Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Kliping, Pengertian, Lengkap Beserta Cara Membuat Kliping

Zaman dahulu, tugas sekolah membuat kliping adalah hal biasa. Adapun contoh kliping : pengertian, cara membuat kliping sekarang ini memiliki sedikit perbedaan. Meskipun tujuannya sama yaitu mengumpulkan tulisan dari satu tema yang sama.

Contoh Kliping

Pengertian Kliping

Sekarang ini berbagai contoh kliping yang di print dapat dengan mudah dilihat melalui internet. Pembuatan kliping juga lebih praktis dengan mencari sumber berita melalui internet, kemudian mengeprint berita tersebut.

Jika sudah dicetak dipotong dan ditempel pada kertas lain lalu diberi cover dan menyusunnya seperti halnya sebuah buku. Namun, ada pula yang hanya mencari artikel dalam satu tema, lalu menyalin dan memberi sumber berita.

Selanjutnya di print untuk dijadikan seperti sebuah buku lengkap dengan cover dan penyusunan secara lengkap. Sebetulnya apa pengertian dari kliping sendiri?

Bisa dikatakan kliping adalah salah satu aktivitas menggunting artikel pada bagian tertentu. Artikel berasal dari buku, majalan, koran atau media cetak lain dengan tema tertentu. Selanjutnya guntingan tersebut ditempel pada kertas lain.

Lalu disusun lengkap dengan memberi cover, halaman judul, daftar isi dan isi dari kliping. Jika telah lengkap dijilid sehingga terlihat lebih bagus dan rapi.

Contoh Kliping : Pengertian dan Cara Membuat Kliping

Contoh kliping banyak terdapat di internet dan perpustakaan sekolah atau daerah. Isinya bermacam-macam tergantung dari penentuan temanya.

Untuk membuat kliping, ada cara tertentu dan bisa cek lengkap seperti berikut ini.

1. Tema Tertentu

Cara pertama dalam membuat kliping adalah menentukan tema. Tema memiliki tujuan tertentu yaitu agar kliping fokus dan tidak bermacam-macam isinya. Dengan adanya tema tertentu, kliping lebih terarah dan menarik.

Menentukan tema tergantung dari kebutuhan juga misalnya untuk tugas sekolah. Contoh kliping : pengertian, cara membuat kliping seperti kesehatan, olahraga, pertanian atau tentang wisata.

2. Pengumpulan Data

Tema yang telah diputuskan dapat dilanjutkan dengan pengumpulan data. Artinya mencari media cetak bisa berupa majalah, buku, tabloid, koran dan yang lainnya yang membahas tema tersebut.

Pilihan harus yang relevan dengan tema supaya benar-benar fokus. Untuk sekarang ini dapat mencari sumber data dari internet. Selain praktis, mudah dan banyak sekali sumbernya dan langsung di print.

3. Siapkan Alat

Alat membuat kliping sederhana saja, hanya kertas HVS atau folio, gunting, penggaris dan lem. Gunting untuk menggunting bahan tulisan, kertas untuk menempel, penggaris untuk merapikan saat menempel dan lem untuk menempel hasil pengumpulan data.

4. Menggunting dan Menempel

Selanjutnya menggunting bahan yang telah didapatkan dan menempelkannya secara rapi ke kertas HVS. Jangan lupa setiap data diberikan sumbernya supaya jelas dan hasil kliping akurat.

5. Menyiapkan Cover

Jika semuanya telah lengkap, maka menyiapkan cover kliping yang isinya judul kliping dan nama pembuatnya. Rapikan seperti buku dan jangan lupa memberikan halaman judul dengan daftar isinya dan pada bagian akhir daftar pustaka lengkap.

Masing-masing halaman lebih baik dikasih nomor halaman supaya kliping bagus dan terlihat cantik. Jika ingin dikasih hiasan dapat menyesuaikan dengan isi.

Apabila telah selesai semuanya maka tinggal dijilid. Melakukan jilid kliping bisa secara manual atau ke tempat fotocopy agar hasilnya rapi dan bagus.

Penutup
Ternyata contoh kliping : pengertian, cara membuat kliping mudah dan tidak rumit. Untuk hasil yang bagus pembuatan cover harus keren. Selain itu isinya relevan dan penempelan bahan serta penjilidan rapi supaya semakin menarik perhatian.

Post a Comment for "Contoh Kliping, Pengertian, Lengkap Beserta Cara Membuat Kliping"