Kunci Jawaban Halaman 33, 34, 35, 36 Tema 2 Kelas 6 Buku Siswa Tematik
Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 2 Kelas 6 Subtema 1 Halaman 33, 34, 35, 36 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 5 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Penerapan Makna Proklamasi Kemerdekaan.
Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar kelas 6 merupakan buku tematik terpadu kurikulum 2013 (K13) Revisi Tahun 2018
Cinta budaya sendiri merupakan wujud dari penerapan makna Proklamasi Kemerdekaan.
Bagaimana kamu memaknainya?
Ayo Menulis

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar kelas 6 merupakan buku tematik terpadu kurikulum 2013 (K13) Revisi Tahun 2018
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Subtema 1 PB 5 Halaman 33-36
Pada pembahasan materi pembelajaran Kelas 6 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan siswa harus menyelesaikan tugas secara mandiri setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik kelas 6 ini. Untuk membantu pemahan materi dan latihan soal tematik secara tepat berikut ini kami bagikan alternatif jawaban yang terdapat pada halaman 33-36
Bagaimana kamu memaknainya?
Ayo Menulis
Bacalah teks berikut dalam hati!
Edo, Lani, Siti, Udin, Dayu, dan Beni berencana mengikuti festival budaya. Saat ini mereka sedang berdiskusi untuk menentukan budaya yang akan mereka usung. Edo dan teman-temannya sangat antusias mengikuti festival ini. Mereka ingin memperkenalkan seni dan budaya suku-suku yang ada di Indonesia. Menentukan kebudayaan mana yang akan dipilih tidak mudah. Semua budaya yang dimiliki Indonesia sangat beragam dan menarik.
Akhirnya Edo dan teman-temannya memutuskan untuk memperkenalkan permainan Rangku Alu. Permainan Rangku Alu berasal dari Nusa Tenggara Timur. Dalam masyarakat Manggarai, Rangku Alu dilakukan untuk merayakan hasil panen perkebunan dan tani. Edo dan teman-temannya sangat bangga dengan kebudayaan Indonesia.
Berikan contoh penerapan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupanmu sehari-hari, baik di rumah, sekolah, dan masyarakat!
Ayo Berkreasi
Edo, Lani, Siti, Udin, Dayu, dan Beni berencana mengikuti festival budaya. Saat ini mereka sedang berdiskusi untuk menentukan budaya yang akan mereka usung. Edo dan teman-temannya sangat antusias mengikuti festival ini. Mereka ingin memperkenalkan seni dan budaya suku-suku yang ada di Indonesia. Menentukan kebudayaan mana yang akan dipilih tidak mudah. Semua budaya yang dimiliki Indonesia sangat beragam dan menarik.
Akhirnya Edo dan teman-temannya memutuskan untuk memperkenalkan permainan Rangku Alu. Permainan Rangku Alu berasal dari Nusa Tenggara Timur. Dalam masyarakat Manggarai, Rangku Alu dilakukan untuk merayakan hasil panen perkebunan dan tani. Edo dan teman-temannya sangat bangga dengan kebudayaan Indonesia.
Kunci Jawaban Tematik Halaman 33

Berikan contoh penerapan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupanmu sehari-hari, baik di rumah, sekolah, dan masyarakat!

Ayo Berkreasi
Cinta terhadap seni Indonesia merupakan perwujudan dari makna Proklamasi Kemerdekaan. Dalam mewujudkannya, kamu membutuhkan kerja sama dengan orang lain.
Indonesia memiliki ragam tarian yang sangat indah. Keragaman tersebut menambah kekayaan Indonesia yang luar biasa.
Kamu sudah belajar tentang pola lantai tarian daerah dan mempraktikkannya. Amatilah gambar berikut dan gambarlah pola lantainya!
Bandingkanlah gambar pola lantaimu dengan milik teman kelompokmu. Praktikkanlah semua pola lantai tersebut dengan mereka.
1. Lingkungan tempat Lani tinggal terdiri dari penduduk yang berasal dari daerah berbeda. Mereka selalu hidup rukun meskipun berbeda latar belakang dan pekerjaan. Ibu Titin, tetangga Lani, adalah seorang pengusaha kue batik yang berasal dari Jawa Barat. Beliau sangat dekat dengan tetangga dan sering membagikan kue batiknya
Hari ini Ibu Titin membuat beberapa kue batik. Ia menyumbangkan kuenya untuk acara rapat RT di
rumah Lani. Ibu Titin memotong setiap kuenya menjadi 12 potong. Lani menghabiskan 3 potong kue. Peserta rapat menghabiskan 31 potong kue. Lani melihat ada 2 potong kue tersisa di atas meja. Berapa kue batik yang dikirim Ibu Titin?
2. Lani dan Siti membawa kotak kue batik buatan Ibu Titin ke rumah Edo. Satu kotak kue berisi 6 potong. Mereka membagi 2 1/6 kotak kepada 4 temannya. Apakah Lani dan Siti memiliki potongan kue yang cukup apabila setiap temannya mendapat 4 potong kue? Bagaimana kalau mereka membagi 3 potong kue untuk setiap temannya?
Ayo Renungkan
Setelah belajar hari ini, renungkanlah!
Kerja Sama dengan Orang Tua
Diskusikan dengan orang tuamu, apa makna Proklamasi Kemerdekaan bagi mereka? Sampaikan hasilnya kepada gurumu!
Demikianlah postingan mengenai Kunci Jawaban Halaman 33, 34, 35, 36 Tema 2 Kelas 6 Buku Siswa Tematik, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.
Indonesia memiliki ragam tarian yang sangat indah. Keragaman tersebut menambah kekayaan Indonesia yang luar biasa.
Kamu sudah belajar tentang pola lantai tarian daerah dan mempraktikkannya. Amatilah gambar berikut dan gambarlah pola lantainya!

