Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lengkap !!! Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 41, Halaman 42, Halaman 43, Halaman 44, Halaman 46, Halaman 49, - Pada kunci jawaban ini kami akan membagikan tentang Subtema 1: Organ Gerak Hewan.  Pada kelas 5 SD/MI dengan alternatif jawaban lengkap beserta pembahasan didalamnya. Tetap semangat belajar walaupun saat ini belajar dari rumah namun belajar menambah ilmu dan mengerjakan tugas adalah kewajiban.


Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 www.soaldanjawabanpg.blogspot.com

Hallo sahabat semua selamat datang kembali di Blog kami yang khusus membahas mengenai soal-soal tematik lengkap beserta kunci jawabannya. Pada kesempatan ini kami membuat pembahasan lengkap setiap halaman kunci jawaban Tematik Tema 1 Kelas 5 K13 tentunya untuk mempermudah sahabat sekalian dalam menemukan kunci jawaban kelas 5 tema 1.

Pembelajaran Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 ini terdapat beberapa halaman yang ada soal beserta alternatif jawabannya yaitu pada halaman 42 43 44 46 49 sudah kami buat lengkap khusus untuk Sahabat semua kelas 5 untuk melanjutkan materi sebelumnya Pembelajaran 4.  Kami menyiapkan khusus dari berbagai sumber materi dan pembahasan terkhusus alternatif jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia kurikulum 2013 SD Semester 1 Revisi terbaru. Kami expert dalam bidang pendidikan, namun perlu diketahui bahwa setiap materi dan jawaban di blog ini hanya sebatas referensi dari berbagai sumber untuk mempermudah pemahaman terhadap materi tematik, yang tentunya sebenarnya sudah ada di mesin pencarian, kami hanya mengumpulkan dari berbagai sumber menjadi satu. Jadi sahabat sekalian jika ingin menjawab soal tematik, sahabat bisa memahami materi itu sendiri dan menjawab sesuai dengan pemahaman masing-masing.

Sahabat semua jangan lupa cukup istirahat dan konsumsi makanan yang bergizi agar tetap semangat dalam proses belajarnya yah.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5

    Daftar Isi :
  1. Kunci Jawaban Halaman 41
  2. Kunci Jawaban Halaman 42
  3. Kunci Jawaban Halaman 43
  4. Kunci Jawaban Halaman 44
  5. Kunci Jawaban Halaman 46
  6. Kunci Jawaban Halaman 49

Di bawah kandang kelinci, Edo melihat seekor siput yang sedang berjalan perlahan. Edo pun mengambilnya.

Baca Pembahasan Lanjutan :



“Kelinci dan siput sama-sama hewan, tetapi gerakannya kok berbeda, ya? Kelinci bergerak lincah, berlari, dan meloncat, sedangkan siput bergerak sangat pelan. Mengapa bisa begitu, ya?” gumam Edo penasaran.

Kunci Jawaban Halaman 41, 42

Ayo Mengamati

Temukan perbedaan Karakteristik Kelinci dan Karakteristik Siput

Amati kedua hewan di atas. Temukan perbedaannya!

kunci jawaban tema 1 kelas 5 halaman 42 www.soaldanjawabanpg.blogspot.com

Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui bahwa kelinci termasuk hewan vertebrata. Lalu bagaimana dengan siput? Siput merupakan hewan avertebrata. Hewan avertebrata merupakan hewan yang tidak memiliki tulang belakang.

Adapun ciri-ciri hewan avertebrata lainnya antara lain biasanya susunan syarafnya berada di perut, memiliki rangka luar, dan otaknya tidak terlindungi oleh rangka. Contoh hewan avertebrata adalah siput, serangga, cacing, ubur- ubur, cumi-cumi, dan lain-lain.

Amatilah organ gerak Siput berikut.

nama organ gerak siput dan fungsinya www.soaldanjawabanpg.blogspot.com

Kunci Jawaban Halaman 43

Ayo Mengamati

Di sekitarmu pastinya banyak sekali jenis hewan avertebrata. Bersama temanmu amati hewan-hewan tersebut dan identifikasikan organ geraknya.

Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.

identifikasi organ gerak hewan avertebrata www.soaldanjawabanpg.blogspot.com

Ayo Berkreasi

Pilihlah salah satu hewan avertebrata. Kemudian buatlah model sederhana organ gerak dari hewan yang kamu pilih tersebut menggunakan plastisin. Buatlah sebaik mungkin sesuai dengan keadaan aslinya.

model sederhana organ gerak dari hewan yang kamu pilih tersebut menggunakan plastisin www.soaldanjawabanpg.blogspot.com

Ayo Membaca

Siput Bukanlah Hewan Lemah
Siput, menurut sebagian orang dianggap sebagai hewan yang lamban dan menjijikkan. Bahkan karena gerakannya yang lamban, tidak jarang orang membanding-bandingkannya dengan kelinci. Siput juga dianggap menjijikan karena tubuhnya yang penuh lendir.

