Latihan Soal B.Indonesia kelas X Semester 2 K13 lengkap dengan jawaban
30 Latihan Soal B.Indonesia kelas X Semester 2 K13 lengkap dengan jawaban
30 S0al essay B.Indonesia kelas X SMA/MA
1. Jelaskan wacana jenis-jenis biografi....
Jawaban: penulisan biografi sanggup berbentuk hanya beberapa baris kalimat, bahkan dalam bentuk buku. Untuk jenis biografi singkat hanya menjelaskan wacana fakta-fakta daru kehidupan seseorang serta tugas pentingnya, tetapi dikisahkan lebih detail serta dituliskan dengan gaya dongeng yang baik.
2. Sebutkan ciri-ciri dari teks biografi....
Jawaban:
a. Biografi mempunyai struktur yang terdiri atas orientasi, insiden atau masalah, serta reorientasi.
b. Biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk narasi.
c. Fakualnya (fakta) menurut pengalaman hidup seseorang yang dicertakan dalam tokoh biografi tersebut.
3. Jelaskan perbedaan antara biografi singkat dengan biografi panjang....
Jawaban: untuk biografi singkat hanya menjelaskan wacana fakta-fakta dari kehidupan seseorang serta tugas pentingnya. Adapun untuk biografi panjang mencakup banyak sekali informasi bersifat penting, tetapi dikisahkan lebih detail serta dituliskan dengan gaya dongeng yang baik.
4. Siapa saja yang sanggup diceritakan dalam teks biografi? Jelaskan dengan bahasamu sendiri dengan singkat....
Jawaban: Biografi sanggup mengisahkan wacana kehidupan seseorang tokoh penting atau populer maupun tidak terkenal. Namun, kebanyakan biografi bercerita wacana tokoh sejarah, tokoh idola, dan
Sebagainya.
5. Sebutkan manfaat yang diambil dari sebuah biografi.....
Jawaban: Manfaat biografi ialah sanggup meneladani sikap dan sikap tokoh, mempelajari makna hidup, dan mencontoh keberhasilan hidup tokoh.
6. Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan teks biografi....
Jawaban: a. Mengandung keaslian (autentik) sesuai dengan insiden bahwasanya dilengkapi bukti yang akurat.
b. Memberikan citra utuh wacana kepriadian tokoh dengan cara menguraikan secara seimbang antara kelebihan dan kekurangannya, mencakup prestasi yang pernah diraih, pengorbanan yang dilakukan, jasa yang pernah disumbangkan kepada bangsa dan negara, juga kebiasaan kurang baik yang dimiliki.
c. Disajikan dalam bentuk wacana yang indah berupa adonan antara narasi dan deksripsi.
d. Menggunakan pola penulisan utuh dan berkesinambungan meskipun di dalamnya terdiri atas bagian-bagian dongeng yang terpisah.
7. Bahan-bahan apa saja yang diharapkan dalam pembuatan biografi.....
Jawaban:
a. Bahan utama berupa benda-benda, ibarat buku harian, suarat-surat, kliping koran, dan sebagainya.
b. Bahan pendukung berupa biografi lain, buku tumpuan atau sejarah yang memaparkan peranan orangdalam biogarfi tersebut, dan sebagainya.
8. Mengapa ketika ini penyajian biografi ditulis secara kronologis....
Jawaban: penyajian biografi ketika ini, biasanya ditulis secara kronologis. Berdasarkan hal tersebut berarti teks biografi termasuk teks naratif yang tergolong pada teks marko. Sebagai teks makro, teks biografi mempunyai struktur teks yang tidak harus sama, bergantung pada bagaimana penulis memberikan citra wacana tokoh dan pristiwa yang dialaminya.
9. Sebutkan banyak sekali unsur kebahasaan yang aa dalam teks biografi....
Jawaban: Unsur- unsur kebahasaan yang ada dalam teks biografi, antara lain kata hubung, rujukan kata, waktu, aktivitas, tempat, dan kata kerja.
10. Jelaskan pengertian biografi menurut kata dasarnya....
Jawaban: Biografi berasala dari bahasa Yunani, bios berarti hidup dan graphien berarti tulis. Berdasarkan kata dasarnya tersebut, biografi sanggup diartikan sebagai sebuah goresan pena yang membahas wacana kehidupan seseorang.
11. Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam meresensi buku ilmiah....
Jawaban: a. Carilah dan tentukan buku fiksi dan buku nonfksi yang akan dibentuk resensi.
b. Catatlah identitas buku yang akan diresensi, ibarat jenis buku, judul buku, nema pengarang nama penerbit, tahun terbit, tahun cetak, jumlah halaman, jenis kertas, dan harga buku.
c. Catat dan pahami tujuan dana latar belakang penulisan buku, dengan cara membaca kata pengantar atau pendahuluan buku. Buatlah daftar pokok-pokok isi buku secara keseluruhan.
d. Tentukan kelebihan dan kekurangan isi buku
e. Tulis ringkasan materi dari buku yang dibentuk resensi secara terperinci dan sistematis.
f. Pada simpulan resensi berilah saran dan kesimpulan, apakah buku yang kita resensi tersebut layak dibaca atau tidak.
