Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 14, 18, 19
Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 3 Halaman 14, 18, 19 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 7 Perkembangan Teknologi Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan Pembelajaran 2
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 14-19 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Dayu, Siti, dan Lani membaca buku tentang pengolahan ikan bandeng. Mereka tertarik untuk melihat cara pengolahan ikan bandeng.
Esok harinya, Dayu, Siti, dan Lani mengunjungi tempat pengolahan ikan bandeng. Mereka berkunjung ke rumah Pak Sarip. Pak Sarip memiliki kolam ikan bandeng. Pak Sarip juga mengolah ikan bandeng agar lebih awet. Pak Sarip membuat ikan bandeng presto. Dayu dan teman-teman ingin melihat proses pengolahannya.
Ayo Membaca
Bacalah teks tentang “Bandeng Presto” berikut.
Bandeng Presto
Bandeng presto adalah ikan bandeng yang dimasak dengan menggunakan panci presto. Panci presto menghasilkan uap air bertekanan tinggi. Hal itu yang akan membuat daging ikan menjadi lunak. Tidak hanya dagingnya, duri ikan pun akan melunak.
Bandeng presto ini dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam. Ikan yang sudah diberi bumbu kemudian dibungkus daun pisang. Setelah itu, ikan dimasukkan ke dalam panci presto yang dapat di kunci rapat. Lalu, ikan akan matang secara merata.
Setelah matang, bandeng presto dapat dikemas. Cara mengemas bandeng presto akan menentukan daya tahan ikan. Jika dibungkus plastik biasa, ikan akan bertahan selama 5 hari. Namun, jika dibungkus dengan menggunakan plastik tahan udara, ikan akan bertahan hingga 3 bulan.
Ayo Berlatih
Kumpulan kalimat yang diberi warna berbeda disebut paragraf. Ada berapa buah paragraf pada teks “Bandeng Presto”?(3 paragraf)
Lengkapi informasi yang diperoleh dari teks bacaan “Bandeng Presto”!
Informasi 1 : Bandeng presto dimasak menggunakan panci presto
Informasi 2 : Panci presto akan membuat daging ikan menjadi lunak
Informasi 3 : Kemasan bandeng presto menentukan daya tahan ikan.
Ayo Mencoba
Selain kolam ikan, Pak Sarip juga memiliki kolam renang. Pak Sarip mengajak Siti, Dayu, dan Lani menuju ke kolam renang. Pak Sarip mempersilakan mereka bermain di kolam renang.
Di kolam renang, banyak anak sedang bermain air. Ada yang duduk-duduk di tepi kolam. Ada yang belajar meluncur. Ada pula yang telah mahir berenang. Seorang penjaga mengamati di tepi kolam.
Lani telah mahir berenang. Dayu ingin belajar berenang pada Lani. Mereka berdua turun ke kolam dangkal. Siti mengamati dari pinggir kolam. Gerak pertama yang harus dikuasai saat berenang adalah mengambang. Mengambang merupakan gerak dasar dalam kegiatan berenang.
Gerak Dasar Mengambang
Saat berenang, perhatikan keselamatan diri dan orang lain. Gunakan alat bantu, seperti pelampung, untuk menjaga keselamatan diri saat belajar mengambang dalam air. Pelampung adalah alat bantu untuk menjaga tubuh tetap mengambang saat berenang.
Cobalah untuk mengambang di kolam dengan kedalaman sebatas dada. Tangan memegang papan luncur atau ban. Posisi tubuh berada di atas permukaan air. Kaki bergerak sambil mengayuh. Lakukan berulang-ulang.
Ayo Mengamati
Lani, Dayu, dan Siti memiliki kemampuan yang berbeda dalam berenang. Lani telah mahir berenang. Dayu ingin belajar berenang. Siti lebih senang bermain di pinggir kolam. Di lingkungan sekitar, kita dapat menemukan beragam kemampuan. Beragam artinya bermacam-macam.
Lani, Dayu, dan Siti juga memiliki cara yang berbeda dalam menikmati buah-buahan. Misalnya Siti menikmati buah-buahan ketika minum susu rasa stroberi. Dayu menikmati bolu pisang. Lani lebih suka makan buah apel. Semua suka buah-buahan. Namun, mereka menikmati buah dengan cara yang berbeda-beda. Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda.
