Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 9 Kelas 6 Subtema 2 Halaman 109, 110, 112, 113-114, 116, 117

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 109, 110, 112, 113, 114, 116, 117 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 9 Menjelajah Luar Angkasa Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya Pembelajaran 4 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Dampak Modernisasi Terhadap Budaya Masyarakat.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 109, 110, 112, 113, 114, 116, 117

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar kelas 6 merupakan buku tematik terpadu kurikulum 2013 (K13) Revisi Tahun 2018
Pada pembahasan materi pembelajaran Kelas 6 Tema 9 Menjelajah Luar Angkasa Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya siswa harus menyelesaikan tugas secara mandiri setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik kelas 6 ini. Untuk membantu pemahan materi dan latihan soal tematik secara tepat berikut ini kami bagikan alternatif jawaban yang terdapat pada halaman 109-117

Jawaban Halaman 109 Tema 9 Kelas 6


Ayo Berdiskusi

Lakukan kegiatan berikut ini dengan memerhatikan instruksi yang diberikan

Membuat poster

Dengan menggunakan bacaan di atas dan juga menggunakan sumber informasi lainnya yang sesuai, buatlah sebuah poster. Postermu sebaiknya memuat beberapa hal berikut ini:

a. Bagaimana modernisasi memengaruhi gaya hidup dan cara berpikir masyarakat modern

b. Menjelaskan contoh setiap pengaruh modernisasi yang disebutkan dalam artikel. Contoh lain dapat didapatkan dari sumber informasi lain yang sesuai

c. Tulisan dan gambar keseluruhan jelas dan mudah dibaca. Kamu dapat menggunakan pensil warna atau spidol untuk memperjelas dan membuatnya menarik

Ayo Berlatih

Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.

1. Dengan menggunakan bacaan di atas, lengkapilah tabel berikut. Buatlah daftar dampak negatif modernisasi terhadap budaya bangsa, lalu cari tahu cara-cara mengatasinya

kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 109


Membuat Poster

Poster dampak negatif modernisasi dan cara penanggulangannya

Poster dampak negatif modernisasi tema 9 kelas 6


Jawaban Halaman 110 Tema 9 Kelas 6


Ayo Menulis

Berdasarkan kegiatan yang telah kamu lakukan, tuliskanlah kesimpulanmu tentang dampak modernisasi terhadap budaya masyarakat kita. Kamu dapat juga menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari.

kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 110

Jawaban Halaman 112 Tema 9 Kelas 6


Apa pendapatmu tentang cerita tersebut? Apakah kamu dapat memahami isi ceritanya? Kamu dapat menceritakan pemahamanmu tentang isi cerita tersebut melalui gambar yang kamu buat sendiri sesuai imajinasimu berdasarkan bacaan tersebut.

Cerita yang inspiratif. Cerita yang mampu memberi inspirasi bahwa pemenang adalah orang yang mampu menunjukkan kebesaran jiwa untuk menerima kekalahan.

Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 6 Halaman 112


Jawaban Halaman 113, 114 Tema 9 Kelas 6

Ayo Menulis

Berdasarkan cerita fiksi di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini secara mandiri.

A. Bagilah cerita di atas menjadi tiga bagian yaitu awal cerita, tengah, dan akhir cerita. Tentukanlah pokok pikiran pada bagian cerita tersebut. Lalu, tuliskanlah pokok pikiran atau ide cerita pada setiap bagian pada diagram berikut ini.

Judul :
Berbesar Hati Menerima Kekalahan

Pengarang :
Fitri Kurnia Sari

Pokok Pikiran Awal :
Edo menjauh dari Bagus yang merupakan sahabatnya

Pokok Pikiran Tengah :
Edo Mengalami musibah, kakinya tersandung meja dan terjatuh, kemudian ditolong oleh Bagus

Pokok Pikiran Akhir
Penjelasan Edo dan penyelesaian masalah Edo dengan Bagus

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 9 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 4

B. Bacalah kembali cerita di atas dan juga hasil pekerjaanmu sebelumnya. Bayangkanlah kamu ada di dalam cerita itu dan ingin menjelaskannya kepada temanmu dengan menggunakan sebuah gambar. Buatlah gambarmu dalam bentuk gambar berseri. Pada setiap gambarnya, kamu dapat memberikan keterangan tambahan. Gunakanlah kertas ukuran A4 kemudian bagi menjadi empat. Gunakanlah keempatnya untuk menggambarkannya.

C. Tukarkanlah gambarmu dengan temanmu yang lain dan mintalah pendapat mereka. Apakah ada persamaan dan perbedaan antara gambar dan keterangan yang kamu buat dengan milik temanmu? Diskusikan mengapa terjadi persamaan dan perbedaan .....(jawaban bervasiasi, tergantung teman diskusi)

Jawaban Halaman 116 Tema 9 Kelas 6


Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengalami beberapa kegiatan yang melibatkan musyawarah untuk mencapai mufakat. Berdasarkan artikel di atas, bersama dengan teman sebangkumu cobalah untuk mencari tahu dengan saksama bagaimana peristiwa persatuan dan kesatuan terdapat dalam peristiwa pengambilan keputusan bersama. Jelaskan juga bagaimana peristiwa tersebut berhubungan dengan sila-sila dalam Pancasila yang telah kamu pelajari sebelumnya. Tuliskanlah hasil diskusimu di atas selember kertas, lalu bacakanlah secara bergiliran di dalam diskusi kelas. Tempelkanlah hasil diskusimu di papan tulis.