Sebenarnya siput memiliki kelebihan dan keistimewaan. Kelebihan dan keistimewaan siput ini merupakan karunia Tuhan yang tidak dimiliki oleh hewan-hewan lain. Apa saja kelebihan dan keistimewaan tersebut?

Siput merupakan hewan yang berjasa dalam penguraian serpihan daun-daunan. Kenapa berjasa? Karena siput memakan daun-daunan dan menjadikannya bagian-bagian yang kecil (serpihan) sehingga mudah untuk diuraikan oleh bakteri pengurai. Jika benda-benda yang besar seperti daun berubah menjadi serpihan dan diuraikan akan bermanfaat bagi kelestarian lingkungan sekitar siput berada. Hasil penguraian yang diawali oleh siput itu akan berfungsi menjadi pupuk alami sehingga tanah pun menjadi subur.

Siput adalah sang pengembara yang mandiri. Meskipun siput berjalan lamban, namun siput memiliki stamina yang sangat bagus. Daerah pengembaraan siput pun sangat luas. Pengembaraan siput dimulai sejak siput menetas. Setelah menetas, siput langsung mandiri. Siput tidak lagi terikat dan bergantung pada induknya.

Siput memiliki pertahanan diri yang baik dalam beradaptasi dengan lingkungan dan mempertahankan diri dari serangan predator. Meskipun tubuhnya lunak, namun tubuh siput memiliki lendir. Lendir ini berfungsi sebagai minyak pelumas dan pelindung bagi tubuhnya ketika berjalan di permukaan. Jalan sekasar apa pun dan seterjal apa apun akan mudah dilalui tanpa tubuhnya terluka. Selain itu siput juga dikaruniai Tuhan dengan cangkang. Cangkang ini berfungsi sebagai rumah yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi tubuhnya.  Cangkang juga berfungsi sebagai tempat persembunyian ketika ia terancam oleh lingkungan atau predator. Meski terik panas atau pun hujan, siput tetap bisa hidup nyaman dan aman dengan cangkangnya. Predator pun akan kebingungan untuk memangsa siput, karena tubuhnya terlindungi oleh cangkang yang keras.

Jadi, siput bukanlah hewan yang lemah. Siput adalah hewan istimewa yang memiliki banyak kelebihan. Siput diciptakan Tuhan dengan kekurangan sekaligus dengan kelebihan. Begitu juga dengan manusia, diciptakan Tuhan dengan kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu kamu tidak boleh menyombongkan iri dengan kelebihan yang kamu miliki. Kamu juga jangan minder jika kamu kekurangan.

Kunci Jawaban Halaman 46

Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok dan kalimat pengembang masing-masing paragraf.

temukan ide pokok siput bukanlah hewan lemah www.soaldanjawabanpg.blogspot.com

Kamu telah berhasil menemukan dan menuliskan ide pokok dan kalimat pengembang, sekarang coba tuangkan isi bacaan di atas ke dalam sebuah gambar cerita.

Ayo Berkreasi

Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mempelajari ragam gambar cerita atau ilustrasi. Dalam membuat gambar cerita kamu juga harus mengetahui corak gambar cerita atau ilustrasi.

Corak gambar cerita atau ilustrasi adalah sebagai berikut.

ragam gambar cerita atau ilustrasi www.soaldanjawabanpg.blogspot.com/

Corak gambar cerita atau ilustrasi realis, karikatur, kartun, dekoratif www.soaldanjawabanpg.blogspot.com

Kunci Jawaban Halaman 49

Nah, sekarang coba buatlah gambar ilustrasi mengenai cerita “Siput Bukanlah Hewan Lemah”. Kamu bisa memilih salah satu corak gambar di atas.

buatlah gambar ilustrasi mengenai cerita Siput Bukanlah Hewan Lemah www.soaldanjawabanpg.blogspot.com

Ayo Renungkan
Gambarkan kembali organ gerak salah satu hewan avertebrata pada kolom berikut.
Gambar sesuai kreasi masing-masing
Pelajaran apa yang dapat kamu ambil dari hewan tersebut?
Organ gerak hewan dan fungsinya

Kerja Sama dengan Orang Tua
Bersama orang tuamu, amatilah hewan-hewan di sekitar rumahmu. Catatlah hewan-hewan yang termasuk jenis avertebrata.

Demikianlah postingan materi tentang Lengkap !!! Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Tetap semangat dalam belajar jaga kebersihan lingkungan sekitar dan jangan lupa selalu cuci tangan dalam berbagai aktivitas.

2 comments for "Lengkap !!! Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5"