Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

30 Latihan PG B.Indonesia kelas XI Semester ganjil kurikulum 2013 Beserta Kunci Jawabannya

30 Contoh soal pilihan ganda B.Indonesia kelas XI Semester ganjil kurikulum 2013 lengkap dengan jawaban

30 Contoh soal pilihan ganda B.Indonesia kelas XI Semester ganjil kurikulum 2013, soal-soal pilihan ganda B.Indonesia kelas XI semester ganjil k13 SMA/MA lengkap dengan kunci jawaban

30 S0al pilihan ganda B.Indonesia kelas XI SMA/MA

1. Perhatikan drama pendek berikut!
Bimo : “San, kamu jadi ikut program magister di UI?”
Sandi : “Jadi, kenapa memangnya?”
Bimo : “Saya udah daftar tapi bingung bayarnya ….”
Sandi : “Bayar di atm aja lebih simpel gak pake antre.”
Bimo : “ Oh bisa ya?”
Sandi : “Nah, cara pembayaran melalui ATM itu lebih mudah, pertama masuk ke menu Transaksi      Lainnya, lalu pilih menu Pembayaran, pilih menu Pendidikan, setelah itu kamu masukan nomor pelanggan.”
Bimo : “Nomor pelanggan maksudnya?”
Sandi : “Masukan kode institusi dan nomor registrasi. Contohnya, kode UI itu 050 dan setelah itu masukkan nomor registrasi kamu …. Setelah itu, ikuti petunjuknya saja … gampang kan?”
Judul teks prosedur kompleks yang tepat berdasarkan dialog drama tersebut adalah ….
a. Tata Cara Pendaftaran Program Magister UI
b. Prosedur Registrasi Ujian UI
c. Prosedur Pembayaran Registrasi Program Magister UI via ATM
d. Tata Cara Membuka Rekening di Bank
e. Tata Cara Pembayaran Registrasi Program Magister UI
Jawaban: c. Prosedur Pembayaran Registrasi Program Magister UI via ATM
Pembahasan:
Judul teks procedural kompleks dapat dilihat dari tujuan dan langkah-langkah yang muncul dalam drama di atas. Tujuan prosedur kompleks pada drama tersebut muncul pada dialog tuturan ketiga sandi, yaitu mudahnya melakukan pembayaran registrasi program magister SIMAK melalui ATM BNI. Dengan demikian, judul yang tepat adalah Prosedur Pembayaran Registrasi Program Magister SIMAK UI via ATM.

2. Cermatilah teks berikut!
Siapkan baskom yang sudah dibersihkan! Cucilah daun cincau hijau yang baru dipetik, masukan dalam baskom! Kemudian lumatkan dengan tangan yang sudah bersih! Sambil dilumatkan, berilah air matang sedikit demi sedikit, kemudian diremas, sehingga terasa lekat di tangan! Campurkan irisan daun pandan sewaktu pelumatan! Setelah terbentuk galatin (cairan kental) disaring dan ditampung pada panic yang telah disiapkan. Pelumasan dan penyaringan diteruskan hingga gelatin tidak lekat lagi.
a. kemudian, sehingga, dan
b. siapkan, masukkan, campurkan
c. kemudian, siapkan, disaring
d. setelah, campurkan, ditampung
e. campurkan, dan, disiapkan
Jawaban: a. kemudian, sehingga, dan
Pembahasan:
Kata hubung dapat disebut dengan kata hubung, kata yang hubung yang tepat dalam teks tersebut kemudian, sehingga, dan.

Cermatilah teks prosedur berikut untuk menjawab nomor 2 dan 4!
Proses pembuatan nata de coco
1. Saringlah air kelapa menggunakan saringan halus! Ini untuk menghilangkan, pecahan tempurung, serat sabut, atau kotoran lainnya.
2. Panaskan air kelapa tadi selama 30 menit!
3. Selama pemanasan berlangsung, masukan bahan tambahan lainnya!
4. Sebelum pemanasan selesai tambahkan asam cuka hingga mencapai PH tertentu!
5. Pemanasan harus berhenti jika sudah mencapai pH yang dimaksud!