Kunci Jawaban Tematik Halaman 34, 35
Bandingkanlah gambar pola lantaimu dengan milik teman kelompokmu. Praktikkanlah semua pola lantai tersebut dengan mereka.
Apakah kamu mengalami kesulitan dalam mempraktikkan pola lantai tarian daerah? Bagaimana kamu menyikapi perbedaan dengan teman?
Kunci Jawaban Tematik Halaman 36
Ayo Berlatih1. Lingkungan tempat Lani tinggal terdiri dari penduduk yang berasal dari daerah berbeda. Mereka selalu hidup rukun meskipun berbeda latar belakang dan pekerjaan. Ibu Titin, tetangga Lani, adalah seorang pengusaha kue batik yang berasal dari Jawa Barat. Beliau sangat dekat dengan tetangga dan sering membagikan kue batiknya
Hari ini Ibu Titin membuat beberapa kue batik. Ia menyumbangkan kuenya untuk acara rapat RT di
rumah Lani. Ibu Titin memotong setiap kuenya menjadi 12 potong. Lani menghabiskan 3 potong kue. Peserta rapat menghabiskan 31 potong kue. Lani melihat ada 2 potong kue tersisa di atas meja. Berapa kue batik yang dikirim Ibu Titin?
Diketahui :
1 kue batik = 12 potong
Kue Lani = 3 potong
Kue peserta rapat = 31 potong
Sisa kue di meja = 2 potong
Ditanyakan : jumlah kue yang dikirim oleh Ibu Titin
Jawab :
Pertama, kita harus harus menghitung dulu jumlah potongan kue yang ada di tempat rapat.
Jumlah potongan kue = kue lani + kue peserta rapat + sisa kue di meja
Jumlah potongan kue = 3 potong + 31 potong + 2 potong
Jumlah potongan kue = 36 potong
Selanjutnya kita mencari jumlah kue batik yang dikirim oleh Ibu Titin.
1 kue batik = 12 potong
Jumlah kue batik = Jumlah potongan kue di tempat rapat : 12 potong
Jumlah kue batik = 36 potong : 12 potong
Jumlah kue batik = 3 potong
Jadi jumlah kue batik yang dikirim oleh Ibu Titin adalah 3 buah.
2. Lani dan Siti membawa kotak kue batik buatan Ibu Titin ke rumah Edo. Satu kotak kue berisi 6 potong. Mereka membagi 2 1/6 kotak kepada 4 temannya. Apakah Lani dan Siti memiliki potongan kue yang cukup apabila setiap temannya mendapat 4 potong kue? Bagaimana kalau mereka membagi 3 potong kue untuk setiap temannya?
Diketahui
1 kotak kue = 6 potong
kue yang dibagi = 2 ¹/₆ kotak
Jumlah teman = 4 orang
Ditanyakan :
Apakah kue cukup jika tiap teman mendapat 4 potong?
Bagaimana jika setiap teman mendapat 3 potong kue
Jawab :
Jumlah kue = jumlah kotak x 6 potong

Jumlah kue = 13 potong
Jika tiap teman mendapat 4 kue, maka kue yang dibutuhkan adalah : 4 orang x 4 potong kue = 16 potong kue. Maka kue tidak cukup karena jumlahnya hanya 13.
Jika tiap teman mendapat 3 kue, maka kue yang diperlukan adalah : 4 orang x 3 potong kue = 12 potong kue. Maka kue cukup untuk 4 orang karena jumlahnya ada 13.
Ayo Renungkan
Setelah belajar hari ini, renungkanlah!
- Apa yang kamu pelajari hari ini?
- Apakah masih ada yang membuat kamu bingung? Jelaskan!
Kerja Sama dengan Orang Tua
Diskusikan dengan orang tuamu, apa makna Proklamasi Kemerdekaan bagi mereka? Sampaikan hasilnya kepada gurumu!
Demikianlah postingan mengenai Kunci Jawaban Halaman 33, 34, 35, 36 Tema 2 Kelas 6 Buku Siswa Tematik, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.
Tank bawa kayu thank you
ReplyDelete