Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 41, 42, 43, 45, 47, 49, 50
Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 3 Halaman 41, 42, 43, 45, 47, 49, 50 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 7 Perkembangan Teknologi Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan Pembelajaran 5
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 41-50 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Di peternakan, Udin melihat banyak sapi perah. Ada yang sedang diperah susunya. Ada juga yang sedang memakan rumput.
Udin diberi teks bacaan tentang susu sapi dan cara pengolahannya. Udin dan teman-teman membacanya bersama-sama. Banyak sekali hasil pengolahan susu sapi.
Pengolahan Susu Sapi
Susu merupakan hasil utama dari sapi perah. Susu sapi segar memiliki daya tahan sekitar 5 jam saja. Susu perlu diolah dengan baik supaya gizi dalam susu dapat dinikmati kapan saja.
Pengolahan susu sapi dapat dilakukan dengan teknologi pangan. Teknologi pangan penting untuk menghasilkan jenis makanan baru. Teknologi pangan juga menjaga agar makanan tetap awet.
Susu sapi dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan baru. Contohnya adalah yoghurt, keju, permen, mentega, hingga es krim. Hasil olahan susu sapi biasanya sangat disukai oleh anak-anak.
Dalam proses pengolahan susu, yang paling penting setelah hasilnya adalah cara mengemasnya. Pengemasan produk dapat menentukan daya tahan makanan tersebut. Daya tahan susu yang dikemas dengan plastik biasa akan berbeda dari susu yang dikemas dengan kardus kedap udara.
Apakah manfaat dari teknologi pangan dalam pengolahan susu sapi? Buatlah kelompok yang terdiri atas 4 orang. Tuliskan pendapat setiap anggota kelompok!
Berdasarkan hasil diskusi, manfaat dari teknologi pangan dalam pengolahan susu sapi adalah
Amati kata-kata yang digarisbawahi pada teks “Pengolahan Susu Sapi”. Carilah arti kata tersebut menggunakan kamus! Kamu bisa minta bantuan pada orang tua atau gurumu.
Buat kalimat baru menggunakan kata-kata di atas!
Ayo Mengamati
Simaklah cerita gurumu tentang keberagaman dalam kehidupan sehari-hari!
Hari semakin siang. Dayu mengajak Udin dan teman-teman untuk beristirahat sejenak. Di halaman depan peternakan, terdapat toko yang menjual berbagai hasil olahan susu.
Beni mengajak teman-temannya minum susu. Lani dan Udin menolak ajakan Beni.
“Maaf, Beni. Aku tidak bisa minum susu. Aku alergi terhadap susu sapi. Aku sudah membawa air minum dari rumah,” ujar Lani. “Kalau aku lebih memilih minum yoghurt, Beni,” kata Udin.
Setiap orang memiliki pilihan yang berbeda. Beni menghargai pilihan teman-temannya. Beni tidak marah walaupun ajakannya ditolak.
Dapatkah kamu jelaskan pentingnya memahami keberagaman dalam kehidupan sehari-hari?
Memahami keberagaman ditujukan untuk mengusahakan dan mempertahankan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tanpa kesadaran akan keberagaman yang kita miliki, bangsa Indonesia bisa saja terjerumus ke arah perpecahan.
Ayo Bermain Peran
Setiap individu memiliki kebiasaan dan kesukaan yang berbeda-beda. Sifat dan ciri setiap individu juga amat beragam. Beragam artinya bermacam-macam.
Buatlah kelompok yang terdiri atas 5 orang. Diskusikan sebuah cerita tentang teman satu kelompok yang memiliki sifat bermacam-macam!
Bagaimana sikap yang harus kita ambil dalam menghadapi perbedaan? Tuliskan hasil diskusimu.
Perankan cerita yang telah kamu buat bersama teman-teman sekelompokmu!
Dengan memahami keberagaman atau macam-macam sifat dan ciri-ciri setiap individu, sifat tenggang rasa dalam diri kita akan terasah. Tenggang rasa artinya kita dapat menghargai perasaan orang lain
Volume Benda
Setelah bermain peran, Beni merasa haus. Dia ingin membeli susu. Beni melihat susu disimpan dalam berbagai kemasan.