3. Urutan langkah-langkah yang benar pembuatan nata de coco dari air kelapa adalah ….
a. pendidikan, pewadahan, penyaringan, pendinginan, penutupan
b. penyaringan, pendidihan, pewadahan, penutupan, pendinginan
c. penutupan, penyaringan, pendidihan, pendinginan, pewadahan
d. pewadahan, penutupan, penyaringan, pendidihan, pendinginan
e. pendinginan, pewadahaan, penyaringan, pendidihan, penutupan
Jawaban: b. penyaringan, pendidihan, pewadahan, penutupan, pendinginan
Pembahasan:
Teks tersebut termasuk teks prosedur yaitu cara pembuatan nata de coco. Nata de coco yang sesuai dengan urutan adalah jawaban b.


4. Kelompok kata kerja imperatif adalah ….
a. saringan, pemanasan, berhenti
b. tambahkan, panaskan, ,masukkan
c. mencapai, berlangsung, menghilangkan
d. saringan, berlangsung, mencapai
e. pemanasan, masukkan, mencapai
Jawaban: b. tambahkan, panaskan, masukkan
Pembahasan:
Imperatif adalah kata yang memiliki makna memerintah, dalam teks tersebut dapat diketahui dengan imbuhan partikel-kan.

5. Kalimat yang mengandung perintah dalam teks prosedur adalah kalimat ….
a. imperatif
b. interigatif
c. baku
d. tanya
e. ke Satu
Jawaban: a. imperatif
Pembahasan:
Kalimat imperatif adalah kalimat yang mengandung unsur perintah


6. Di dalam teks prosedur kompleks terdapat dua verbal yaitu ….
a. verbal material dan kebiasaan
b. verbal nonmaterial dan tingkah laku
c. verbal material dan tingkah laku
d. verbal antisipasif  dan kopulatif
e. verbal tingkah laku dan lain-lain
Jawaban: c. verbal material dan tingkah laku
Pembahasan:
Verba material merupakan yang mengacu pada tindakan fisik sedangkan verba tigkah laku adalah tindakan yang dilakukan dengan ungkapan

7. Bacalah teks prosedur berikut!
Daun cincau disiapkan di ember, lalu siram dengan air mendidih. Selama penyiraman dengan air mendidih daun diaduk-aduk dengan alat agar terjadi proses pelayuan yang merata. Air mendidih ini akan membuat daun yang semula keras dan kaku menjadi lemas dan tidak mengkilat. Air panas juga membantu proses penguapan, sehingga mengurangi aroma daun cincau.
Kutipan tersebut adalah bagian isi yang menjelaskan tentang ….
a. pemilihan bahan pembuatan cincau
b. bahan-bahan pembuatan cincau
c. salah satu langkah pembuatan cincau
d. perlengkapan untuk pembuatan cincau
e. manfaat ekonomis pembuatan cincau
Jawaban: c. salah satu langkah pembuatan cincau
Pembahasan:
Teks tersebut termasuk dalam teks prosedur, teks tersebut menceritakan bagaimana langkah pembuatan cincau

8. Bacalah pernyataan berikut!
(1) Memiliki tempat persemaian
(2) Membuat bedeng persemaian
(3) Memberi atap tempat persemaian
(4) Menyemai benih
(5) Pemeliharaan benih
Bagian inti dari langkah pembibitan tanaman adalah ….
a. (1),(2),(5)
b. (1),(4),(5)
c. (2),(4),(5)
d. (2),(3),(5)
e. (2),(3),(5)
Jawaban: a. (1),(2),(5)
Pembahasan:
Langkah-langkah tersebut termasuk teks prosedur, inti dari teks prosedur adalah jawaban a.

