Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Halaman 75, 77, 78, 80

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 75, 77, 78, 80 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan Subtema 2 Pemimpin Idolaku Pembelajaran 5 yang materi dan kunci jawaban tematik mengenai Kepala Sekolahku, Pemimpin Idolaku.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 75, 77, 78, 80

Buku Tematik Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar kelas 6 SD/MI semester genap merupakan buku tematik terpadu kurikulum 2013 (K13) Revisi Tahun 2018

Pada pembahasan materi pembelajaran kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan Subtema 2 Pemimpin Idolaku siswa harus menyelesaikan tugas secara mandiri setiap soal tematik yang ada pada buku siswa tematik kelas 6 ini. Untuk membantu pemahan materi dan latihan soal tematik secara tepat berikut ini kami bagikan alternatif jawaban yang terdapat pada halaman 75-80

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 75-80


Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 75

Ayo Berdiskusi
Kamu telah membaca teks “Kepala Sekolahku, Pemimpin Idolaku”. Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan kelompokmu.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 75


1. Mengapa kepala sekolah pada cerita di atas menjadi pemimpin idola?

Pak Welly sebagai Kepala Sekola sangat peduli dengan sesama terlihat dari kepeduliannya mendaftarkan Sudin untuk ikut menjadi peserta lomba. Kepala Sekolah langsung turun tangan sendir melatih Sudin tiap usai sekolah. Dalam penggalangan dana Pak Welly melakukan lelang pisang di sekolah.

2. Apakah kepala sekolah pada cerita sudah mengamalkan nilai-nilai persatuan? Jelaskan!

Ya, Kepala Sekolah mengundang Guru, Bapak Bupati, Bapak Camat, Bapak Lurah, Kepala Dinas Pendidikan serta Ketua RW dan Ketua RT untuk berperan dalam penggalangan dana (lelang pisang)

3. Apakah kepala sekolah sudah menerapkan nilai-nilai kerakyatan? Jelaskan!

Ya, karena Kepala sekolah telah menerapkan nilai-nilai kerakyatan hal ini terlihat dari kepedulian terhadap Sudin untuk mengirimkan Sudin yang terkendala mengenai biaya agar dapat mengikuti lomba pidato di kota, serta sebelum penggalangan dana Kepala Sekolah menyelenggarakan musayawarah dengan guru untuk mengumpulkan dana dengan cara melelang pisang.

4. Apa alasan kepala sekolah membantu Sudin untuk mengikuti Iomba pidato?
Agar Sudin yang terkendala mengenai biaya dapat mengikiti perlombaan dan memperoleh pengalaman berharga mengikuti lomba pidato.

5. Apa yang bisa kita teladani dari sosok kepala sekolah tersebut?

Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin yang patut menjadi teladan siswa juga guru, pada cerita tersebut merupakan sosok yang peduli sesama, kreatif, dan mengamalkan nilai-nilai persatuan.

6.Apakah yang menyebabkan Sudin akhirnya dapat pergi mengikuti kompetisi? Jelaskan!

Sudin dapat mengikuti kompetisi adalah kepedulian kepala sekoah, guru, dan teman-temannya yang melakukan acara penggalangan dana melalui lelang pisang.

7. Bagaimana menurutmu hubungan antara kepala sekolah dengan bupati, kepala dinas, dan pejabat daerah lainnya? Apa yang membuatmu menyimpulkan seperti itu?

Hubungan antara Bupati, Kepala Dinas dan Pejabat Daerah lainnya sangat baik. Di mana mereka mau datang menghadiri acara lelang yang diselenggarakan oleh kepala sekolah. Selain itu, mereka dengan sukarela mau membeli pisang yang uangnya dipergunakan untuk membiayai keberangkatan Sudin ke kota.

Berdasarkan jawabanmu buatlah tulisan mengenai Pak Welly.

