Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 3 Halaman 74, 75, 79, 80

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 3 Halaman 74, 75, 79, 80- Pembelajaran Kelas 3 Tema 6 Energi dan Perubahannya Subtema 2 Perubahan Energi Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran SBDP, Matematika, dan. B.Indonesia.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 3 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018.

Dalam Buku Siswa Kelas 3 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 74-80 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Kunci Jawaban Kelas 3 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 74-80

Ayo Membaca
Minggu lalu siswa kelas 3 berkunjung ke Waduk Jati Luhur. Waduk tersebut terletak di Purwakarta, Jawa Barat. Murid-murid senang sekali. Hari ini mereka masih membicarakan kegiatan tersebut. Berikut ini percakapan mereka.
“Selamat pagi, teman-teman”, sapa Siti kepada teman-temannya.
“Selamat pagi juga, Siti,” sahut teman-teman Siti.
“Bagaimana kabar kamu Siti? Apakah kamu sudah sembuh?”
“Sudah, terima kasih doanya ya’ teman-teman”, jawab Siti. “Oh ya, bagaimana kunjungan ke
Waduk Jatiluhur kemarin? menyenangkan tidak teman-teman?”
“Sangat menyenangkan. Banyak ilmu yang didapat.” jawab Edo.
“Ilmu apa Do’?”, tanya Siti.
“Ternyata, waduk itu dapat dijadikan pembangkit listrik”, jelas Edo.
“Iya, makanya waduk Jatiluhur itu disebut sebagai waduk untuk PLTA, yaitu PembangkitListrik Tenaga Air”, tambah Udin.
“Mengapa disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air?” tanya Siti lagi.
“Karena energi listriknya berasal dari tenaga air.”
“Bagaimana caranya energi air menjadi energi listrik?” Siti semakin ingin tahu.

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 3 Halaman 74, 75, 79, 80

Energi gerak air akan memutar alat yang disebut turbin, lalu turbin menggerakkan generator listrik. Bergeraknya generator listrik inilah yang akan menghasilkan tenaga listrik,” jelas Udin.
“Listrik yang dihasilkan kemudian disalurkan ke gardu-gardu listrik,” Lani menambahkan.
“Nah, dari gardu-gardu itulah listrik disalurkan ke rumah-rumah atau kantor-kantor,” Edo melengkapi.
“Oh begitu ya. Terima kasih ceritanya ya temanteman,” ujar Siti kepada teman-temannya.
Begitulah keseruan pembicaraan Siti dan temantemannya. Dari pembicaraan mereka kalian
mendapatkan informasi tentang manfaat waduk sebagai pembangkit listrik.
Selain sebagai pembangkit listrik waduk juga digunakan untuk keperluan lainnya seperti irigasi atau pengairan sawah, perikanan, dan juga sebagai tempat wisata. Betapa besar manfaat waduk. Oleh karena itu, dapat dibayangkan apa yang akan terjadi jika waduk kering. Sawah-sawah akan kekeringan dan persediaan energi listrik menjadi berkurang. Sekarang coba pikirkan, apa akibatnya jika tidak ada listrik. Apa pula akibatnya jika sawah kering?
Kalian telah membaca wacana di atas.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 74, 75

1. Tuliskan 2 hal tentang Waduk Jatiluhur yang sudah diketahui!
2. Bagaimana tenaga listrik dihasilkan oleh air dalam waduk? Ceritakan secara singkat!
3. Bagaimana listrik dari PLTA dapat sampai ke rumah-rumah?
4. Apa yang akan terjadi jika air di waduk kering?
5. Tuliskan 3 masalah yang muncul bila tidak ada listrik!

Alternatif Jawaban
1. Waduk jatiluhur dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Selain sebagai pembangkit listrik waduk     Jatiluhur juga irigasi atau pengairan sawah, perikanan, dan juga sebagai tempat wisata.
2. Waduk jatiluhur dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Selain sebagai pembangkit listrik waduk     Jatiluhur juga irigasi atau pengairan sawah, perikanan, dan juga sebagai tempat wisata.
3. Listrik yang dihasilkan PLTA kemudian disalurkan ke gardu-gardu listrik. Selanjutnya dari gardu-       gardu itulah listrik disalurkan ke rumah-rumah atau kantor-kantor.
4. Jika waduk kering maka PLTA tidak bisa menghasilkan listrik dan sawah-sawah kekurangan air.
5. Jika tidak ada listrik maka tidak ada sumber penerangan cahaya ( lampu ),  tidak dapat                         menggunakan alat alat elektronik, dan banyak  pekerjaan yang terganggu.

Ayo Menari
Lani telah selesai bercakap-cakap dengan temanteman. Kemudian Lani mengajak teman-temannya untuk berlatih menari. Kali ini mereka akan berlatih gerak kuat kaki pada tari. Jenis gerakannya hampir sama dengan gerakan sebelumnya. Iringan musiknya lebih cepat sehingga gerakan kaki harus lebih kuat.
Lani meletakkan tangan di pinggang. Kemudian, kakinya diayunkan mengikuti irama musik yang cepat. Musiknya berirama cepat, kakinya harus diayunkan lebih kuat.
Ingat gerakan yang sudah dipelajari sebelumnya!

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas3 Halaman 74

Semakin kuat gerakan pada tarian, semakin besar energi yang dibutuhkan. Bahkan seorang penari dapat bercucuran keringat ketika menari. Karena menari menguras energi.
Ayo Berlatih Selesai latihan menari, Lani dan teman-teman berlatih berhitung. Mereka akan menghitung kegiatan yang dilakukan di sekolah. Sebagai panduan digunakan jadwal pelajaran di sekolah.Guru meminta siswa bekerja secara berkelompok.
Masing-masing kelompok menghitung lamanya kegiatan selama satu hari. Sebelum siswa bekerja guru menjelaskan cara menentukan lamanya suatu kegiatan.
Misalnya
1. Pukul 05.00 Lani bangun tidur. Kemudian mandi, berpakaian, dan menyiapkan perlengkapan sekolah. Kegiatan ini dilakukan sampai pukul 05.30. Lama kegiatan tersebut adalah
05.30
05.00   -
00.30
Jadi, lama waktu yang diperlukan adalah 30 menit.
2. Ayah pergi bekerja pukul 07.30. Ayah pulang dari kantor dan sampai di rumah pukul 18.00. Lama ayah bekerja dan waktu yang diperlukan dalam perjalanan adalah






Jadi
17.60
07.30  -
10.30
Jadi, ayah bekerja selama 10 jam 30 menit.

Adakah cara lain yang kamu ketahui untuk menghitung lama waktu ayah bekerja?

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 79, 80

Berikut ini adalah jadwal kegiatan harian Lani. Berdasarkan tabel berikut tentukan lamanya masing-masing kegiatan.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 79

Alternatif Jawaban

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 Halaman 80

Kegiatan Bersama Orang Tua 
Orang tua mengajak siswa menghitung waktu yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan di rumah.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 3 Halaman 74, 75, 79, 80 - Pembelajaran Kelas 3 Tema 6 Energi dan Perubahannya Subtema 2 Perubahan Energi Pembelajaran 3. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Teima kasih.

1 comment for "Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 3 Halaman 74, 75, 79, 80"