Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 9 Halaman 100, 101, 103, 104, 107, 108, 110, 111, 112, 113
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 100, 101, 103, 104, 107, 108, 110, 111, 112, 113 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 3 temanya adalah tentang Pelestarian Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia dalam pembelajaran 1 Materi dan Alternatif Jawaban Tematik mengenai pentingnya lingkungan alam dan sumber daya alam bagi
kehidupan manusia.
Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 1 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar untuk adik-adik semua. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban tematik Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 100-113
Baca Juga :
kehidupan manusia.
Buku Siswa Kelas 4 SD Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 1 ini sudah kaka sertakan lengkap dengan alternatif jawaban sehingga dapat dijadikan referensi dalam belajar untuk adik-adik semua. Baiklah langsung saja kita simak bersama alternatif jawaban tematik Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 100-113
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 9 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 100-113
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 100
Amatilah gambar di atas jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
Apa komentar atau pendapatmu melihat gambar-gambar di atas?
Baca Juga :
- Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 116, 117, 119
- Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 120, 121, 124, 125, 126, 127, 128
- Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 133, 134, 135, 136, 137
- Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 139, 140, 141, 142, 143, 144
- Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 146, 148, 149, 150
- GAMBAR A, gambar pertama menunjukkan masyarakat yang sedang bekerja bakti dan sepertinya sedang membangun atau memperbaiki saluran air. Pendapat saya sangat setuju, dengan kerja bakti pekerjaan akan terasa ringan karena beban terbagi, selain itu proses lebih cepat selesai. Kerja bakti juga bisa memperkuat persaudaraan antara sesama masyarakat.
- GAMBAR B, memperlihatkan seseorang yang sedang menebang pohon. Pendapat saya adalah tindakan ini bukan bagian dari pelestarian alam bahkan cenderung merugikan alam apalagi jika dilakukan secara ilegal atau melawan hukum. Pohon adalah paru-paru bumi, oleh sebab itu tindakan menebang pohon tidak bisa dilakukan sembarangan apalagi seenaknya.
- GAMBAR C, memeperlihatkan seseorang yang sedang berburu burung dengan menggunakan senapan. Pendapat saya adalah mengecam perbuatan ini, perburuan hewan liar apapun bentuknya apalagi hanya untuk kesenangan adalah perbuatan yang tidak bermoral dan sudah tentu bukan bagian dari pelestarian alam.
- GAMBAR D, memperlihatkan seorang bapak dan anaknya sedang menanam pohon. Pendapat saya adalah sangat setuju dengan tindakan ini, orangtua melibatkan anaknya langsung dalam melestarikan alam dengan menanam pohon.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 101
Menurutmu, gambar manakah yang menunjukkan usaha pelestarian lingkungan
alam ?
Menurutmu, gambar mana sajakah yang menujukkan perilaku merusak
lingkungan alam?
Jelaskan perilaku dan kegiatan manusia yang bisa berdampak positif maupun
negatif terhadap lingkungan!
alam ?
Gambar A dan Gambar D
Menurutmu, gambar mana sajakah yang menujukkan perilaku merusak
lingkungan alam?
Gambar B dan Gambar C
Jelaskan perilaku dan kegiatan manusia yang bisa berdampak positif maupun
negatif terhadap lingkungan!
Perilaku positif :
1. Membuang sampah di tempatnya.
2. Menebang pohon secara pohan pilih.
3. Melakukan kerja bakti secara rutin.
4. Melakukan reboisasi (menanam pohon kembali pada yg gundul ).
5. Tidak memburu hewan secara liar karena hewan akan musnah.
Perilaku negatif :
1. Tidak membuang sampah di tempatnya.
2. Menebang pohon secara sembarangan.
3. Tidak mau ikut kerja bakti secara rutin.
4. Tidak mau melakukan reboisasi
5. Memburu hewan secara liar
Ayo Membaca
Pemanfaatan Alam oleh Manusia
Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya seringkali menyebabkan kerusakan lingkungan. Manusia memanfaatkan seluruh bagian alam, baik abiotik (tak hidup) maupun biotik (hidup), secara berlebihan tanpa memikirkan akibatnya. Sekali manusia melakukannya dengan sembarangan, kerusakan lingkungan yang terjadi akan menyebabkan kerusakan lingkungan berikutnya. Manusia memanfaatkan lingkungan abiotik yaitu tanah dengan melakukan penggalian untuk mendapatkan bahan tambang yang berguna untuk berbagai keperluan. Batu bara, adalah salah satunya. Selain itu, berbagai jenis bahan logam mulia bernilai tinggi pun ditambang. Emas dan perak merupakan salah
satu bahan tambang logam mulia yang paling banyak dicari karena nilainya tinggi. Bahan tambang lain yang diambil dari bagian dalam lapisan bumi adalah nikel, timah, dan bauksit.
