Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 9 Kelas 6 Subtema 1 Halaman 17-18, 20, 22, 23, 25

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 17, 18, 20, 22, 23, 25 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 9 Menjelajah Luar Angkasa Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 3 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Ciri-Ciri Planet.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 17-18, 20, 22, 23, 25

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar kelas 6 merupakan buku tematik terpadu kurikulum 2013 (K13) Revisi Tahun 2018

Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 6 Subtema 1 PB 2 Halaman 17-25

Pada pembahasan materi pembelajaran Kelas 6 Tema 9 Bumiku Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan siswa harus menyelesaikan tugas secara mandiri setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik kelas 6 ini. Untuk membantu pemahan materi dan latihan soal tematik secara tepat berikut ini kami bagikan alternatif jawaban yang terdapat pada halaman 17-25

Jawaban Halaman 17 Tema 9 Kelas 6

Ayo Berdiskusi
Kamu telah membaca dan memahami bacaan “Mengenal Tata Surya”. Sekarang lakukanlah aktivitas kelompok berikut ini. Kamu juga sanggup mencari info dari sumber lain mirip internet atau surat kabar.

1. Bagilah kelas menjadi delapan kelompok sesuai dengan jumlah planet dalam tata surya dan Matahari.

2. Setiap kelompok akan mendapat cuilan untuk menemukan info penting dari semua planet dalam sistem tata surya dan Matahari.

3. Dengan memakai kertas karton ukuran A3, setiap kelompok akan menyajikan beberapa info sebagai berikut:
  • Gambar planet atau Matahari.
  • Informasi perihal ukuran, jarak dari Matahari atau urutan planet dari Matahari, diameter, serta kecepatan rotasi dan revolusi.
  • Semua info menarik yang menjadi keunikan planet tersebut.

4. Susunlah info tersebut sehingga tampilannya menarik dan gampang dipahami.

5. Tempelkan kertas yang berisi keterangan perihal anggota tata surya tersebut di dinding yang telah ditentukan.

6. Setiap kelompok akan mengamati info yang dibentuk oleh kelompok lain secara bergantian. Setiap anggota kelompok boleh menuliskan pertanyaan perihal anggota tata surya dari kelompok lain pada sebuah kertas kecil dan meletakkannya di dekatnya.

7. Dalam waktu yang ditentukan, setiap kelompok akan melaksanakan presentasi di depan kelas secara bergantian. Selain presentasi, setiap kelompok juga akan menjawab pertanyaan yang diajukan kelompok lain yang telah dituliskan sebelumnya.

8. Kelompok yang tidak melaksanakan presentasi akan mencatat info penting dan mengajukan pertanyaan bila diperlukan.

Jawaban Halaman 17 Tema 9 Kelas 6

Jawaban Halaman 18 Tema 9 Kelas 6

Ayo Menulis
Membuat pertanyaan merupakan salah satu cara untuk menyatakan rasa ingin tahu terhadap sesuatu yang sedang ada dalam pikiran kita. Membuat pertanyaan sanggup dibantu dengan memakai kata tanya.

Beberapa kata tanya tersebut telah sering kau gunakan: Apa, Mengapa, Siapa, Kapan, Di mana, dan Bagaimana.

Gunakan kata-kata tanya tersebut untuk membantumu menuliskan pertanyaan perihal hal-hal yang ingin kau ketahui lebih dalam perihal sistem tata surya kita! Tuliskan di daerah yang telah disediakan.

kunci jawaban tematik tema 9 kelas 6 subtema 1 halaman 18

Jawaban Halaman 20 Tema 9 Kelas 6


Ayo Mencoba

Cobalah untuk merancang model sederhana dari sistem tata surya kita. Berkerjalah bersama temanmu dalam kelompok yang terdiri atas 3-4 orang.

Pilihlah model dua dimensi terlebih dahulu dengan membuat gambar pada kertas ukuran A4. Tentukan planet-planet dari yang terkecil hingga terbesar, lalu gambarlah Matahari dengan ukuran yang sesuai dengan contoh.

Warnai dan namailah setiap anggota sistem tata surya sehingga mudah dilihat dan dipahami. Tunjukkan hasil kerjamu dengan menempelkannya di dinding kelas.

