Kunci Jawaban Halaman 27, 28, 29, 30, 31 Tema 2 Kelas 6 SD Subtema 1 Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Buku Tema 2 Kelas 6 Halaman 27, 28, 29, 30, 31 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 4.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 6 merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 SD Subtema 1 PB 4 Hal 27-31
Ayo Membaca
Persatuan sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Segala perbedaan yang ada dikesampingkan untuk kepentingan bersama. Terkadang perbedaan yang dimiliki oleh suatu kelompok dapat memperkaya keputusan yang diambil.
Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, terdapat beberapa peristiwa penting yang perlu kita ketahui, di antaranya sebagai berikut.
Tanggal 9 Agustus 1945, Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Dalat, Saigon untuk bertemu dengan Marsekal Terauchi, Panglima Besar Tentara Jepang di Asia Tenggara. Panglima tersebut menyampaikan informasi kepada pemerintah Indonesia bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.
Saat itu tentara Jepang sedang terdesak oleh tentara sekutu. Beberapa wilayah Jepang dijatuhi bom oleh tentara musuh. Untuk menarik simpati rakyat Indonesia, Jepang memutuskan untuk menghadiahkan kemerdekaan.
Pertemuan antara Panglima Jepang dan Pemerintah Indonesia memicu pertentangan di dalam negeri. Terjadilah perbedaan pendapat antara tokoh golongan tua dan golongan muda. Golongan muda tidak ingin kemerdekaan Indonesia diatur oleh Jepang. Mereka menginginkan proses kemerdekaan Indonesia disiapkan oleh bangsa Indonesia tanpa ada campur tangan asing.
Kunci Jawaban Halaman 27 Tema 2 Kelas 6
Berdasarkan bacaan tersebut, tulislah informasi penting pada peta pikiran berikut!
Diskusikanlah peta pikiranmu dengan teman di kelompokmu!
Kembangkan informasi pada peta pikiran menggunakan kalimatmu sendiri. Serahkanlah hasil pekerjaanmu kepada gurumu.

Kunci Jawaban Halaman 28 Tema 2 Kelas 6
Ayo Berdiskusi
Amati gambar berikut!

Kunci Jawaban Halaman 29 Tema 2 Kelas 6
Apakah kamu telah menerapkan nilai-nilai kerukunan terkait persatuan dan kesatuan dalam kehidupanmu sehari-hari? Jelaskan dan beri 3 contoh kegiatan dan perbedaan yang ada!
Apa manfaat yang kamu peroleh dari nilai-nilai tersebut? Tulislah 3 manfaat yang kamu rasakan!

Sampaikan jawabanmu di depan kelas!
Kunci Jawaban Halaman 30 Tema 2 Kelas 6
Ayo Berlatih
Bekerja sama dapat mempermudah pekerjaan. Tujuan mulia bisa tercapai karena persatuan.
1. Bacalah cerita di bawah ini!
Siti, Udin, Lani, Edo, Beni dan Dayu menjual martabak buatan Ibu Lani. Mereka sedang bekerja sama untuk mengumpulkan dana bagi temannya yang sedang dirawat. Mereka mengikuti bazar makanan di
lingkungan tempat Dayu tinggal. Enam sekawan menjual 8 martabak. Setiap martabak dipotong menjadi 12 potong. Mereka berhasil menjual 90 potong.
a. Berapa martabak yang terjual?
b. Berapa martabak yang tersisa?
Tulislah jawabanmu pada tempat yang disediakan! Kamu harus bisa menjelaskan jawabanmu melalui tulisan.
Diketahui :
Ada 8 x 12 potong martabak = 96 potong
Jumlah martabak yang terjual = 90 potong
Ditanyakan : Berapa martabak yang terjual dan martabak yang tersisa
Jawab :
Banyak martabak yang terjuall adalah jumlah martabak yang ada dikurangi martabak yang tersisa.
= 8 x 12 - 6
= 96 - 6
= 90 potong
Jadi jumlah martabak yang terjual adalah 90 potong.
Martabak yang tersisa dapat ditentukan dengan cara mengurangkan martabak yang ada dengan martabak yang terjual.
= 8 x 12 - 90
= 96 - 90
= 6
Jadi martabak yang tersisa ada 6 potong
Jumlah martabak ada 8, kemudian di potong menjadi 12 potong. Itu berarti jika ditulis dalam kalimat matematika adalah 8 x 12 = 96. Kemudian mereka berhasil menjual 90 potong. Ini berarti jumlah martabak mereka telah berkurang sebanyak 90 potong, sehingga diperoleh 96 - 90 = 6 potong.
2. Selain martabak, enam sekawan juga menjual dodol buatan Ibu Udin. Mereka memiliki 5 5/6 dodol. Seluruh dodol dipotong menjadi 6 potong yang sama. Berapa pembeli yang akan mendapat 5 potongan dodol yang sama? Bagaimana kamu menemukan jawabannya? Gunakan gambar untuk membantu jawabanmu! Tulislah pada tempat yang tersedia
Diketahui :
Ada 5 5/6 dodol. seluruh dodol dipotong menjadi 6 potong yang sama.
Ditanyakan : berapa pembeli yang akan mendapat 5 potongan dodol yang sama?
Jawab:

Pembeli yang mendapat 5 potongan dodol yang sama dapat dicari dengan mengalikan 5 5/6 dengan 6 kemudian dibagi 5. Untuk memudahkan pecahan campuran diubah ke bentuk campuran biasa. Untuk mengalikan pecahan kalikan pembilang dengan pembilang serta penyebut dengan penyebut. Sedangkan untuk membagi pecahan salah satu pecahan harus dibalik dan pembagian diubah menjadi perkalian. Jadi banyak pembeli yang mendapat kan 5 potongan dodol yang sama ada 7 orang
Kunci Jawaban Halaman 31 Tema 2 Kelas 6
Ayo Renungkan
Setelah belajar hari ini, tulislah beberapa hal berikut!
- Sikap yang mana yang sesuai dengan nilai persatuan?
- Sikap baik apa yang kamu pelajari dari temanmu terkait nilai persatuan?
Kerja Sama dengan Orang Tua
Perhatikan lingkunganmu! Adakah contoh-contoh sikap yang sesuai
Demikianlah pembahasan mengenai Kunci Jawaban Halaman 27, 28, 29, 30, 31 Tema 2 Kelas 6 SD Subtema 1 Pembelajaran 4 - Kami harap hal ini bisa menambah motivasi belajar kita bersama dan mempermudah dalam pemahaman materi. Sukses selalu untuk kita semua, jangan lupa jaga kesehatan dan selalu bersyukur.
makasih kk 😉😁
ReplyDelete