Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 9 Halaman 93, 94, 95, 97, 98

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 93, 94, 95, 97, 98 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 2 temanya adalah tentang Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia dalam pembelajaran 6 Materi dan Alternatif Jawaban Tematik mengenai Usaha-Usaha Masyarakat dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Alam

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 93, 94, 95, 97, 98

Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 6 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar  untuk adik-adik semua. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban tematik Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 93-98

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 93-98

1. Kerja sama warga masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan
Anggota masyarakat merupakan unsur yang menikmati sumber daya alam sekaligus unsur yang merasakan langsung dampak jika terjadi kerusakan lingkungan. Oleh karena itu, setiap anggota masyarakat berkewajiban bahu-membahu dan bekerja sama dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 9 Subtema 2 Pembelajaran 6

Berikut upaya-upaya yang dapat dilakukan secara berkerja sama dalam menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam di dalamnya
a. Melaksanakan kerja bakti kebersihan secara rutin.
b. Saling mengingatkan jika ada yang merusak lingkungan.
c. Melakukan kegiatan reboisasi di lingkungan sekitar tempat tinggal.

d. Mengelola sampah dengan baik

2. Kerja sama warga masyarakat dengan pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan
Kerja sama antara masyarakat dengan pemerintah dapat dilaksanakan dengan penetapan dan pelaksanaan peraturan dan program-program lingkungan hidup.
a. Memberikan sanksi sepadan kepada perusak lingkungan.
b. Memberikan hadiah dan penghargaan kepada pribadi ataupun kota yang menjaga kelestarian lingkungan seperti adipura dan kalpataru.
c. Membentuk LMDH atau Lembaga Masyarakat Desa Hutan untuk mengontrol secara swadaya kelestarian hutan.
d. Menyediakan tempat pembuangan sampah. Jika masyarakat dan pemerintah telah melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan, maka manfaat dari lingkungan pun bisa kita dapatkan. Manfaat
tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Hidup aman terhindar dari bencana alam.
  2. Hasil alam yang melimpah.
  3. Hidup nyaman karena lingkungan asri dan udara bersih.
  4. Kebutuhan tercukupi dengan baik karena telah disediakan alam.
  5. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengelola dan memanfaatkansumber daya alam.
  6. Sumber daya alam yang terjaga dengan baik menjadi modal pembangunan.


Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 93

Ayo Mengamati
Amati perilaku dan kegiatan-kegiatan masyarakat di sekitar tempat tinggalmu berkaitan dengan usaha-usahanya dalam menjaga kelestarian lingkungan alam beserta manfaat yang bisa dirasakan.

Tuliskan pada tabel berikut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 93

1. Tidak menebang pohon secara liar manfaatnya supaya tidak merusak lingkungan.

2. melakukan reboisasi Manfaatnya untuk penanaman kembali.

3. membuang sampah pada tempatnya manfaatnya agar masyarakatnya di siplin.

4. Tidak membuang sampah sembarangan manfaatnya agar terhindar dari banjir.

5. Bergotong royong membersihkan lingkungan manfaatnya agar lingkungannya terlihat bersih.

6. Menggunakan sistem tebang pilih. agar masyarakatnya bisa memilah milih pohon yang bisa di tebang.

7. Merawat tanaman di sekitar lingkungan kita Manfaatnya untuk menjaga lingkungan di sekitar kita.

8. Menanam tumbuhan agar lingkungan kita bersih, nyaman, dan indah.

9. Menjaga lingkungan manfaatnya agar lingkungan indah, dan bersih.

10. Ikut menjaga lingkungan dan membantu manfaatnya agar perkerjaan menjadi ringan.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 94

Ayo Mengamati
Berikan contoh bentuk-bentuk kerja bakti sebagai pelaksanaan kewajiban
terhadap lingkungan

  • a. Lingkungan rumah. Contoh: membersihkan halaman rumah bersama-sama, berbagi tugas membersihkan ruangan dalam rumah dan lain sebagainya.
  • b. Lingkungan sekolah. Contoh: melaksanakan piket kelas bersama-sama, gotong royong menghias sekolah jelang perayaan hari kemerdekaan, bersama-sama membersihkan perpustakaan sekolah.
  • c. Lingkungan masyarakat. Contoh: gotong royong membangun jembatan umum, kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 95

Ayo Berlatih
Amatilah perilaku orang-orang di sekitarmu! Sebut dan identifikasikan perilaku-perilaku yang menujukkan pelaksanaan kewajiban dalam menjaga kelestarian lingkungan! Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/ bu uru, atau orang-orang lain di sekitarmu.

Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti kotak berikut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 95

Jawaban relatif berbeda-beda sesuai hasil wawancara jawaban dari narasumber

Ada banyak usaha yang dapat kita lakukan untuk menjaga lingkungan. Salah satunya adalah dengan mendaur ulang barang-barang bekas, dengan mendaur ulang lingkungan kita bersih dan kita pun dapat menghasilkan barang yang berguna.

Membuat Kereta Mainan Bertenaga Angin Jika kamu meminum minuman dalam kemasan, jangan dibuang bungkus kemasannya. Masih dapat kita jadikan sebagai mainan.

Membuat Kereta Mainan Bertenaga Angin Tema 9 kelas 4
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 97

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 97

1. Apa sumber energi kereta kertas?

Angin

2. Bagaimana kereta kertas bisa bergerak?

Kereta mainan ini begitu ringan, jika kita tiup bagian belakangnya, maka kereta akan bergerak maju. 

3. Tuliskan laporan dari hasil percobaan yang telah kamu lakukan!

Laporan

Tuliskan laporan dari hasil percobaan membuat kereta mainan bertenaga angin

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 98

Ayo Renungkan
1. Apa yang kamu pelajari hari ini?

Kerja sama warga masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan, Kerja Bakti Bentuk Pelaksanaan Kewajiban Masyarakat Terhadap Lingkungan

2. Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?

Berusaha Untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Alam

3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?

Keterampilan mewawancarai narasumber dan Membuat Kereta Mainan Bertenaga Angin


4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Lebih rajin belajar dan lebih disiplin lagi.

Demikianlah postingan materi tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 9 Halaman 93, 94, 95, 97, 98 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia Pembelajaran 6 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

4 comments for "Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 9 Halaman 93, 94, 95, 97, 98"