Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Halaman 77, 78, 79, 81, 84, 85

Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 4 Halaman 77, 78, 79, 81, 84, 85 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 temanya adalah tentang Kebersamaan dalam Keberagaman dalam pembelajaran 1 Materi dan Alternatif Jawaban Tematik mengenai Bekerja sama dalam Keberagaman.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 77, 78, 79, 81, 84, 85

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 4 merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 77-85 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 77-85

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 77-85
Ayo Membaca
Suku, budaya, dan agama yang berbeda tidak menghalangi Udin, Siti, Dayu, Beni, Lani, dan Edo menjalani kebersamaan. Mereka berbagi cerita tentang budaya masing-masing dan saling belajar. Hari-hari mereka penuh keceriaan dalam kebersamaan. Hari ini mereka berkumpul bersama untuk bekerjasama.

Bacalah teks berikut dalam hati!

Bekerja sama dalam Keberagaman
Edo dan kelima temannya mendapat tugas untuk melakukan percobaan tentang bunyi. Sepulang sekolah, mereka berkumpul di rumahnya. Setiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Lina dan Siti membawa beberapa kaleng yang sudah dilubangi. Udin dan Beni membawa benang kasur. Mereka berkumpul di halaman depan rumah. Keenam sekawan siap bekerja sama melakukan percobaan.

Saat percobaan akan dimulai, tiba-tiba terdengar adzan. Siti dan Udin meminta izin teman-temannya untuk shalat. Teman-temannya mengijinkan mereka untuk melakukan ibadah. Edo meminjamkan ruang makannya untuk digunakan Siti dan Udin Shalat. Meskipun Edo beragama Protestan, ia tidak keberatan rumahnya dipakai untuk shalat. Beni yang beragama Protestan, Dayu yang beragama Hindu, dan Lani yang beragama Budha menunggu dengan sabar temannya beribadah. Keenam sahabat selalu menghargai satu dengan yang lain.

Tiba saatnya keenam sekawan melakukan percobaan. Setiap orang menunjukkan tanggung jawabnya dalam bekerja. Tidak ada satu pun di antara mereka yang duduk diam atau memberi perintah saja. Semuanya ikut bagian dalam percobaan.

Saat Dayu membutuhkan pertolongan memotong benang, Udin datang membawakan gunting. Saat Edo kesulitan menalikan benang di kaleng, Siti ikut membantu. Keenam sahabat bekerjasama dengan semangat. Mereka hidup rukun, saling membantu meskipun berbeda agama.

Kunci Jawaban Tematik Tema 1 Kelas 4 Halaman 77

Bacalah setiap paragraf dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya pada diagram yang telah disediakan.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 77

Kunci Jawaban Tematik Tema 1 Kelas 4 Halaman 78, 79

Kunci Jawaban Tematik Tema 1 Kelas 4 Halaman 78, 79

Setelah melakukan percobaan tentang perambatan bunyi, Edo dan sahabatnya juga belajar bersama tentang sumber bunyi. Mereka membaca buku yang menyatakan bahwa telinga bisa mengetahui sumber bunyi . Ayo, kita membuktikannya dengan melakukan percobaan.

Di manakah Bunyi?
Tujuan: Mengidentifikasi sumber dan tempat bunyi berasal.
Alat dan Bahan:
Alat musik tradisional setempat (misalnya angklung)
Langkah Kerja:
  1. Duduklah di kursi dan tutup matamu dengan kain. Mintalah temanmu untuk memainkan alat musik tradisional (misalnya angklung) di sekitarmu.
  2. Tunjuklah tempat yang kamu anggap sebagai asal bunyi. Berapa kalikah kamu menebak dengan tepat?

Kunci Jawaban Tematik Tema 1 Kelas 4 Halaman 81

Buatlah laporan dari salah satu percobaan yang kamu lakukan!

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 81

Indera Pendengar Manusia

Dengan indera pendengar, kita dapat mendengar bunyibunyi yang berbeda. Keanekaragaman bunyi yang berasal dari tempat ibadah dapat pula kita dengarkan.

Indonesia terdiri atas beragam agama. Perbedaan yang ada membutuhkan toleransi di antara pemeluknya. Pahamilah teks berikut dan diskusikan isinya dengan temanmu.

Belajar dari Cerita
Pak Burhan selalu memulai kegiatan di kelas dengan berbagi cerita. Bukan Pak Burhan yang bercerita, tetapi anak-anak di kelas yang bergantian bercerita. Berbagi cerita selalu dinantikan oleh anak-anak. Semua ingin memperoleh kesempatan bercerita.

Pagi ini, Pak Burhan mengajak anak-anak berbagi cerita seputar hari raya. “Sehari sebelum hari Natal, yaitu di tanggal 24 Desember, aku dan keluarga berkumpul di rumah Opa.” ujar Edo. “Di hari itu, Oma pasti memasak makanan spesial yang jarang dimasaknya di hari lain. Papeda juga menjadi makanan spesial yang terhidang di malam Natal. Kami sekeluarga berkumpul hingga larut malam, dan mengakhiri malam dengan berdoa. “Nah, kalau di hari Natal, pada tanggal 25 Desember, kami sekeluarga pergi beribadah Natal di gereja.