Tidak hanya lingkungan abiotik yang dimanfaatkan manusia. Hampir semua jenis tumbuhan dan hewan juga dimanfaatkan oleh manusia. Ada dua jenis hewan yaitu hewan peliharaan dan hewan liar yang hidup bebas di hutan. Manusia membudidayakan beberapa jenis hewan untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti ayam, sapi, beberapa jenis ikan, dan lainnya. Hewan-hewan yang tidak dibudidayakan, dan hidup bebas di hutan seringkali diburu manusia. Ada yang diburu untuk diambil kulitnya, bulunya, atau bagian tubuh lainnya seperti cula badak dan gading gajah. Perburuan manusia yang tidak terkendali menyebabkan menurunnya populasi hewan tersebut secara drastis. Apabila
hal tersebut dibiarkan, hewan tersebut akan mengalami kepunahan.
Demikian halnya dengan beberapa jenis tumbuhan. Beberapa jenis tumbuhan yang menjadi sumber makanan manusia, obat, dan peralatan rumah tangga, ditanam dan dibudidayakan. Beberapa tumbuhan mempunyai nilai ekonomi sangat tinggi, misalnya pohon jati dan pohon cendana. Tekstur kayu yang bagus dan kokoh pada kayu pohon jati sangat disukai para pembuat mebel. Kayu cendana mempunyai aroma yang khas dan diburu banyak orang untuk pembuatan minyak wangi, hiasan, kipas tangan, dan pigura.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 103
Buatlah pertanyaan dari bacaan di atas menggunakan beberapa
kata tanya. Tuliskan pertanyaanmu pada Kartu Tanya berikut!
Menentukan kalimat utama dari setiap paragraf
Bacalah kembali bacaan tersebut. Bersama teman sebangkumu carilah kalimat utama dan ide pokok dari setiap paragraf di depan.
Tuliskan kalimat utama dan ide pokok paragraf tersebut dalam tabel berikut.
Kamu telah membaca bacaan “Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan oleh Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem”. Temukan informasi-informasi penting pada bacaan tersebut. Selanjutnya, lakukan latihan
Lengkapilah peta pikiran berikut.
Sekarang ini banyak perilaku dan kegiatan orang-orang di sekitar kita yang justru merusak lingkungan alam. Apa saja perilaku dan kegiatan yang merusak lingkungan tersebut? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/ Ibu Guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.
Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.
kata tanya. Tuliskan pertanyaanmu pada Kartu Tanya berikut!
- Apa manfaat alam bagi manusia?
- Apa yang di maksud biotik?
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 104
Ayo MencobaMenentukan kalimat utama dari setiap paragraf
Bacalah kembali bacaan tersebut. Bersama teman sebangkumu carilah kalimat utama dan ide pokok dari setiap paragraf di depan.
Tuliskan kalimat utama dan ide pokok paragraf tersebut dalam tabel berikut.
Paragraf 1
Kalimat Utama : Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya seringkali menyebabkan kerusakan lingkungan
Ide Pokok : Pemanfaatan alam untuk memenuhi kebutuhan manusia bisa menimbulkan kerusakan
Paragraf 2
Kalimat Utama: Manusia memanfaatkan lingkungan abiotik, yaitu tanah dengan melakukan penggalian untuk mendapatkan bahan tambang yang berguna untuk berbagai keperluan.
Ide Pokok: Salah satu pemanfaatan alam adalah penambangan.
Paragraf 3
Kalimat utama: Manusia membudidayakan beberapa jenis hewan untuk memenuhi kebutuhan hidup, seperti ayam, sapi, dan beberapa jenis ikan, dan lainnya.