9. Perhatikan kutipan drama dibawah ini!
A. Sato : “Eh, Budi, ada apa Bud?
   Tumben sore-sore kemari?”
B. Budi : “To, ada waktu ga? Minta ajarin melukis di atas kanvas dengan cat minyak di atas kanvas        dengan cat minyak dong!”
C. Sato  : “Melukis di atas kanvas itu mengasyikkan Bud. Teknik yang digunakan untuk melukis di kanvas dengan cat minyak juga gak sulit kok, hanya butuh kesabaran dan ketelatenan walau dibutuhkan keberaniaan dalam aplikasi warna tertentu.”
D. Budi : “Ah, masak sih? Keliatannya sulit? Jadi tambah penasaran nih .. saya sudah siapkan semua peralatannya nih, kuas, palet, pensil gambar, penghapus, cat minyak … udah semua kan? Atau ada yang kurang?”
E. Sato : “Udah semua kok. Nah, pertama kamu coba gambar dulu sketsanya di kanvas. Jangan terlalu tebal biar nanti pas dicat tidak terlalu kelihatan garis. Kalau sketsa sudah jadi, coba, kamu mulai lakukan campuran warna. Ada teknik dalam mencampur warna ….”
Bagian yang menunjukkan tujuan prosedur kompleks ada pada ….
a.a
b.b
c.c
d.d
e.e
Jawaban: c. c
Pembahasan:
Tujuan adalah hasil akhir yang akan dicapai setelah kita melakukan urutan langkah-langkah dalam teks prosedur kompleks. Berdasarkan drama tersebut , tujuan teks prosedur kompleks adalah mampu menciptakan lukisan di atas kanvas dengan menggunakan cat minyak.tujuan pada penggalan drama di atas muncul pada bagian C.

10. Dalam teks prosedur kompleks, hasil akhir yang akan dicapai terdapat dalam bagian ….
a. langkah langkah
b. tujuan
c. orietasi
d. abstrak
e. koda
Jawaban: b. tujuan
Pembahasan:
Tujuan berisi hasil yang dicapai dalam sebuah teks, jika tujuan teks tidak tercapai maka teks tersebut dapat dikatakan teks tanpa penyelesaian.

11. Perhatikan paragraph berikut!
Inilah beberapa kiat atau cara untuk membuat status yang berkualitas di media sosial. Harap dierhatikan, isi status seseorang sebenarnya menggambarkan kepribadiaan pemiliknya! Hal yang menarik saat ini adalah banyak perusahaan menjadikan status seseorang di media sosial sebagai daftar riwayat hidup pemiliknya. Perusahaan juga dapat mengetahui etos kerja dan karakter pemiliknya. Oleh sebab itu, sejak sekarang, isi status tersebut dengan hal yang bermanfaat dan berkualitas!.
Kutipan tersebut menginformasikan tentang ….
a. manfaat status di media sosial
b. status adalah gambaran pribadi pemiliknya
c. status adalah riwayat hidup pemiliknya
d. cara menjaga status di media sosial agar berkualitas
e. status harus meningkatkan kualitas pemiliknya
Jawaban: a. manfaat status di media sosial
Pembahasan:
Informasi merupakan sekumpulan data atau fakta yang diorganisasi diolah dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi penerima. Data yang telah diolah menjadi sesuatu yang berguna bagi si penerima maksudnya yaitu dapat memberikan keterangan atau pengetahuan. Informasi yang terdapat dalam kutipan teks tersebut adalah jawaban a.

12. Berikut pernyataan yang tepat terkait langkah mengubah teks prosedur kompleks menjadi bentuk drama, kecuali ….
a. Menyiapkan tokoh-tokoh yang akan berperan dalam drama berdasarkan jumlah partisipan
b. Menyusun diaog secara sistematis berdasarkan sifat teks prosedur kompleks
c. Mengemas kalimat dialog agar bernuansa satire dan menghibur
d. Menentukan latar yang sesuai dengan tema dan tujuan teks prosedur kompleks
e. Menciptakan lakuan-lakuan yang disesuaikan dengan langkah-langkah pada teks prosedur kompleks
Jawaban: c. Mengemas kalimat dialog agar bernuansa satire dan menghibur
Pembahasan:
Untuk menciptakan drama berdasarkan teks prosedur kompleks, hal pertama yang kita perlukan adalah tokoh yang akan kita sesuaikan dengan partisipan pada prosedur kompleks. Hal kedua adalah menciptakan dialog yang sistematis. Kemudian, kita buat lakukan yang kita ambil berdasarkan langkah di dalam teks prosedur kompleks. Terakhir, ciptakan latar yang sesuai.

