sebuah kejadian dengan tujuan menceritakan kembali. Menuliskan sesuatu dengan cara yang informatif, menjelaskan, menerangkan, dan memberitahukan informasi tertentu.

Paragraf Persuasi

Selanjutnya ada paragraf persuasi yang mempunyai gagasan untuk mengajak pembaca melakukan sesuatu. Intinya, jenis paragraf ini mempunyai maksud atau unsur ajakan, anjuran, serta memengaruhi pembaca.

Paragraf Argumentasi

Paragraf ini menyampaikan ide, gagasan, atau pendapat sang penulis kepada pembaca mengenai isu tertentu dengan data dan fakta. Jenis paragraf ini memiliki tujuan untuk meyakinkan pembaca bahwa ide, gagasan, atau pendapat sang penulis sungguh-sungguh benar dan bisa dibuktikan.

Demikianlah beberapa hal penting yang wajib diketahui mengenai jenis-jenis paragraf dan pengertiannya. Semoga menjadi pengetahuan bermanfaat yang menambah wawasan keilmuan Anda.

Post a Comment for "Jenis-Jenis Paragraf Dan Pengertiannya Secara Lengkap yang Wajib Diketahui Pelajar"