Ayo Mencoba
Dengarkan cerita gurumu tentang beragam kebiasaan. Dapatkah kamu menyebutkan perbedaan kebiasaan Dayu, Siti, dan Lani dari cerita tersebut?
Dayu, Siti, dan Lani sedang menikmati makanannya. Kemudian, Beni, Udin, dan Edo datang membawa ragam makanan. Amati makanan yang dibawa oleh Udin dan teman- teman
Bolu pisang dan susu rasa stroberi merupakan makanan hasil pengolahan teknologi pangan.
Ayo Berdiskusi
Setelah melakukan wawancara pada teman dan gurumu, tuliskan hasilnya pada tabel di bawah ini!
Amati hasil wawancara pada tabel di atas!
Diskusikan bersama temanmu, kemudian lingkari jawaban yang paling tepat di bawah ini! Jenis makanan yang disukai oleh orang-orang di lingkungan sekitarku ternyata ↠ sama / berbeda
Ini berarti, Setiap orang memiliki kebiasaan yang ↠ berbeda /sama.
Setiap orang memiliki makanan kesukaan. Kesukaan setiap orang berbeda-beda. Jika temanmu memiliki kesukaan yang berbeda darimu, apa yang akan kamu lakukan?
Sikap memahami dan menerima perbedaan kesukaan setiap orang yang sesuai dengan pengamalan Pancasila sila ketiga yang berbunyi Persatuan Indonesia.
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018
Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 14-19 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Kunci Jawaban Kelas 3 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 2
Dayu, Siti, dan Lani membaca buku tentang pengolahan ikan bandeng. Mereka tertarik untuk melihat cara pengolahan ikan bandeng.
Esok harinya, Dayu, Siti, dan Lani mengunjungi tempat pengolahan ikan bandeng. Mereka berkunjung ke rumah Pak Sarip. Pak Sarip memiliki kolam ikan bandeng. Pak Sarip juga mengolah ikan bandeng agar lebih awet. Pak Sarip membuat ikan bandeng presto. Dayu dan teman-teman ingin melihat proses pengolahannya.
Ayo Membaca
Bacalah teks tentang “Bandeng Presto” berikut.
Bandeng Presto
Bandeng presto adalah ikan bandeng yang dimasak dengan menggunakan panci presto. Panci presto menghasilkan uap air bertekanan tinggi. Hal itu yang akan membuat daging ikan menjadi lunak. Tidak hanya dagingnya, duri ikan pun akan melunak.
Bandeng presto ini dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam. Ikan yang sudah diberi bumbu kemudian dibungkus daun pisang. Setelah itu, ikan dimasukkan ke dalam panci presto yang dapat di kunci rapat. Lalu, ikan akan matang secara merata.
Setelah matang, bandeng presto dapat dikemas. Cara mengemas bandeng presto akan menentukan daya tahan ikan. Jika dibungkus plastik biasa, ikan akan bertahan selama 5 hari. Namun, jika dibungkus dengan menggunakan plastik tahan udara, ikan akan bertahan hingga 3 bulan.
Ayo Berlatih
Kumpulan kalimat yang diberi warna berbeda disebut paragraf. Ada berapa buah paragraf pada teks “Bandeng Presto”?(3 paragraf)
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 14
Ayo BerlatihLengkapi informasi yang diperoleh dari teks bacaan “Bandeng Presto”!
Informasi 1 : Bandeng presto dimasak menggunakan panci presto
Informasi 2 : Panci presto akan membuat daging ikan menjadi lunak
Informasi 3 : Kemasan bandeng presto menentukan daya tahan ikan.
Ayo Mencoba
Selain kolam ikan, Pak Sarip juga memiliki kolam renang. Pak Sarip mengajak Siti, Dayu, dan Lani menuju ke kolam renang. Pak Sarip mempersilakan mereka bermain di kolam renang.
Di kolam renang, banyak anak sedang bermain air. Ada yang duduk-duduk di tepi kolam. Ada yang belajar meluncur. Ada pula yang telah mahir berenang. Seorang penjaga mengamati di tepi kolam.