Ide pokok: Manusia membudidayakan hewan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Paragraf 4
Kalimat utama: Beberapa jenis tumbuhan yang menjadi sumber makanan manusia, obat, dan peralatan rumah tangga, ditanam dan dibudidayakan
Ide pokok: Manusia membudidayakan tumbuhan sebagai bahan makanan, obat, peralatan rumah tangga, hingga barang dagangan.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 107
Ayo BerlatihKamu telah membaca bacaan “Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan oleh Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem”. Temukan informasi-informasi penting pada bacaan tersebut. Selanjutnya, lakukan latihan
Lengkapilah peta pikiran berikut.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 108
Ayo BerlatihSekarang ini banyak perilaku dan kegiatan orang-orang di sekitar kita yang justru merusak lingkungan alam. Apa saja perilaku dan kegiatan yang merusak lingkungan tersebut? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/ Ibu Guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.
Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.
Nama : Durman
Pertanyaan yang diajukan: Apa saja perilaku dan kegiatan orang-orang di sekitar tempat tinggalmu yang dapat merusak lingkungan?
Hasil Wawancara:
Nama Narasumber :
Paman
Jawaban :
Pembakaran hutan saat membuka lahan pertanian
Nama Narasumber :
Bibi
Jawaban :
Membuang sampah sembarangan
Nama Narasumber :
Kakak
Jawaban :
Menangkap ikan dengan cara setrum
Nama Narasumber :
Saudara
Jawaban :
Berburu hewan secara liar
Kesimpulan :
Kita wajib menjaga kelestaran lingkungan
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 110, 111
Ayo Berlatih
Lengkapilah tabel tentang aturan hemat energi di rumah. Berikan tanda (Ceklis) apabila kamu melakukannya.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 112
Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan berikut:
Jelaskan hubungan sepeda motor dengan lingkungan!
Sepeda motor sangat merugikan bagi lingkungan, dikarenakan asap yang di buang sepeda motor mengandung zat berbahaya seperti karbon dioksida, karbon monoksida, dan zat lainnya. Hal ini dapat berimbas kepada lingkungan karena menimbulkan polusi
Bacalah bacaan di atas dengan saksama!
Buatlah beberapa pertanyaan dengan menggunakan kata tanya yang sesuai, lalu tuliskanlah pada Kartu Tanya di bawah ini!
- Seberapa bahayakah polusi udara dari sepeda motor bagi lingkungan?
- Berapakah jumlah pengguna motor di Indonesia?
- Berapakah bensin yang digunakan?
- Berapa banyak cadangan minyak bumi yang terkuras?
Bekerjalah di dalam kelompok piketmu! Diskusikanlah kartu-kartu tanya milik anggota kelompokmu, lalu cobalah untuk mencari jawaban. Tandailah beberapa kartu tanya yang memuat pertanyaan yang tidak dapat kamu jawab di dalam kelompokmu. Pertanyaan itu akan didiskusikan di dalam kelas
bersama teman-temanmu lainnya! Catatlah hasil diskusi kelompok dan diskusi kelas di dalam buku catatanmu.
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 113
Ayo Renungkan
1 Apa yang kamu pelajari hari ini?
Pentingnya lingkungan alam dan sumber daya alam bagi kehidupan manusia.
2 Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?
Manfaatnya yang dapat saya ambil adalah lebih memperhatikan lingkungan sekitar untuk dijaga.
3 Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?
Menjaga lingkungan
4 Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?
Mengulas kembali materi yang dipelajari hari ini, dan menyiapkan apa yang akan dipelajari besok.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Bersama orang tua atau anggota keluargamu lain, amatilah bendabenda elektronik di rumahmu. Catatlah dan urutkan benda-benda yang paling banyak menggunakan energi listrik (wattnya paling besar hingga kecil) danalat-alatnya.
Tuliskan hasilnya pada kolom berikut dan mintalah tanda tangan orang tua atau anggota keluargamu yang lain yang telah berkolaborasi denganmu!
Demikianlah postingan materi tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 9 Halaman 100, 101, 103, 104, 107, 108, 110, 111, 112 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku Subtema 3 Pelestarian Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia Pembelajaran 1 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 Tema 9 Halaman 100, 101, 103, 104, 107, 108, 110, 111, 112, 113"