Kemasan A diisi dengan susu yang terdapat dalam kemasan B
volume kemasan A adalah sama dengan 2 kemasan B. Kemudian, kemasan A diisi dengan air yang terdapat dalam kemasan C.
Volume kemasan A sama dengan 4 kemasan C. Maka volume kemasan A, B, dan C berbeda. Kemasan susu merupakan satuan volume tidak baku
Buatlah kelompok bersama teman-temanmu! Lakukan percobaan mengukur volume. Ikuti langkah berikut:
Membandingkan Volume Benda
Amati gambar berikut! Lingkari gambar yang memiliki volume lebih banyak!
Mengurutkan Volume Benda Cair
Mengurutkan Volume Benda Cair
Amati gambar berikut!
Urutkan kotak susu di atas mulai dari kotak yang bervolume paling sedikit hingga kotak yang bervolume paling banyak!
Urutan volume : 3, 2 , dan 1
Urutkan mulai dari gelas yang memiliki volume paling banyak hingga volume yang paling sedikit!
Urutan gelas dari volume paling banyak hingga paling sedikit adalah : 3, 5, 2, 4, dan 1
Memahami keberagaman ditujukan untuk mengusahakan dan mempertahankan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 5 Halaman 41-50 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Kunci Jawaban Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 5
Tidak jauh dari tempat tinggal Udin, terdapat sebuah peternakan sapi perah. Pemiliknya mengizinkan Udin dan teman-teman untuk berkunjung. Tentu saja, Udin dan teman-teman merasa senang.Di peternakan, Udin melihat banyak sapi perah. Ada yang sedang diperah susunya. Ada juga yang sedang memakan rumput.
Udin diberi teks bacaan tentang susu sapi dan cara pengolahannya. Udin dan teman-teman membacanya bersama-sama. Banyak sekali hasil pengolahan susu sapi.
Pengolahan Susu Sapi
Susu merupakan hasil utama dari sapi perah. Susu sapi segar memiliki daya tahan sekitar 5 jam saja. Susu perlu diolah dengan baik supaya gizi dalam susu dapat dinikmati kapan saja.
Pengolahan susu sapi dapat dilakukan dengan teknologi pangan. Teknologi pangan penting untuk menghasilkan jenis makanan baru. Teknologi pangan juga menjaga agar makanan tetap awet.
Susu sapi dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan baru. Contohnya adalah yoghurt, keju, permen, mentega, hingga es krim. Hasil olahan susu sapi biasanya sangat disukai oleh anak-anak.
Dalam proses pengolahan susu, yang paling penting setelah hasilnya adalah cara mengemasnya. Pengemasan produk dapat menentukan daya tahan makanan tersebut. Daya tahan susu yang dikemas dengan plastik biasa akan berbeda dari susu yang dikemas dengan kardus kedap udara.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 41
Ayo BerdiskusiApakah manfaat dari teknologi pangan dalam pengolahan susu sapi? Buatlah kelompok yang terdiri atas 4 orang. Tuliskan pendapat setiap anggota kelompok!
Berdasarkan hasil diskusi, manfaat dari teknologi pangan dalam pengolahan susu sapi adalah
- Gizi dalam susu dapat dinikmati kapan saja.
- Menjaga makanan berbahan susu menjadi lebih awet.
- Mengolah susu menjadi produk baru seperti yoghut, keju, mentega, dan es krim.
- Makanan berbahan susu lebih menarik bagi anak-anak.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 42, 43
Ayo BerlatihAmati kata-kata yang digarisbawahi pada teks “Pengolahan Susu Sapi”. Carilah arti kata tersebut menggunakan kamus! Kamu bisa minta bantuan pada orang tua atau gurumu.
No | Kata | Arti |
---|---|---|
1 | Daya tahan | Kemampuan bertahan terhadap segala pengaruh dari luar yang dapat merugikan (penyakit, serangan musuh, godaan, dan sebagainya) |
2 | Teknologi | Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan; |
3 | Pengemasan | Proses, cara, perbuatan mengemasi: |
4 | Kedap Udara | Tidak mudah atau tidak dapat dimasuki atau ditembus oleh udara |
Buat kalimat baru menggunakan kata-kata di atas!
- Daya tahan : Susu sapi dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
- Teknologi : Susu sapi diolah menjadi yoghurt menggunakan teknologi fermentasi.