13. Baca dengan cermat kutipan tersebut!
Rebuslah air bersih secukupnya sampai mendidih! Setelah itu, celupkan daun jeruk purut  beberapa saat agar daun itu menjadi lunak! Lalu, angkatlah daun jeruk purut itu dan tiriskan! Tumbuk selembar daun pandan dan diberi air matang! Setelah itu, peraslah untuk diambil airnya!
Kata-kata yang bermakna perintah adalah ,…
a. rebuslah, celupkan, tumbuk, peraslah
b. secukupnya, beberapa, menjadi, mendidih
c. rebuslah, beberapa, menjadi, diberi
d. tiriskan, menjadi, beberapa, selembar
e. selembar, pandan, peraslah, beberapa
Jawaban: a. rebuslah, celupkan, tumbuk, peraslah
Pembahasan:
Kalimat perintah biasanya menggunakan partikel -lah dalam teks tersebut yang menggunakan partikel -lah adalah  rebuslah, celupkan, tumbuk, peraslah.

14. Perhatikan kutipan teks prosedur kompleks berikut!
Ingin menanam pohon buah, tetapi tidak memiliki lahan Anda bisa mencoba sistem tabulapot (tanaman buah dalam pot). Tekniknya cukup sederhana dan mudah diaplikasikan. Tanaman pun lebih cepat berbuah. Pertama, siapkan media tanamanya berupa tong atau pot da nisi dengan tanah yang telat dicampur oleh kompos ….
Jika teks tersebut Anda ubah menjadi penggalan drama, maka tempat yang tepat untuk dijadikan latar adalah ….
a. kelas
b. kantin
c. kebun
d. pasar
e. laboratorium
Jawaban: c. kebun
Pembahasan:
Salah satu unsur intrinsik yang wajib dimasukan dalam prosa/narasi adalah latar. Latar adalah pendeskripsian keadaan tempat, waktu dan suasana. Latar tempat adalah di mana peristiwa terjadi. Jika teks prosedur tersebut bertemakan proses menanam buah dalam pot latar tempat yang paling cocok ada pada kebun.

15. Teks prosedur kompleks memiliki struktur, yaitu
a. judul-tujuan-langkah langkah
b. judul-langkah langkah-tujuan
c. judul-langkah langkah
d. langkah langkah-tujuan
e. tujuan-langkah langkah
Jawaban: a. judul-tujuan-langkah langkah
Pembahasan:
Teks prosedur berisi tentang langkah membuat atau melakukan sesuat. Struktur teks prosedur adalah judul-tujuan-langkah langkah.

16. Baca cermat langkah-langkah pembuatan keripik pisang berikut!
(1) Perendaman.
(2) Pemilihan bahan.
(3) Pengupasan.
(4) Penggorengan.
(5) Perajangan/ Pemotongan.
Urutan langkah yang tepat adalah ….
a. (1), (2), (3), (5), (4)
b. (2), (1), (3), (4), (5)
c. (2), (3), (5), (1), (4)
d. (5), (1), (2), (3), (4)
e. (2), (3), (1), (4), (5)
Jawaban: c. (2), (3), (5), (1), (4)
Pembahasan:
Langkah-langkah tersebut termasuk pada teks prosedur, langkah-langkah tersebut yang benar adalah sebagai berikut.
(2) Pemilihan bahan
(3) Pengupasan
(5) Perajangan/ Pemotongan
(1) Perendaman
(4) Penggorengan

17. Cermatilah teks berikut!
Tanaman selada sebenarnya tahan dalam keadaan segar selama beberapa waktu. Dengan catatan, pada saat menyimpan sebaiknya di tempat yang dingin. Caranya tempat itu ditaburi butiran atau remukan es.
Pernyataan di atas adalah tahap kegiatan yang disebut ….
a. pembersihan
b. pengelompokkan
c. pengemasan
d. penyimpanan
e. pemasaran
Jawaban: d. penyimpanan
Pemasaran:
Teks diatas teks prosedur, teks prosedur berisi tentang langkah-langkah pernyataan tersebut adalah tahap kegiatan adalah penyimpanan.