Jelaskanlah bagaimana kelompokmu membuatnya dan jelaskanlah urutan dalam sistem tata surya dengan percaya diri.

susunan tata surya dan planet planetnya halaman 20

Lani : “Dayu, kini saya semakin mengetahui bagaimana sistem tata surya kita bekerja, semakin saya mengagumi kebesaran Tuhan yang menciptakan ini semua terjadi, ya!”

Dayu : “Benar, Lani. Aku pun merasa kagum sekali terutama dengan keteraturan yang terjadi di alam semesta. Setiap anggota tata surya mempunyai keunikan sendiri dan senantiasa berada di jalur yang telah ditentukan untuknya. Aku tidak sanggup membayangkan bila ada planet yang tidak berada di tempatnya sendiri. Pasti akan berserakan sistem tata surya kita ya, Lan!”

Lani : “Ya, benar yang kau katakan, Dayu. Keteraturan dan ketaatan menciptakan semua anggota tata surya tetap berada di jalurnya dan melaksanakan kegiatannya tanpa terganggu planet lainnya.”

Dayu : “Hei! Sepertinya hal itu juga terjadi di sekeliling kita, ya! Sama dengan kendaraan dalam kemudian lintas kita! Kendaraan juga diatur biar tetap berada di jalurnya. Kalau ada yang melanggar, niscaya ada yang terganggu!”

Lani : “Ya kau benar Dayu. Hmmm… tampaknya saya pernah membaca kisah ibarat itu dalam salah satu dongeng fiksi.”

Baca Juga :

Jawaban Halaman 22 Tema 9 Kelas 6


Ayo Menulis

Kamu telah membaca cerita fiksi "Tetaplah Berada di Jalurmu!"

Berdasarkan cerita tersebut, gambarlah tokoh utama, tokoh tambahan, dan tempat peristiwa dengan menggunakan imajinasimu. Tuliskan juga ringkasan cerita tersebut. Ceritakanlah hasil pekerjaanmu di depan kelas dengan percaya diri.

Tokoh Utama :
Deo

Tempat/latar :
  • Trotoar jalan depan toko kelontong Pak Ahmad
  • Rumah Deo

Tokoh Tambahan :
Arsyad
Tempat/latar :
  • Trotoar jalan depan toko kelontong Pak Ahmad

Tokoh Tambahan :
Ibu
Tempat/latar :
Rumah Deo

Gambar tempat peristiwa dalam cerita :
Trotoar Toko

Kunci Jawaban Halaman 22 Tema 9 Kelas 6

Ringkasan jalan cerita

Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 2

Jawaban Halaman 23 Tema 9 Kelas 6


Ayo Mencoba

Bersama dengan teman sebangkumu, carilah sebuah cerita pendek anak di surat kabar atau majalah. Salin atau potong cerita pendek tersebut.

kunci jawaban buku tema 9 kelas 6 halaman 23

Tokoh utama :
Kelinci dan Kura-kura

Tokoh tambahan :
Monyet dan hewan lain

Tempat cerita :
Hutan

Jawaban Halaman 25 Tema 9 Kelas 6


Ayo Bernyanyi
Lagu “Ambilkan Bulan Bu” ciptaan AT Mahmud merupakan salah satu lagu belum dewasa yang popular dikala ini. Mari perhatikan lagu “Ambilkan Bulan Bu” berikut ini.

Sebelumnya, kau telah memahami wacana interval atau selang nada. Dengan memakai pemahamanmu wacana interval nada, lakukanlah acara berikut ini bersama dengan sahabat sebangkumu.
  1. Perhatikan dengan saksama setiap baris lagu “Ambilkan Bulan Bu”.
  2. Tentukan interval nada pada setiap barisnya dengan memilih nada pangkal, nada selang, nama kuantitas intervalnya.
  3.  Nyanyikanlah lagu tersebut dengan penuh penghayatan.

lagu ambilkan bulan bu dinyanyikan dengan tempo tema 9 kelas 6 halaman 25

Demikanlah postingan mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 9 Kelas 6 Subtema 1 Halaman 17-18, 20, 22, 23, 25, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 9 Kelas 6 Subtema 1 Halaman 17-18, 20, 22, 23, 25"