- Pengemasan : Pengemasan produk susu membuat susu menjadi lebih awet
- Kedap udara : Kemasan kedap udara menjadikan makanan lebih awet.
Ayo Mengamati
Simaklah cerita gurumu tentang keberagaman dalam kehidupan sehari-hari!
Hari semakin siang. Dayu mengajak Udin dan teman-teman untuk beristirahat sejenak. Di halaman depan peternakan, terdapat toko yang menjual berbagai hasil olahan susu.
Beni mengajak teman-temannya minum susu. Lani dan Udin menolak ajakan Beni.
“Maaf, Beni. Aku tidak bisa minum susu. Aku alergi terhadap susu sapi. Aku sudah membawa air minum dari rumah,” ujar Lani. “Kalau aku lebih memilih minum yoghurt, Beni,” kata Udin.
Setiap orang memiliki pilihan yang berbeda. Beni menghargai pilihan teman-temannya. Beni tidak marah walaupun ajakannya ditolak.
Dapatkah kamu jelaskan pentingnya memahami keberagaman dalam kehidupan sehari-hari?
Memahami keberagaman ditujukan untuk mengusahakan dan mempertahankan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tanpa kesadaran akan keberagaman yang kita miliki, bangsa Indonesia bisa saja terjerumus ke arah perpecahan.
Ayo Bermain Peran
Setiap individu memiliki kebiasaan dan kesukaan yang berbeda-beda. Sifat dan ciri setiap individu juga amat beragam. Beragam artinya bermacam-macam.
Buatlah kelompok yang terdiri atas 5 orang. Diskusikan sebuah cerita tentang teman satu kelompok yang memiliki sifat bermacam-macam!
Bagaimana sikap yang harus kita ambil dalam menghadapi perbedaan? Tuliskan hasil diskusimu.
Perankan cerita yang telah kamu buat bersama teman-teman sekelompokmu!
Dengan memahami keberagaman atau macam-macam sifat dan ciri-ciri setiap individu, sifat tenggang rasa dalam diri kita akan terasah. Tenggang rasa artinya kita dapat menghargai perasaan orang lain
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 45
Ayo MengamatiVolume Benda
Setelah bermain peran, Beni merasa haus. Dia ingin membeli susu. Beni melihat susu disimpan dalam berbagai kemasan.
Kemasan A diisi dengan susu yang terdapat dalam kemasan B
volume kemasan A adalah sama dengan 2 kemasan B. Kemudian, kemasan A diisi dengan air yang terdapat dalam kemasan C.
Volume kemasan A sama dengan 4 kemasan C. Maka volume kemasan A, B, dan C berbeda. Kemasan susu merupakan satuan volume tidak baku
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 47
Ayo MencobaBuatlah kelompok bersama teman-temanmu! Lakukan percobaan mengukur volume. Ikuti langkah berikut:
- Kumpulkan botol minum dari setiap anggota kelompok.
- Siapkan alat ukur berupa gelas plastik berukuran sama.
- Ukur volume dari air minum di setiap botol minum.
- Tunjukkan volume air dari setiap botol dengan mewarnai batas air seperti pada gambar di bawah ini. contoh :
- Botol minum milik Dayu memiliki volume paling banyak.
- Botol minum milik Edo memiliki volume paling sedikit.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 49, 50
Ayo BerlatihMembandingkan Volume Benda
Amati gambar berikut! Lingkari gambar yang memiliki volume lebih banyak!
Mengurutkan Volume Benda Cair
Mengurutkan Volume Benda Cair
Amati gambar berikut!
Urutkan kotak susu di atas mulai dari kotak yang bervolume paling sedikit hingga kotak yang bervolume paling banyak!
Urutan volume : 3, 2 , dan 1
Urutkan mulai dari gelas yang memiliki volume paling banyak hingga volume yang paling sedikit!
Urutan gelas dari volume paling banyak hingga paling sedikit adalah : 3, 5, 2, 4, dan 1
Memahami keberagaman ditujukan untuk mengusahakan dan mempertahankan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Demikianlah postingan tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 41, 42, 43, 45, 47, 49, 50 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 7 Perkembangan Teknologi Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan Pembelajaran 5. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 41, 42, 43, 45, 47, 49, 50"