12. Mengapa buku nonfiksi lebih terkenal di kalangan pembaca yang tidak terlalu hobi membaca? Jelaskan disertai contoh....
Jawaban: karna mereka membeli buku-buku tersebut terdesak oleh kebutuhan. Misalnya, buku sukses bertanam mangga. Buku ini akan laris di pasaran, alasannya ialah kebutuhan orang yang ingin bertanam mangga dengan sukses. Dengan membeli buku ini, pembaca sanggup pribadi memperoleh informasi mengenai cara bertanam mengga yang baik tanpa berusaha payah harus bertanya pada ahlinya.
13. Jelaskan perbedaan antara buku fiksi dan nonfiksi.....
Jawaban: Buku fiksi merupakan buku yang berisi kisahan atau dongeng yan dibentuk menurut imajinasi atau imajinasi pengarang.buku nonfiksi merupakan buku yang dibentuk bedasarkan fakta, realita, atau hal-hal, yang benar-benar terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.
14. Sebutkan banyak sekali tujuan yang ingin dicapai dari pembuatan resensi buku ilmiah....
Jawaban: a. Membantu pembaca mengetahui gembaran dan evaluasi umum dari sebuah buku atau hasil karya lainnya secara ringkas.
b. Mengetahui kelebihan atau kelemahan buku yang diresensi.
c. Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan.
d. Menguji kualitas buku dengan membandingkan terhadap karya dari penulis yang sama atau penulis lainnya.
e. Memberi masukan kepada penulis buku berupa kritik dan saran terhadap cara penulisan, isi, dan subtansi buku.
Baca Juga
- 30 Contoh Soal pilihan ganda B.Indonesia kelas X semester ganjil kurikulum 2013 lengkap dengan kunci jawaban
- 25 Contoh Soal essay B.Indonesia kelas X semester ganjil kurikulum 2013 lengkap dengan kunci jawaban
- 30 Contoh soal pilihan ganda B.Indonesia kelas XI Semester genap kurikulum 2013 Lengkap dengan kunci jawaban
15. Baik buku fiksi maupun nonfiksi mempunyai tujuan sendiri yang ingin disampaikan kepada pembacanya. Jelaskan ihwal pernyataan tersebut....
Jawaban: sebagaia pemabaca kita diberi kebebasan untuk menentukan jenis buku yang paling disukai untuk dibaca atau membaca buku untuk tujuan tertentu, ibarat memberi motivasi pada diri sendiri dengan membaca buku motivasi atau buku budidaya yang akan memperlihatkan keterampilan khusus kepada pembacanya.
16. Sebutkan jenis-jenis buku fiksi dan nonfiksi....
Jawaban: jenis-jenis buku fiksi, antara lain novel, cerpen, drama, puisi, dan sebagainya. Jenis-jenis buku nonfiksi antara lain buku biografi, buku motivasi, buku keterampilan, dan sebagainya.
17. Apa yang dimaksud dengan resensi....
Jawaban: acara untuk mengulas atau menilai sebuah hasil karya baik itu berupa buku, novel, maupun film, dengan cara memaparkan data-data, sipnosis, dan kritikan terhadap karya tersebut.
18. Siapa saja biasanya yang menciptakan buku nonfiksi? Jelaskan disertai contoh....
Jawaban: dibentuk oleh profesioanal di bidangnya yang ingin menyebarluaskan ilmu pegetahuan yang dimilikinya. Misalnya, buku ihwal bisnis yang dibentuk oleh pembisnis sukses, buku motivasi yang dibentuk oleh motivator, dan sebagainya.
19. Apa yang dimaksud dengan menganalisis....
Jawaban: Menelaah ialah acara mengkaji sebuah teks untuk meneliti struktur dan bahasa teks tersebut secara mendalam.
20. Jelaskan unsur–unsur dalam pembuatan resensi....
Jawaban: a. Judul resensi harus memiiki keselarasan dengan isi resensi yang dibuat. Judul yang menarik juga akan memberi nilai lebih dari oada sebuah resensi.
b. isi resensi buku memuat ihwal sinopsis, ulasan singkat buku dengan kutipan secukupnya, keunggulan dan kelemahan buku, rumusan kerangka buku dan penggunaan bahasa.
C. Pada bab epilog biasanya berisi alasan kenapa buku tersebut ditulis dan kepada siapa buku tersebut ditujukan.
21. Mengapa puisi lebih bersifat konotaif bila dibandingkan dengan karya sastra lain....
Jawaban: karna banyak dipakai makna hias dan makna lambang. Dibandingkan dengan bentuk dengan bentuk karya sastra lain, puisi lebih bersifat konotatif. Bahasanya lebih banyak mengandung kemungkinan makna. Hal ini disebabkan ternjadinya pengonsentrasian atau pemadatan segenap kekuatan bahasa dalam puisi. Apabila dilihat dari segi bentuk penulisannya, puisi mempunyai suatu tata wajah atau penampilan khusus diatas kertas, yang biasa disebut tipografi.
