Kunci Jawaban Soal Tematik Tema 2 Kelas 6 Subtema 1 PB 2 Halaman 9, 10, 14, 15

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 9, 10, 14, 15 – Hallo sahabat semua selamat datang kembali di Blog kami yang khusus membahas mengenai soal-soal tematik lengkap beserta kunci jawabannya. Pada kesempatan ini kami membuat daftar isi kunci jawaban lengkap Tematik Tema 2 Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi edisi terbaru tentunya untuk mempermudah sahabat sekalian dalam menemukan kunci jawaban kelas 6 tema 2 setiap halamannya. Kami menyiapkan khusus dari berbagai sumber materi dan pembahasan terkhusus alternatif jawaban tematik kurikulum 2013 kami expert dalam bidang pendidikan, namun perlu diketahui bahwa setiap materi dan jawaban di blog ini hanya sebatas referensi dari berbagai sumber untuk mempermudah pemahaman terhadap materi tematik, yang tentunya sebenarnya sudah ada di mesin pencarian, kami hanya mengumpulkan dari berbagai sumber menjadi satu. Jadi sahabat sekalian jika ingin menjawab soal tematik, sahabat bisa memahami materi itu sendiri dan menjawab sesuai dengan pemahaman masing-masing.
Pembelajaran kelas 6 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 2 terdiri dari Mata Pelajaran Seni, Bahasa Indonesia dan Matematika. Buku Siswa SD/MI yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 6 adalah Buku Tematik Terbaru Kurikulum 2013 (K13) Revisi Tahun 2018.
Pada Pembelajaran 2 Subtema 1 yang bertemakan “Persatuan dalam Perbedaan” terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban dari soal yang terdapat pada halaman 9-15
Jawaban Tema 2 Kelas 6 Subtema 1 Persatuan dalam Perbedaan Pembelajaran 2 Halaman 9-15
Pelangi indah karena warna yang berbedabeda. Hidup berbangsa dan bertanah air indah jika kita hidup rukun walaupun berbeda-beda.
Ayo Mengamati
Amati gambar tentang masyarakat yang hidup rukun dalam perbedaan berikut!

Bacalah teks berikut!
Perbedaan yang Menguatkan
Kampung Cempaka adalah sebuah kampong transmigran. Warganya berasal dari berbagai daerah padat di Pulau Jawa. Hal itu menjadikan mereka berbeda suku maupun agama. Di Kampung Cempaka, hiduplah lima orang sahabat. Ada Asnah yang berdarah Sunda, Utami dari Banyuwangi, Toni, seorang anak etnis Tionghoa yang sebelumnya tinggal di Semarang, Wande dari suku Tengger di Jawa Timur, dan Marta, anak seorang pendeta yang dahulu tinggal di Solo. Di Kampung Cempaka, rumah mereka bersebelahan dan mereka pergi ke sekolah yang sama. Itu sebabnya mereka sangat akrab. Mereka suka bermain bersama dan sering menghabiskan waktu di rumah satu sama lain. Meskipun berbeda suku, kebersamaan begitu kental terlihat dalam keseharian mereka. Bersama anak-anak lain di Kampung Cempaka, mereka setiap akhir minggu berkumpul di balai utama kampung. Biasanya, selain berolahraga bersama, mereka juga kerap berkeliling ke rumah warga, membantu melakukan apa saja yang dibutuhkan warga. Kadang-kadang mereka membantu warga lanjut usia, sekadar membereskan rumah atau menyiapkan makanan. Sesekali mereka juga membantu orang tua yang sedang bekerja bakti membersihkan lingkungan. Dari Toni, mereka belajar menari Barongsai. Lalu mereka ajarkan tarian itu kepada anak-anak sekampung. Sementara itu, setiap tiba saat panen, Wande dan keluarganya akan sibuk memimpin warga membuat Tumpeng Gede, yaitu nasi khas dari daerah Tengger yang dibuat untuk mensyukuri berkah Tuhan dalam wujud panen raya. Sikap toleransi yang ditunjukkan kelima sahabat itu memang sekadar berupa hal-hal kecil. Hal kecil dalam keseharian itulah yang mencerminkan kehidupan Bhinneka Tunggal Ika di Kampung Cempaka yang kaya akan perbedaan. Mereka hidup damai berdampingan dan tulus saling menjaga.
Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Halaman 9, 10
(Catatan: Alternatif Jawaban diawali dengan tanda sama dengan “=”)Soal beserta jawaban:
Setelah mengamati gambar dan membaca teks tentang hidup rukun dalam perbedaan, tulis hal yang kamu ingin ketahui lebih lanjut dalam bentuk pertanyaan!
=Aku ingin mengenal lebih dekat tentang kerukunan dan toleransi antar suku dan umat beragama.
Tulis kesimpulan tentang persatuan melalui hidup rukun dalam perbedaan pada bagan berikut!
Apa perbedaan yang ada? =Perbedaan suku, etnis dan agama.
Bagaimana Menyikapinya?
=Kita harus bersikap toleran dan tentunya menjaga kekeluargaan serta keharmonisan.
Apa Manfaat Hidup Rukun?
=Kehidupan yang lebih harmonis, mempunyai banyak teman, menghindari perseteruan, keadaan yang lebih tentram dan aman, serta banyak lagi yang lainnya.