Pak Weli adalah seorang kepala sekolah di sebuah desa terpelosok. Siswanya dari berbagai daerah. Dia selalu menanamkan nilai-nilai persatuan. Hal ini yang menyebabkan siswanya selalu rukun dan berinteraksi dengan teman-temannya.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 77


Kamu sudah mengetahui nilai-nilai kepemimpinan kepala sekolah Sudin yang telah mengamalkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar sekolah.
Tulislah perilakumu yang merupakan wujud dari nilai-nilai tersebut dan telah kamu praktikkan di lingkungan rumahmu.

  • Selalu rukun dengan tetangga.
  • Tidak membeda-bedakan tetangga.
  • Mengetahui permasalahannya terlebih dahulu sebelum menilai sesuatu dan bermusyawarah dalam menyelesaikan permasalahan.


Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 75-80

Berikut adalah nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat Pancasila,
yaitu “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam
Permusyawaratan/Perwakilan”.
  1. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
  2. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
  3. Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.
  4. Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah.
  5. Dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah.
  6. Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
  7. Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, mengutamakan nilai-nilai kebersamaan dan keadilan, serta mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 78


Ayo Menulis

Tuliskanlah contoh-contoh penerapan nilai-nilai kerakyatan dalam kehidupanmu sehari-hari.

  • Menghormati perangkat kelas hasil musyawarah.
  • Menghormati hasil musyawarah.
  • Bermusyawarah dalam menentukan perangkat kelas.
  • Bermusyawarah dalam menyelesaikan permasalahan.
  • Tidak memaksa orang lain untuk membantu kita dalam melakukan sesuatu.
  • Lebih mengutamakan gotong royong membersihkan lingkungan daripada bermain game.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 78

Ayo Mencoba

Bersama kelompokmu, carilah buku-buku referensi di perpustakaan sekolahmu,lalu carilah informasi mengenai peran Indonesia di ASEAN dalam berbagai bidang berikut.

1. Pendidikan

2. Pangan

3. Sosial

4. Kesehatan

5. Pariwisata

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 80


Tuliskan hasil laporanmu dalam bentuk yang menarik. Kamu dapat membuatnya dalam bentuk paparan atau diagram.

Pendidikan
  • Melakukan pertukaran pelajar antar negara ASEAN.
  • Melakukan pertukaran guru antar negara ASEAN.
  • Indonesia membuka kesempatan bagi negara lain untuk belajar di Indonesia.
  • Mendukung pembentukan ASEAN culture found sebagai wadah penghimpunan dana. Hal itu untuk membiayai perkembangan kebudayaan dan pendidikan

Pangan
  • Indonesia sebagai tempat didirikan pabrik pupuk hasil kerjasama ASEAN.
  • Sebagai salah satu penyedia cadangan pangan ASEAN.

Sosial
  • Mendukung komite Perkembangan sosial dengan tujuan utamanya membangun masyarakat, wanita, pemuda dan buruh. Maskas komite ini berkedudukan di Kuala Lumpur.
  • Berperan aktif dalam pemberantasan peredaran narkoba di kawasan ASEAN.

Kesehatan
  • Ikut dalam penanganan virus flu burung di kawasan ASEAN

Pariwisata
  • Indonesia menjadi tempat kunjungan wisata dari warga negara ASEAN.

Ayo Menulis

Tulislah rancangan pidato singkat untuk mengajak teman-temanmu gemar membaca. Ingatlah teks pidato harus memuat hal-hal pokok berikut.

1. Salam pembuka
Berisi kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan lain-lain)

2. Pendahuluan
Memaparkan topik permasalahan yang akan dibahas.

3. lnti
Berisi pembahasan topik secara lengkap. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan.

4. Penutup
Penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.

5. Salam penutup
Berisi kalimat salam penutup seperti “terima kasih”.

Demikianlah postingan mengenai pembahasan soal tematik mengenai Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Halaman 75, 77, 78, 80, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Halaman 75, 77, 78, 80"