22. Jelaskan yang dimaksud dengan struktur fisik puisi dan struktur batin puisi....
Jawaban: struktur fisik puisi merupakan unsur pembangun puisi yang bersifat fisik atau nampak dalam bentuk susunan kata-kata. Adapun struktur batin puisi merupakan unsur pembangun puisi yang tidak tampak eksklusif dalam penulisan kata-katanya.
23. Jelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam mendemonstrasikan antologi puisi....
Jawaban:
a. Vokal merupakan hal pertama yang harus diperhatikan dalam membacakan puisi. Suara yang lantang, bersih, dan jernih akan sangat besar lengan berkuasa dalam mendemonstrasikan puisi. Dalam hal ini, vokal mencangkup artikulasi, diksi, tempo, dinamika, modulasi, intonasi, jeda, dan pernapasaan.
b. Penampilan merupakan faktor lain untuk keberhasilan seseorang dalam membaca puisi. Penampilan ini berkaitan dengan kepribadian atau performance sesorang diatas pentas ketika mempersembahkan sebuah puisi.usahakan terkesan tenang, tak gelisa, tak gugup, berwibawa dan meyakinkan serta mengasyikan (tidak demam panggung). Hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan penampilan ketika mendemonstrasikan antologi puisi, antara lain gerak, komunikasi, ekspresi, dan konsentrasi.
24. Apa yang dimaksud dengan antologi puisi....
Jawaban: buku yang memuat kumpulan puisi, baik dari seorang penyair atau beberapa penyair.
25. Sebutkan jenis-jenis puisi baru....
Jawaban: Belanda, Himne, Ode, Epigram, Romansa, Elegi, Soneta, dan sebagainya.
26. Bagaimana cara mendemonstrasikan antologi puisi....
Jawaban: Mendemonstrasikan antalogi puisi akan berbeda dengan membaca sebuah teks cerita. Penjiwaan dan penghayatan dalam demonstrasi atau musikalisasi antalogi puisi harus diperhatikan. Kita juga harus memperhatikan lafal dan intonasi yang jelas. Memahami isi puisi yaitu upaya awal yang harus dilakukan oleh pembaca puisi supaya sanggup mengungkapkan makna tersirat dari untaian kata yang tersirat.
27. Sebutkan ciri-ciri antalogi puisi....
Jawaban:
a. Terdiri atas beberapa puisi.
b. Karya dari seorang penulis atau beberapa penulis.
28. Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan untuk memahami makna puisi....
Jawaban: a. Menemukan kata kunci dalam setiap baris atau lirik karna kata-kata tersebut merupakan inti baris tersebut.
b. Menguraikan bait puisi ke dalam bentuk prosa atau parafrasa.
c. Menafsirkan makan kata.
d. Mengaitkan isi puisi dengan kehidupan nyata.
29. Jelaskan wacana unsur intrinsik puisi....
Jawaban:
a. Tema, gagasan pokok atau inspirasi yang menjadi dasar suatu puisi.
b. suasana merupakan unsur pemikiran dan perasaan penyair yang bisa menciptakan suatu suasana terhadap pembaca atau pendengar sesudah membaca atau mendengar suatu puisi.
c. Imaji merupakan citra yang ditimbulkan ketika membaca puisi tersebut melalui indra manusia, pendengaran, pengelihatan, perabaan, dan sebagainya.
d. Simbol merupakan unsur puisi yang menyatakan bahwa kata-kata dalam puisi sebagai suatu lambang untuk maksud dan tujuan yang lain.
e. Musikalitas puisi (nada/bunyi), sebuah puisi disusun atas kata-kata tertentu yang penuh makna dan indah untuk didengar yang berfungsi terhadap keseluruhan makna yang terdapat dalam puisinya.
f. Gaya bahasa merupakan cara penyair memberikan pikiran dan perasaan ketika menciptakan puisi tersebut.
g. Amanat merupakan pesan dari penyair kepada pembaca atau pendengar sesudah memahami tema, bunyi, dan makna dalam puisi tersbut.
30. Mengapa setiap penyair mempunyai gaya bahasa yang berbeda-beda....
Jawaban: setiap penyair mempunyai gaya bahasa yang berbeda-beda, sesuai dengan pikiran dan perasaan ketika menciptakan puisitersebut. Ada beberapa hal yang menjadikan perbedaan pemilihan kata pada puisi, ibarat bedanya zaman, pengalaman hidup penyair, perbedaan daerah budaya, dan sebagainya.
Demikianlah Latihan Soal B.Indonesia kelas X Semester 2 K13 lengkap dengan jawaban, semoga bermanfaat.
Post a Comment for "Latihan Soal B.Indonesia kelas X Semester 2 K13 lengkap dengan jawaban"