Buatlah sebuah tabel untuk menjelaskan sikap-sikap apa saja yang diperlukan dalam musyawarah dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan. Pada sisi yang lain, sebutkan sikap sebaliknya yang dapat mengganggu atau mengancam terciptanya persatuan dan kesatuan dalam peristiwa tersebut. Perhatikanlah sikap mana saja yang telah kamu lakukan. Berilah tanda centang (⎷) terhadap sikap yang telah kamu lakukan dan tanda silang (x) untuk sikap-sikap yang tidak kamu ingin lakukan

kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 116


Jawaban Halaman 117 Tema 9 Kelas 6


5. Di akhir kegiatan, setiap siswa akan melakukan refleksi terhadap proses musyawarah dengan menjawab pertanyaan berikut ini:

a. Bagaimana proses berjalannya musyawarah?
Alternatif jawaban relatif sesuai musyawarah dari siswa masing-masing

b. Perbedaan pendapat apa saja yang telah muncul?
Alternatif jawaban relatif sesuai proses berjalannya musyawarah dari siswa masing-masing

c. Bagaimana cara pencapaian mufakat dari perbedaan pendapat tersebut?

  • Dengan melakukan diskusi-diskusi lebih intensif disertai pemberian opsi-opsi/pilihan-pilihan yang bisa dijadikan kesepakatan semua pihak dalam musyawarah
  • Dengan melakukan voting (mengambilan suara terbanyak)

d. Bagaimana peran pemimpin diskusi? Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi pemimpin diskusi?

  • Kemampuan memberi inspirasi/memupuk moral dan kreativitas anggota
  • Kemampuan bekerja sama dalam kelompok
  • Kemampuan membagi dan menyerahkan tanggung jawab/pembagian tugas /delegasi
  • Kemampuan berkomunikasi yang baik
  • Kemampuan menyusun rencana
  • Kemampuan mengajak anggota berdiskusi
  • Kemampuan memberikan bantuan kepada anggota diskusi

e. Apa peran pencatat kegiatan musyawarah? Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi pencatat kegiatan musyawarah?

Mencatat kegiatan/poin-poin penting dalam musyawarah.

  • Keterampilan dalam berkosentrasi mengetahui pembicaraan dalam musyawarah
  • Keterampilan mengungkapkan isi pikiran dengan tepat dan logis sehingga sesuai dengan yang dimaksud
  • Keterampilan menyimpan dokumen/notulen
  • Keterampilan mengetahui tema dan tujuan rapat
  • Keterampilan menilai dan sigap dalam menangkap hal-hal penting yang muncul dalam musyawarah
  • Keterampilan menyimpulkan pembicaraan dalam musyawarah

f. Bagaimana peran dan tanggung jawab peserta musyawarah?

Peran :
  • Menyetujui atau menolak pendapat orang lain
  • Mengikuti jalannya musyawarah
  • Mengeluarkan/menyampaikan pendapat dalam musyawarah

Tanggung jawab :
  • Menghargai pendapat orang lain
  • Menjaga suasana kondusif dalam musyawarah
  • Melaksanakan hasil keputusan musyawarah
  • Mengikuti aturan/tata tertib dalam musyawarah
  • Menghormati pendapat orang lain


kunci jawaban tema 9 kelas 6 subtema 2 halaman 117

g. Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi peserta musyawarah?

  • Kemampuan untuk mendengarkan pendapat orang lain dalam musyawarah
  • Kemampuan untuk bekerja sama dengan peserta musyawarah yang lain
  • Kemampuan untuk menerima dan melaksanakan setiap hasil keputusan musyawarah
  • Antusias/semangat mengikuti kegiatan musyawarah
  • Menghormati peserta lain
  • Sikap lapang dada dan berjiwa besar

h. Bagaimana kegiatan musyawarah ini dapat mempengaruhi persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitarmu?

Kesimpulan apa yang dapat kamu buat tentang kegiatan musyawarah yang dapat memengaruhi persatuan dan kesatuan masyarakat?

Kesimpuanku:
Bahwa dalam setiap musyawarah harus mengutamakan kepentingan bersama, harus ada semangat gotong royong, serta kekeluargaan, hasil musyawarah dapat dipertanggung jawabakan dan ditunjang oleh sikap lapang dada juga berjiwa besar, maka hasil musyawarah tersebut makin mempererat persatuan dan kesatuan untuk menemukan solusi bersama.

Demikanlah postingan mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 9 Kelas 6 Subtema 2 Halaman 109, 110, 112, 113-114, 116, 117, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 9 Kelas 6 Subtema 2 Halaman 109, 110, 112, 113-114, 116, 117"