Ceritakan pengalamanmu tentang hidup rukun di sekolah atau lingkungan tempat tinggalmu sebagai penerapan persatuan! Jelaskan tentang:
Perbedaan yang ada
=Ada beberapa perbedaan yaitu, suku, agama, etnis dan ras. Diantara perbedaan ini masyarakat Indonesia tentu sudah terbiasa dan dapat menjaga keharmonisan diantara mereka.
Kegiatan yang dilakukan teman/warga bersama-sama secara rukun
=Kerja bakti berupa membersihkan lingkungan, berolahraga bersama, membuatkan orang tua makanan dan banyak lagi yang lainnya.
Sikapmu atau sikap keluargamu terhadap perbedaan yang ada
=Tetap tenang dan menghargai semua perbedaan yang ada, karena dengan cara ini kita bisa menjaga kerukunan diantara sesame.
Manfaat yang kamu rasakan dari persatuan dalam perbedaan.
=Lebih merasa tenang, tentram, damai dan aman dengan suasana yang ada.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Halaman 14
(Catatan: Alternatif Jawaban diawali dengan tanda sama dengan “=”)Soal dan Jawaban:
Temukan berbagai tari daerahmu! Sebutkan pola lantai tariannya!
=Tari Serimpi yang berasal dari Jawa Barat yang memiliki pola lantai garis vertikal, Tari Gending Sriwijaya yang berasal dari Sumatera Selatan yang memiliki pola lantai garis diagonal, dan Tari Randai yang berasal dari Sumatera Barat yang memiliki pola lantai garis melengkung.
Praktikkan pola lantai satu tarian bersama kelompokmu dan tuliskan langkah langkahnya! Kamu bisa menambah menggambar pola lantai tersebut.
=Untuk mempraktikkannya, kamu bisa melakukannya sendiri dan mengikuti pola sebagai berikut:
- Pola Lantai Garis Diagonal. Penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri.
- Pola Lantai Garis Vertikal. Penari membentuk garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya.
- Pola lantai garis Melengkung. Penari membentuk garis lingkaran.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Halaman 15
Ayo Mencoba(Catatan: Alternatif Jawaban diawali dengan tanda sama dengan “=”)
Soal dan Jawaban
1. Didit adalah adik siti. Ia baru saja membeli kue. Namun, ia sangat kecewa karena ukuran kue yang dibelinya tidak sesuai harapannya. Didit menunjukkan kuenya kepada kakaknya. Ukuran kue Didit yang dibelinya adalah 1/4. Ia heran mengapa besaran kuenya lebih kecil dari ukuran kue yang 1/2. Siti dan teman-temannya membantu Didit menemukan jawabannya. Tahukah kamu apa yang terjadi? Kamu pun bisa membantu Didit. Kamu bisa menggunakan gambar untuk melengkapi jawabanmu.
=Didit memiliki kue yang berukuran 1/4
1/4 Lebih kecil dari 1/2 Karena kue yang dibeli oleh Didit dapat digambarkan sebagai berikut:

2. Didit ingin mengurutkan beberapa bilangan pecahan berikut ini.

3. Siti, Udin, Dayu, Beni, Edo dan Lani memiliki latar belakang yang berbeda. Namun, mereka tidak mempermasalahkan latar belakang tersebut. Mereka dengan senang hati membantu Didit, adik Siti untuk belajar pecahan.
Ayo Renungkan
- Bagaimana sikapmu selama mengerjakan tugas?
- Apakah kamu dapat berdiskusi dengan temanmu?
- Apakah kamu bersedia menerima saran mereka?
- Apakah masih ada materi yang membingungkanmu?
Kerja Sama dengan Orang Tua
- Perhatikanlah lingkunganmu! Adakah sikap baik yang bisa kamu contoh dari penerapan hidup rukun dalam perbedaan?
- Sampaikan hasilnya kepada gurumu!
Demikianlah pembahasan tematik tentang Kunci Jawaban Soal Tematik Tema 2 Kelas 6 Subtema 1 PB 2 Halaman 9, 10, 14, 15, semoga benar dapat memberikan manfaat untuk semua dan semoga pada belajar daring online ini kita selalu diberikan kemudahan untuk menjalankan proses belajar walaupun dari rumah.
Post a Comment for "Kunci Jawaban Soal Tematik Tema 2 Kelas 6 Subtema 1 PB 2 Halaman 9, 10, 14, 15"