18. Dalam mengabstraksi teks prosedur kompleks, hal yang harus tetap dipertahankan adalah ….
a. mempertahankan bahasa yang digunakan
b. mempertahankan struktur isi dan kaidah kebahasaan
c. mempertahankan bagian-bagian teks prosedur
d. mempertahankan judul teks
e. mempertahankan efektivitas bahasa teks
Jawaban: b. mempertahankan struktur isi dan kaidah kebahasaan.
Pembahasan:
Mengabstraksikan bisa dikatakan juga sebagai merangkum teks. Dalam mengabstraksikan, hal yang tetap harus diperhatikan adalah bagian-bagian dari teks itu sendiri serta kekhasannya. Dalam hal ini, hal harus diperhatikan antara lain struktur isi dan kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks

19. Cermatilah teks berikut!
Batang pisang dikerap cukup dalam, kemudian batang pisang dirobohkan pelan-pelan. Caranya, salah satu pelepah daunnya ditarik sampai hampir roboh. Tandanya pisang jangan sampai membentur tanah agar tidak trusak. Sebelum tandan dekat ke tanah, ujung tandan dipegang dengan tangan atau disangga dengan alat yang telah disediakan.
Kutipan tersebut merupakan bagian dari ….
a. cara memanen buah pisang
b. cara memanfaatkan buah pisang
c. tanda-tanda buah pisang siap panen
d. buah pisang sebagai bahan keripik pisang
e. manfaat buah pisang selain sebagai buah meja
Jawaban: a. cara memanen buah pisang
Pembahasan:
Teks diatas termasuk dalam teks prosedur, teks tersebut menceritakan bagaimana cara memanen buah pisang dengan baik dan benar.

20. Berikut yang bukan merupakan ciri kebahasaan teks prosedur kompleks adalah ….
a. memiliki struktur “tujuan langkah-langkah
b. menggunakan verbal material
c. lucu dan menarik
d. menggunakan kalimat imperative
e. menggunakan kalimat partisipan manusia
Jawaban: c. lucu dan menarik
Pembahasan:
Berikut ciri kebahasaan teks prosedur adalah memiliki “struktur tujuan langkah-langkah, menggunakan verba material, menggunakan kalimat imperative menggunakan kalimat partisipan manusia;

Bacalah teks eksplanasi berikut untuk menjawab soal nomor 21-23!
Dengan tenaga yang besar dalam gelombang air tersebut, sangat wajib kita bangunan di daratan bisa tersapu dengan mudah.
(2) Gelombang tsunami ini merambat dengan kecepatan yang tak terbayangkan.
(3) Gelombang tersebut bisa mencapai 500 sampai 30 kilometer per jam dilautan.
(4) Pada saat mencapai bibir pantai, kecepatannya tersebut sudah bisa menyebabkan kerusakan yang parah.

21. Kalimat pada teks eksplanasi di atas yang mempunyai konjungsi syarat adalah nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban: a. (1)
Pembahasan:
Konjungsi syarat menjelaskan bahwa suatu hal dapat terjadi bila syarat-syarat yang disebutkan itu dipenuhi. Kata-kata yang menyatakan hubunagn ini adalah jika, jikalau, apabila, asalkan, kalau, dan bilamana.

22. Kalimat pada teks eksplanasi di atas yang mempunyai unsur kausalitas (sebab-akibat) adalah nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban: e. (5)
Pembahasan:
Unsur kausatif adalah bentuk verba yang menyatakan. Sebab atau menjadikan unsur kausatif dalam teks tersebut adalah jawaban e.

23. Kalimat yang merupakan pendapat dinyatakan pada nomor ….
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (4) dan (5)
e. (1) dan (5)
Jawaban: a. (1) dan (2)
Pembahasan:
Opini atau pendapat adalah perkiraan, pikiran, atau tanggapan tentang suatu hal (seperti orang atau peristiwa). Opini atau pendapat yang ada dalam teks tersebut adalah jawaban a

24. Berikut yang bukan fungsi ceramah adalah ….
a. mempermudah komunikasi
b. memberikan informasi
c. memberikan nasehat
d. menyampaikan petunjuk baik
e. membujuk ke hal yang buruk
Jawaban: e. membujuk ke hal yang buruk
Pembahasan:
Berikut fungsi ceramah antara lain sebagai berikut
a. mempermudah komunikasi
b. memberikan informasi
c. memberikan nasehat
d. menyampaikan petunjuk baik

25. Salah satu nilai yang terkandung dalam cerpen adalah nilai sosial. Nilai sosial adalah …
a. nilai yang berkaitan dengan hubungan antara manusia dengan tuhan
b. nilai yang menyangkut aturan-aturan yang terkait dengan hubungan antara manusia dengan tuhan
c. nilai tang menyangkut masalahbaik buruk, sopan santun, dan etika antar manusia
d. menyangkut masalah adat istiadat, kebiasaan, dan bahasa dalam kehidupan sosialnya
e. nilai yang menyangkut hubungan antar manusia dengan orang lain dalam kehidupan
Jawaban: e. nilai yang menyangkut hubungan antar manusia dengan orang lain dalam kehidupan
Pembahasan:
Nilai sosial adalah nilai yang menyangkut hubungan antar manusia dengan orang lain dalam kehidupan.

Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab nomor 26-27!
Musim kemarau atau musim kering adalah musim di daerah tropis yang dipenuhi oleh system muson. Untuk dapat disebut musim kemarau, curah hujan per bulan harus di bawah 60 mm per bulan (20 mm per dasarian) selama tiga dasarian berurut-turut. Wilayah tropika di Asia Tenggara dan Asia Selatan, Australia bagian timur laut, Afrika dan sebagian Amerika Selatan mengalami musim ini. Musim kemarau adalah pasangan dari musim penghujan dalam wilayah dwimusim. Musim kemarau panjang adalah musim kemarau yang sangat panas dalam jangka waktu yang panjang. Gejala ENSO dikenal dapat memperpanjang durasi musim ini sehingga mengakibatkan kekeringan berkepanjangan.

26. Wilayah yang tidak mengalami musim kemarau adalah ….
a. Asia Tenggara
b. Asia Selatan
c. Afrika
d. Amerika Utara
e. Indonesia
Jawaban: d. Amerika Utara
Pembahasan: dalam paragraf tersebut wilyah yang tidak mengalami musim kemarau adalah amerika utara.

27. Paragraf  tersebut merupakan bagian dari struktur teks eksplanasi yang merupakan bagian ….
a. pernyataan umum
b. deretan penjelas
c. interpretasi
d. tesis
e. orientasi
Jawaban: a. pernyataan umum
Pembahasan: dalam paragraf tersebut termasuk dalam teks eksplanasi yaitu pada bagian penyataan umum.

28. Perhatikan kalimat berikut!
Selamat pagi, audien yang saya hormati dan saya cintai.
Kalimat tersebut termasuk pada struktur bagian ….
a. pendahuluan
b. isi
c. penutup
d. orientasi
e. abstrak
Jawaban: a. pendahuluan
Pembahasan:
Struktur teks ceramah adalah pendahuluan, isi dan penutup. Struktur teks ceramah tersebut adalah bagian pendahuluan

29. Membaca cerpen tidak hanya mendapat hiburan semata, tetapi juga ada nila-nilai kehidupan yang dapat kita ambil dari cerpen tersebut. Salah satu nilai yang terkandung dalam cerpen adalah nilai agama (relegius) adalah ….
a. nilai yang berkaitan dengan hubungan antara manusia dengan tuhan
b. nilai yang menyangkut atura-aturan yang terkait dengan hubungan antar manusia dengan Tuhan
c. nilai yang menyangkut masalah baik buruk, sopan santun, dan etika antar manusia
d. menyangkut masalah adat istiadat, kebiasaan, dan bahasa, dalam kehidupan sosialnya
e. nilai yang menyangkut hubungan antara manusia dengan orang lain dalam kehidupan
Jawaban: b. nilai yang menyangkut atura-aturan yang terkait dengan hubungan antar manusia dengan Tuhan
Pembahasan:
Nilai agama adalah nilai yang menyangkut aturan-aturan yang terkait dengan hubungan antar manusia dengan tuhan

30. Tema yang terdapat dalam cerpen termasuk jenis tema ….
a. mayor
b. minor
c. sampingan
d. tunggal
e. ganda
Jawaban: d. tunggal
Pembahasan:
Tema dalam cerpen termasuk tema tunggal, karena tema tersebut hanya ada satu dalam cerita pendek.

Demikianlah 30 Latihan PG B.Indonesia kelas XI Semester ganjil kurikulum 2013 Beserta Kunci Jawabannya dari kami,semoga bermanfaat.

Post a Comment for "30 Latihan PG B.Indonesia kelas XI Semester ganjil kurikulum 2013 Beserta Kunci Jawabannya"