“Wah, ternyata hampir sama seperti hari raya Idul Fitri ya” ujar Siti.

“Kami pun di hari Idul Fitri selalu berkumpul dan saling memohon maaf dengan kerabat dan saudara setelah ibadah di Masjid,” tambahnya.

“Iya ya, sama seperti Edo pada hari Natal, saat Idul Fitri juga selalu ada makanan spesial, yaitu ketupat dan opor ayam.” Udin menambahkan komentar Siti.

“Di Bali, menjelang hari raya Galungan seluruh kampung selalu ramai dihiasi oleh penjor atau janur yang tinggi. Kami sekeluarga lebih sering pulang ke Bali menjelang hari raya Galungan agar bisa berkumpul dengan sanak saudara di sana. Sebelum merayakan bersama, keluarga melakukan kegiatan ibadah di Pura pada pagi hari,” kata Dayu.

“Ah, semua sudah bercerita. Aku juga mau bercerita, Pak. Boleh ya, hari ini banyak yang berbagi cerita.” pinta Lani. Pak Burhan dan teman-teman sekelas tertawa.

“Tentu saja boleh, Lani. Ayo, sekarang giliranmu bercerita.” ujar Pak Burhan.

“Nah, kamu pasti belum pernah mendengar cerita tentang kebiasaan keluargaku di hari raya Waisak. Sebenarnya sih tidak banyak berbeda. Ibu dan nenekku biasanya juga membuat masakan spesial menjelang hari raya Waisak. Saat ini nenekku yang paling tua, jadi semua keluarga akan datang ke rumahku untuk berkumpul pada hari Waisak. Selain menyediakan makan untuk keluarga, pada hari tersebut biasanya kami pun berbuat kebaikan bagi orang lain yang membutuhkan. Vihara, rumah ibadah kami pun dipenuhi cahaya lilin dari umat yang hadir untuk menjalankan ritual ibadah di sana.” Lani mengakhiri ceritanya.

“Berbagi cerita memang selalu menyenangkan. Kita bisa belajar dari banyak cerita, juga belajar dari teman yang berbeda.” ujar Pak Burhan menutup kegiatan pagi ini.

Kunci Jawaban Tematik Tema 1 Kelas 4 Halaman 84, 85

Berdasarkan cerita di atas, jawablah pertanyaan berikut.
1. Apakah perbedaan yang dimiliki oleh enam sekawan menghalangi mereka untuk berteman dan bekerja sama? Jelaskan!
Mereka tetap berteman tanpa terhalangi oleh perbedaan agama mereka.
Perbedaan tidak menghalangi untuk berteman dan berkerjasama, karena dengan perbedaan yang ada, mereka dapat saling melengkapi dan saling belajar untuk mengatasi kelemahan dan memanfaatkan potensi yang mereka miliki dalam mengerjakan tugas sekolah.

2. Bagaimana sikapmu jika kamu bermain dengan teman yang berbeda agama?
Bermain dengan teman yang berbeda agama sebaiknya kita memberikan toleransi untuk menjalankan ibadah sesuai agamanya masing-masing. Tetap menghormati, saling menghargai, tidak membeda bedakan teman.

3. Ceritakan pengalamanmu memiliki teman yang berbeda agama. Perbedaan apa yang kamu ketahui? Bagaimana sikapmu terhadap perbedaan tersebut?
Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dengan agama yang berbeda, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Perbedaan agama bukan menjadi penghalang untuk tetap menjunjung persatuan dan kesatuan. Sikap saling menghargai dan bekerjasama antar pemeluk agama yang berbeda menjadi modal dasar untuk menjaga keutuhan NKRI

Ayo Renungkan
  • Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini? 
  • Apa manfaatnya bagi kehidupanmu sehari-hari? 
  • Bagaimana cara kamu mensyukuri nikmat yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa?

Kerja Sama dengan Orang Tua
Diskusikan dengan orang tua mengenai contoh-contoh kerukunan dalam keragaman agama di sekitar rumahmu.

Demikianlah postingan materi tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Halaman 77, 78, 79, 81, 84, 85 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Pembelajaran 1 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

3 comments for "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Halaman 77, 78, 79, 81, 84, 85"

  1. Sebagai orang tua murid, ini sangat membantu bagi kami untuk mendidik anak anak kami terkait situasi covid yg belum juga usai. Setidaknya kami bisa mendapatkan panduan untuk mendidik anak anak kami dengan baik dan benar . Pernah seseorang bergurau dengan mengatakan kepada anak kami sebelum masuk TK bahwa 2x2=5. Karna itu hal pertama yg ia dengar, butuh waktu yg cukup pajang bagi kami untuk meyakinkannya bahwa 2x2=4. Tidak mudah menuangkan hasil fikiran kedalam tulisan, tak mudah merangkai kata yg mudah dimengerti. Untuk itu kami sangat bersyukur dengan adanya kunci jawaban ini, sebab bila kami salah memberi jawaban terhadap anak kami, tentu butuh waktu yg sangat panjang untuk membenarkannya

    ReplyDelete