Lani telah mahir berenang. Dayu ingin belajar berenang pada Lani. Mereka berdua turun ke kolam dangkal. Siti mengamati dari pinggir kolam. Gerak pertama yang harus dikuasai saat berenang adalah mengambang. Mengambang merupakan gerak dasar dalam kegiatan berenang.
Gerak Dasar Mengambang
Saat berenang, perhatikan keselamatan diri dan orang lain. Gunakan alat bantu, seperti pelampung, untuk menjaga keselamatan diri saat belajar mengambang dalam air. Pelampung adalah alat bantu untuk menjaga tubuh tetap mengambang saat berenang.
Cobalah untuk mengambang di kolam dengan kedalaman sebatas dada. Tangan memegang papan luncur atau ban. Posisi tubuh berada di atas permukaan air. Kaki bergerak sambil mengayuh. Lakukan berulang-ulang.
Ayo Mengamati
Lani, Dayu, dan Siti memiliki kemampuan yang berbeda dalam berenang. Lani telah mahir berenang. Dayu ingin belajar berenang. Siti lebih senang bermain di pinggir kolam. Di lingkungan sekitar, kita dapat menemukan beragam kemampuan. Beragam artinya bermacam-macam.
Lani, Dayu, dan Siti juga memiliki cara yang berbeda dalam menikmati buah-buahan. Misalnya Siti menikmati buah-buahan ketika minum susu rasa stroberi. Dayu menikmati bolu pisang. Lani lebih suka makan buah apel. Semua suka buah-buahan. Namun, mereka menikmati buah dengan cara yang berbeda-beda. Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda.
Ayo Mencoba
Dengarkan cerita gurumu tentang beragam kebiasaan. Dapatkah kamu menyebutkan perbedaan kebiasaan Dayu, Siti, dan Lani dari cerita tersebut?
Lani, Dayu, dan Siti juga memiliki cara yang berbeda dalam menikmati buah-buahan. Kebiasaan yang berbeda merupakan bagian dari keberagaman.
Dayu, Siti, dan Lani sedang menikmati makanannya. Kemudian, Beni, Udin, dan Edo datang membawa ragam makanan. Amati makanan yang dibawa oleh Udin dan teman- teman
Bolu pisang dan susu rasa stroberi merupakan makanan hasil pengolahan teknologi pangan.
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 18
Tulislah daftar makanan hasil teknologi pangan berdasarkan gambar di atas!No | Jenis Makanan |
---|---|
1 | Ayam Goreng |
2 | Sosis |
3 | Manisan Buah-buahan |
4 | Daging Kornet |
5 | Roti Tawar |
6 | Susu Instant |
Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 19
Makanan apa yang paling kamu sukai? Sekarang, tanyakanlah makanan kesukaan teman atau gurumu. Wawancarai 3 orang teman dan 2 orang guru untuk mengetahui makanan kesukaan mereka.Ayo Berdiskusi
Setelah melakukan wawancara pada teman dan gurumu, tuliskan hasilnya pada tabel di bawah ini!
No | Nama | Jenis Makanan yang Disukai |
---|---|---|
1 | Udin | Mie Instant |
2 | Edo | Bakso |
3 | Lani | Es Buah |
4 | Bu Ria Daniati | Manisan Buah-buahan |
5 | Pak Iksan Heriyanto | Ayam Goreng |
Amati hasil wawancara pada tabel di atas!
Diskusikan bersama temanmu, kemudian lingkari jawaban yang paling tepat di bawah ini! Jenis makanan yang disukai oleh orang-orang di lingkungan sekitarku ternyata ↠ sama / berbeda
Ini berarti, Setiap orang memiliki kebiasaan yang ↠ berbeda /sama.
Setiap orang memiliki makanan kesukaan. Kesukaan setiap orang berbeda-beda. Jika temanmu memiliki kesukaan yang berbeda darimu, apa yang akan kamu lakukan?
Sikap memahami dan menerima perbedaan kesukaan setiap orang yang sesuai dengan pengamalan Pancasila sila ketiga yang berbunyi Persatuan Indonesia.
Demikianlah postingan tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 14, 18, 19 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 7 Perkembangan Teknologi Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan Pembelajaran 2. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.
Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 3 Tema 7 Halaman 14, 18, 19"